Tools Kekinian yang Wajib Dimiliki Bapak-Bapak Muda

0
110

Tools Kekinian yang Wajib Dimiliki Bapak-Bapak Muda – Sejak awal pandemi, banyak dari kita yang terpaksa melakukan kegiatan dari rumah. Mulai dari bekerja work from home, menambah hiburan di rumah, membereskan rumah, hingga hobi baru baik itu merapikan kendaraan pribadi, hingga berolahraga. Kegiatan-kegiatan tersebut tentu membutuhkan peralatan dan perlengkapan tertentu, khususnya dalam merapikan / merenovasi sebagian interior ataupun eksterior rumah, merawat kendaraan, hingga mengutak-atik peralatan hobi.

Kebiasaan baru pun timbul di masyarakat, dimana yang sebelumnya mungkin ketergantungan dengan pihak eksternal dalam perbaikan rumah, di situasi pandemi ini ada beberapa hal terpaksa dikerjakan sendiri. Mulai dari kebocoran AC, pipa wastafel, pintu yang macet, dan lainnya. Oleh karena itu, dari kebiasaan baru ini lahirlah kesadaran untuk belajar dan berkembang, terutama dalam mengurus kebutuhan-kebutuhan pribadi.

Pada artikel ini, klikMRO akan membahas tentang jenis perkakas untuk pekerjaan rumah yang wajib dimiliki oleh bapak-bapak muda:

  1. Obeng (Screwdriver)
Alat Teknik lengkap

Perkakas obeng merupakan alat umum digunakan baik untuk keperluan rumah maupun operasional perusahaan. Pada umumnya jenis obeng terdapat 3 model, yakni plus (+), minus (-), dan kembang (*). Ketiga model kepala obeng ini diperuntukkan untuk aplikasi pengencangan menggunakan baut yang berbeda-beda pula. Untuk memaksimalkan perlengkapan agar sesuai dengan pekerjaan, siapkanlah set obeng mulai dari ukuran terkecil hingga besar. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan pengencangan pada alat yang memiliki baut pengencangan dengan beragam bentuk dan ukuran.

Di tengah pandemi ini, pembelian barang melalui online juga meningkat. Namun tidak semua barang tersebut sudah berbentuk jadi sepenuhnya, sehingga mungkin terdapat beberapa proses perakitan yang harus dikerjakan sendiri. Untuk itu, set obeng yang memiliki beragam ukuran merupakan persiapan awal yang dapat kita lakukan untuk memulai hidup mandiri dan belajar hal-hal baru di rumah.

2. Palu (Hammer)

Palu merupakan jenis perkakas pukul yang umumnya digunakan untuk mengencangkan paku pada suatu obyek, mengubah bentuk dari suatu obyek, ataupun untuk meratakan sebagian permukaan obyek. Pemakaian perkakas palu adalah dengan cara dipukul ke obyek yang hendak dikerjakan, misalnya paku pada lemari kayu. Pada umumnya, terdapat beberapa jenis palu berdasarkan ukuran, bentuk, material, hingga desain. Untuk itu, dalam memilih perkakas palu, sebaiknya disesuaikan dengan ukuran dan peruntukkannya. Ukuran palu untuk digunakan di rumah tangga umumnya berbentuk lebih kecil dari palu industri, sehingga tetap menawarkan sisi ergonomis dalam penyimpanannya.

3. Kunci L / Kunci Hex (Hex Key)

Perkakas kunci L atau yang biasa dikenal dengan kunci hex merupakan jenis perkakas tangan yang digunakan untuk mengencangkan baut hex pada suatu obyek. Bagi penggemar sepeda, mungkin kunci L ini merupakan salah satu peralatan penting yang selalu dibawa ketika bersepeda. Hal ini dikarenakan kunci L merupakan kunci universal untuk mengencangkan baut-baut pada sepeda yang umumnya berbentuk hex.

Pada aplikasinya, kunci L ini tidak hanya digunakan untuk sepeda, melainkan untuk peralatan lainnya khususnya barang rakitan. Kunci L memiliki ujung kepala berbentuk hex yang umumnya memiliki 5-6 sisi, dan tersedia dalam berbagai ukuran. Untuk memaksimalkan penggunaan pada hampir semua obyek, pastikan Anda menyiapkan set kunci L yang sudah tersedia dari ukuran terkecil hingga besar.

