Tips Merawat Mata Bor End Mill

0
2580

Bit / Mata bor merupakan salah satu komponen dalam pengeboran yang digunakan khusunya sebagai alat pembuat lubang (hole making tool). Gaya yang bekerja pada bit dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gaya dorong (tekan) dan gaya putar.

Menggunakan mata bor, baik saat mengebor di mesin bor bangku, mengebor di mesin bubut atau bahkan di bor radial sekalipun perlu memperhatikan hal-hal mendasar yang seringkali dilupakan. Menjaga mata bor sangat penting agar tidak rusak jika dibutuhkan, karena jika mata bor rusak dan tidak tajam lagi akan mempengaruhi kecepatan bor tersebut dalam membor objek yang anda inginkan. Artinya akan membuat anda kehabisan waktu lebih banyak.

Berikut ini ada sedikit tips untuk merawat mata bor end mill agar tidak cepat rusak:

Putaran Mesin (RPM)

Semakin besar diameter mata bor yang anda gunakan maka semakin lambat putaran yang ada, semakin kecil mata bor akan semakin membuat putaran bor semakin cepat. Dengan begitu anda harus memilih mata bor yang tepat saat ingin melubangin objek dengan memilih mata bor yang dapat disesuaikan dengan tebal dan material objek yang anda ingin lubangi.

Material yang di Bor

Kita mengerti objek apa yang akan kita lubangin dengan bor karena semakin keras bahan yang dikerjakan semakin lambat putaran mesin yang dianjurkan. Jika mengebor kayu dengan mata bor 5mm misalnya, mungkin kita bisa pakai 800-1000RPM karena kayu merupakan material yang mudah untuk dilubangi, tapi jika yang kita bor itu stainless steel dan anda mengebor dengan kecepatan 800-100RPM mungkin sudah mengeluarkan api yang dapat membahayakan diri anda.

Pengasahan (penggerindaan)

Membentuk sisi potong yang kurang baik akan menimbulkan kerusakan yang ditimbulkan seperti merasa cepat tumpul, terasa bahannya keras, lubang yang tidak bagus, cepat panas dan lain-lain. Periksa kembali apakah hasil asahan anda sudah tepat agar dapat membuat mata bor anda menjadi lebih tahan lama.

Pendinginan 

Pendinginan pada mata bor tidak bisa disepelekan karena akan membuat umur mata bor tidak tahan lama, untuk pekerjaan yang cukup banyak mata bor juga memerlukan proses pendinginan. Misalnya dengan menyemprotkan air ketika mata bor sedang melakukan penggerusan pada suatu material (biasanya metal). Namun setiap material memiliki jenis pendinginan yang berbeda.

Itulah beberapa tips untuk membuat  mata bor anda awet dan tidak cepat tumpul atau rusak, yang dapat membuat anda hemat karena perlengkapan anda menjadi tahan lama.

Referensi:

http://www.rajabaut.com/kategori/210/mata-bor-agar-tahan-lama

http://arafuru.com/perawatan/cara-mengasah-mata-bor-yang-tumpul

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here