Tips Pemakaian Showcase Cooler agar Tetap Prima dan Dagangan Laris Manis

0
124

Showcase cooler termasuk salah satu jenis lemari pendingin seperti halnya kulkas biasa dan freezer. Bedanya, showcase cooler secara khusus dirancang untuk mendinginkan minuman atau makanan dan sekaligus memajangnya agar menarik untuk dilihat. Showcase cooler digunakan untuk menyimpan minuman atau makanan agar senantiasa segar tetapi tidak sampai beku.

Showcase cooler umumnya didesain dengan pintu yang transparan dan rak-rak untuk tempat menyusun aneka minuman dan makanan. Saat ini showcase cooler menjadi perlengkapan wajib di supermarket, minimarket, bakery, restoran, kafe hingga toko-toko kecil yang menjual minuman dingin dan makanan.

Modena showcase cooler – KlikMRO

Nah, jika Anda adalah salah satu pengguna showcase cooler atau berencana untuk menggunakannya, simak beberapa tips seputar pemakaian showcase cooler agar tetap prima dan dagangan laris manis berikut ini.

  • Untuk mendinginkan minuman dalam botol atau kaleng hanya dibutuhkan suhu antara 20 sampai 40 saja. Kisaran suhu tersebut sudah cukup ideal untuk membuat minuman menjadi dingin. Tak perlu mengatur suhu showcase cooler lebih dingin lagi sebab akan memicu melonjaknya pemakaian listrik karena meningkatnya kinerja kompresor.

  • Periksa secara berkala karet yang terdapat pada pinggiran pintu showcase cooler. Pastikan bagian ini selalu berada dalam kondisi baik. Jika rusak, segera lakukan penggantian. Sebab karet tersebut memiliki fungsi penting yakni menahan udara dingin agar tidak keluar.

  • Secara berkala bersihkan bagian evaporator dengan sikat. Evaporator yang bersih akan mempercepat proses pendinginan. Bila ada banyak bunga es, matikan mesin untuk mencairkannya. Biarkan bunga es mencair secara alami dan jangan memukulnya karena berpotensi merusak bagian evaporator.

  • Setiap bulan sekali, lakukan pembersihan pada bagian kondensor. Kondensor yang bersih membuat proses pendinginan lebih cepat dan pemakaian daya tetap normal.

  • Secara rutin mintalah bantuan teknisi untuk memeriksa tegangan, ampere dan kekencangan sambungan kabel. Kontrol elektrikal seperti ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan dan mendeteksi kerusakan sejak dini.

  • Hindari meletakkan showcase cooler pada area yang terkena sinar matahari langsung. Tempatkan showcase cooler pada tempat yang sejuk, berjarak sekitar 15cm dari dinding, dan tidak berdekatan dengan barang-barang elektronik yang mengeluarkan suhu panas seperti microwave atau oven.

  • Jangan memasukkan minuman atau makanan hangat atau panas ke dalam showcase cooler. Tindakan ini hanya akan membuat pemakaian listrik semakin banyak.

  • Perhatikan penataan produk minuman dan makanan di showcase cooler. Tata dengan rapi produk-produk tersebut sesuai dengan kategorinya. Contohnya saja minuman rasa jeruk dari merek tertentu disatukan dengan minuman yang sama. Demikian pula dengan cake, letakkan cake dengan topping dan ukuran yang seragam dalam kelompok yang sama. Penataan berdasarkan kategori tak hanya menampilkan kesan rapi dan bersih tetapi juga menarik perhatian konsumen dan memudahkan untuk menemukan produk yang dicari.

  • Letakkan showcase cooler pada area yang strategis, contohnya saja area produk-produk bestseller atau pada area impulse. Area impulse adalah area strategis yang memungkinkan produk dibeli secara tiba-tiba. Misalnya saja di area dekat kasir.

  • Isi showcase cooler sesuai dengan kapasitasnya, jangan sampai berlebihan. Tak hanya terlihat penuh sesak dan kurang menarik, isi yang melebihi kapasitas akan membuat kinerja showcase cooler semakin berat sehingga pemakaian listrik pun meningkat.

  • Bersihkan showcase cooler secara berkala baik bagian luar maupun bagian dalamnya dengan menggunakan kain lembut. Perawatan showcase cooler ini akan membuat showcase awet dan selalu terlihat baru.

Itulah beberapa tips seputar pemakaian showcase cooler agar tetap prima dan dagangan laris manis. Jika Anda berencana membeli showcase, pilihlah jenis showcase cooler yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja jenis pastry showcase cooler yang khusus disediakan untuk memajang cake dan kue.

Fomac Cake Showcase – KlikMRO

Showcase cooler jenis ini dilengkapi dengan kaca anti embun sehingga tidak cepat buram saat terpapar angin dingin dari evaporator. Atau jenis showcase cooler dua pintu jika Anda memiliki banyak produk minuman dan hendak dipajang sekaligus. Pertimbangkan pula mengenai warna, desain dan ukuran showcase cooler agar nantinya kehadiran showcase cooler akan mempercantik ruang usaha Anda.

Peluang Usaha Menggiurkan Sebagai Pemasok Es Batu Kristal

Referensi:

mesinraya.co.id

cleanipedia.com