Tips Penting Seputar Peralatan Listrik Agar Terhindar dari Bahaya

0
84

Peralatan listrik merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk kegiatan operasional sehari-hari. Perumahan, bangunan, pabrik, gudang, bandara, dan sebagainya tidak terlepas dari kebutuhan perawatan kelistrikan. Untuk melakukan maintenance, diperlukan yang namanya peralatan listrik. Namun, peralatan listrik sebenarnya rentan terjadi  kerusakan karena terkena air, cuaca buruk, bahkan terkena goncangan sekalipun. Untuk itu dalam penggunaannya, diperlukan pengetahuan teknik serta perawatan untuk menjamin alat tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga peralatan listrik agar tidak mudah rusak:

  1. Rutin Membersihkan Peralatan Listrik

Mungkin terdengar sepele namun hal ini wajib rutin dilakukan setelah pemakaian. Apabila jarang dibersihkan dapat menyebabkan peralatan listrik terkena debu, kotoran dan sebagainya. Debu dan kotoran yang mengendap didalam peralatan tersebut dapat berakibat arus pendek apabila terkena sengatan listrik ketika melakukan pekerjaan.

Selain itu, gangguan lain dapat terjadi akibat peralatan listrik yang kotor. Contohnya adalah nilai ketahanan isolator berkurang, yang akibatnya terjadi kegagalan listrik. Dalam istilah kelistrikan sering disebut ground fault.

  1. Hindari Terkena Air 

Salah satu hal yang paling berpotensi merusak peralatan listrik adalah air maupun kelembapan. Oleh karena itu, jangan sampai peralatan listrik tersebut akibat terkena air baik secara langsung maupun tidak.

Hindari pula menyimpan peralatan listrik di tempat lembab. Lingkungan yang lembab beresiko  menimbulkan karat pada komponen besi serta gangguan pada kinerja peralatan listrik. Bahaya yang dapat terjadi adalah short circuit serta kerusakan pada bagian indikator.

Agar peralatan listrik lebih tahan lama, pastikan semua bagiannya dalam keadaan kering. Terutama pada bagian enclosure dan insulator. Dengan demikian, resiko kerusakan dan bahaya dapat dihindari.

  1. Pastikan Sambungan Tidak Renggang

Sambungan listrik yang renggang / kendur biasanya disebabkan pada saat pemasangan kurang kencang. Akibatnya semakin lama sambungan tersebut semakin kendur.

Sambungan listrik yang renggang bisa mengakibatkan kegagalan sistem kelistrikan. Hal itu dapat menyebabkan overheating yang berujung korsleting. Sekarang ini sudah banyak kasus kebakaran rumah, gedung, kantor hingga pabrik karena perihal korsleting listrik. Oleh karena itu, sambungan listrik yang rapat bukan hanya sekedar untuk menjaga peralatan listrik agar lebih tahan lama, tetapi juga untuk keselamatan kita.

Selain poin diatas, ada satu hal lagi yang musti diingat. Anda juga perlu melakukan pergantian part atau bagian dari peralatan listrik Anda yang dianggap sudah tidak layak pakai. Seperti kabel-kabel yang sudah kendur maupun terkelupas serta komponen detector lainnya.

Terjadi Masalah Listrik Seperti Ini? Segera Hubungi Teknisi!

Hal-Hal yang Perlu Dihindari dalam Menggunakan Peralatan Listrik:

Contoh tumpukan colokan kabel

Pertama, jangan sampai Anda menumpukkan banyak stop kontak pada satu sumber listrik. Hal ini sangat berbahaya namun kerap  dilakukan. Semakin banyak colokkan pada satu sumber adapter, maka semakin besar pula resiko terjadi kekenduran serta beban listrik yang tidak stabil. Akibatnya resiko seperti tersetrum maupun korsleting dapat terjadi.

 

Kedua, pastikan jangan ada kabel yang terbuka atau terkelupas. Sesegera mungkin lakukan penggantian kabel.

Ketiga, pastikan steker yang digunakan tidak longgar. Hal ini sering terjadi akibat pekerja seringkali menemukan lubang colokan yang sempit namun tetap dipaksakan. Akibatnya komponen penghantar dapat menjadi rusak sehingga mengurangi kinerja fungsi kelistrikan.

Keempat, instalasi listrik di lingkungan terbuka (outdoor) memerlukan steker khusus yang tertutup rapat serta bahan yang tidak berkarat. Hal ini dapat mengurangi resiko kerusakan akibat pergantian cuaca hingga gigitan binatang.

Kelima, lepaskan steker dari sumber apabila sudah tidak terpakai lagi. Selain dapat membuang energi listrik yang mengakibatkan bengkaknya biaya PLN, hal tersebut juga dapat membuat kerusakan permanen pada peralatan listrik Anda.

 

Kepikiran untuk ganti peralatan listrik? Temukan solusi lengkapnya disini

 

LOTO (Lock Out Tag Out) untuk Mengurangi Kecelakaan Industri