4. Kunci Torsi / Kunci Momen (Torque Wrench)

Kunci torsi merupakan perkakas untuk mengencangkan baut, seperti kunci L ataupun obeng. Perbedaan utamanya adalah kunci torsi dapat memberikan jumlah tekanan dalam satuan newton untuk mengencangkan baut pada suatu material. Kunci torsi banyak digunakan pada bengkel sepeda ataupun perorangan yang memang hobi bersepeda pula. Pengencangan material serat karbon (carbon fiber) memang memerlukan kunci torsi yang disetel sesuai standar pabrikan agar tekanan tidak terlalu kencang, yang dapat menyebabkan retak.

Contoh penggunaan kunci torsi untuk mengencangkan baut material serat karbon di sepeda

Umumnya, penggunaan kunci torsi adalah untuk mengencangkan baut yang memiliki standar jumlah tekanan pengencangan, khususnya dalam perakitan di industri. Aplikasinya pun banyak digunakan pada bagian akhir proses perakitan, dimana pengencangan baut pada material akhir disesuaikan dengan jumlah tekanan yang direkomendasikan standar pabrikan.

5. Tang (Pliers)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa perkakas tang memang sangat penting tersedia di rumah. Tang terdiri dari beberapa jenis, yakni tang penjepit, tang potong, tang rivet, tang kombinasi, dan masih banyak lainnya. Jenis tang yang paling banyak digunakan di rumah tangga adalah jenis tang penjepit dan tang potong. Mengapa? Karena penggunaannya yang bersifat universal sehingga cocok digunakan khususnya dalam pengerjaan kabel.

Selain digunakan pada kabel, penggunaan tang juga sangat bervariasi tergantung pada jenisnya. Dengan demikian, proses perbaikan dan pengerjaan di rumah pun juga dipermudah dengan kehadiran jenis tang yang lengkap, yang juga menjadi salah satu investasi perkakas rumah yang tidak mungkin disesali.

6. Mesin Poles

Perkakas mesin poles umumnya diperuntukkan untuk memoles bagian body kendaraan. Bagi Anda yang hobi merawat kendaraan, kehadiran mesin poles sangat memudahkan proses waxing, compound, dan lainnya dalam merawat eksterior kendaraan. Mesin poles menawarkan keunggulan tersendiri dibandingkan perawat cat kendaraan hanya dengan tangan, karena cairan wax / compound pada polishing pad yang berputar dapat lebih mudah menyebar secara merata ke bagian panel body sesuai dengan pengerjaannya. Dibandingkan tangan, penggunaan mesin poles justru lebih tidak menyebabkan over-pressure, yakni tekanan berlebih pada bagian panel sehingga menyebabkan baret halus.

Nggak Perlu ke Bengkel, Merawat Mobil #dirumahaja dengan Mudah

Untuk menggunakannya, pastikan Anda telah mempelajari cara penggunaan mesin poles terlebih dahulu, untuk kemudian dipasangkan jenis pad sesuai dengan preferensi. Beberapa solusi otomotif lainnya meliputi mesin jet washer untuk membersihkan kotoran pada sela-sela bagian kendaraan, kain microfiber untuk merapikan sisa-sisa cairan pada body mobil, penggunaan kuas untuk membersihkan interior, hingga menggunakan cairan wax dan compound yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada akhirnya, ketersediaan perkakas rumah tangga ini bergantung pada kebutuhan pribadi masing-masing. Agar tidak mubazir, persiapan perkakas yang baik harus bermula dari tujuan penggunaan.

klikMRO menyediakan berbagai jenis perkakas lengkap rumah tangga dan industri, yang bisa Anda dapatkan melalui transaksi online di platform E-Commerce klikMRO. Selain itu, klikMRO juga menawarkan kemudahan pengadaan barang MRO melalui beragam fitur digital procurement yang dapat Anda simak disini.

Putus Penyebaran COVID-19, klikMRO Ajak Belanja Kebutuhan Industri #dirumahaja