Tips Merawat dan Membersihkan Karpet Komersial dengan Metode yang Tepat

0
1056

Tips Merawat dan Membersihkan Karpet Komersial dengan Metode yang Tepat – Karpet merupakan salah satu bahan pada permukaan lantai yang semakin banyak digunakan, khususnya pada lantai bangunan komersial. Selain menawarkan sisi ekonomis dan kenyamanan, material karpet cenderung dapat bertahan lebih lama seiring waktu. Namun, tentu saja bahan karpet tidak akan bertahan tanpa metode pembersihan dan perawatan yang tepat. Pada artikel kali ini, klikMRO akan membantu Anda untuk mempelajari semua tentang cara merawat lantai karpet komersial agar tetap terlihat bagus dan tahan lama.

Tips Membersihkan Karpet
Salah satu keuntungan terbesar dari lantai karpet adalah dapat menyembunyikan kotoran atau debu, sehingga tetap terlihat lebih bersih khususnya di area dengan lalu lintas tinggi. Namun bukan berarti bahwa kotoran / debu tersebut tidak perlu dibersihkan secara rutin. Perawatan dan pembersihan yang tepat tidak hanya meningkatkan estetika dari karpet itu sendiri, tetapi juga dapat membantu memperpanjang masa pakainya. Dalam pembersihan karpet, Anda membutuhkan rencana pembersihan yang efektif dan terjadwal, bukan dengan pembersihan sesekali, atau bahkan hanya ketika ada noda tumpah saja.

Penggunaan mesin penghisap debu (vacuum cleaner) merupakan salah satu cara termudah dalam membersihkan karpet. Dengan cara kerja penyedotan debu dan kotoran ini, penggunaan vacuum cleaner termasuk yang paling aman dan efisien dalam membersihkan karpet di area komersial maupun area tempat tinggal. Metode pembersihan ini juga bebas bahan kimia sehingga lebih menjaga kualitas daya tahan bahan karpet itu sendiri.

Tips Merawat dan Membersihkan Karpet Komersial dengan Metode yang Tepat – Ghibli Dry Vacuum Cleaner
Alat Teknik lengkap

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukkan jenis dan tipe vacuum cleaner untuk membersihkan karpet. Apabila Anda berencana membeli vacuum cleaner, alat tersebut harus memiliki fitur yang sesuai, termasuk:

Dual Motor: untuk mengendurkan partikel kotoran agar terlepas dari serat karpet, dan untuk mengangkat kotoran dan partikel tersebut ke dalam tanki penghisap debu

Rotating Brush: brush yang dapat berputar lebih aman digunakan untuk mengendurkan kotoran yang menempel, karena sifat cara kerjanya lebih tidak merusak material karpet itu sendiri

Upper Filled Bags: kantong / wadah yang dapat diisi dari atas, agar tidak menambah beban pada motor vacuum

Replaceable Bags: untuk menampung jumlah kotoran yang lebih banyak sehingga mengurangi potensi overload

Ada pula metode pembersihan lainnya, seperti penggunaan carpet extractor. Metode pembersihan dengan mesin carpet extractor ini juga sangat efektif apabila dilakukan dengan benar. Model carpet extractor bekerja dengan mengekstraksi uap air panas, lalu secara perlahan menyemprotkan air dan larutan pembersih ke permukaan karpet. Mesin kemudian akan menyedotnya untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran serta membuang air sabun yang terpakai.

Tips Merawat dan Membersihkan Karpet Komersial dengan Metode yang Tepat – Lavor Pro Vacuum Extractor

Dalam menggunakan carpet extractor, jangan tuangkan larutan pembersih secara berlebihan. Apabila menggunakan terlalu banyak produk cairan pembersih, maka akan berpotensi meninggalkan residu dan dapat menjadi berbekas di kemudian hari. Selain itu, guna mengurangi resiko alergi, gunakan larutan pembersih yang berjenis hipo-alergi. Salah satu kelemahan kecil dari sistem pembersihan ini adalah karpet yang telah dibersihkan tersebut harus dibiarkan untuk mengering selama 12 hingga 24 jam, tergantung dari jenis materialnya. Jadi, dalam merencakan pembersihan karpet, kedua metode pembersihan harsu dilaksanakan, baik dengan vacuum cleaner untuk menyedot debu / kotoran terlebih dahulu, untuk selanjutnya dibersihkan dengan carpet extractor. Kedua proses ini perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga karpet di fasilitas Anda tetap dalam kondisi prima.

Apa yang terjadi apabila karpet jarang dibersihkan?
Sama seperti permukaan lantai lainnya, karpet juga membutuhkan perhatian dan perawatan khusus agar tahan lama dan tetap terlihat bagus. Jika Anda membiarkan debu tanpa membersihkan permukaan karpet secara teratur, maka kotoran berbahaya seperti kuman, debu, tungau, dan bakteri dapat terperangkap di bagian serat karpet. Selain itu, kotoran yang semakin lama dibiarkan akan terus menumpuk sehingga semakin sulit untuk dibersihkan. Salah satu resiko lainnya pada karpet yang tidak dibersihkan secara teratur adalah dapat menimbulkan bau. Untuk itu, pastikan untuk memberikan perawatan yang sesuai agar karpet dapat bertahan lama.

Pemeliharaan Preventif dalam Menjaga Kebersihan Karpet
Cara terbaik untuk menjaga kebersihan karpet komersial Anda adalah dengan melakukan perawatan pencegahan secara rutin. Berikut ini ada 2 hal yang perlu diperhatikan:

  1. Sedot debu secara teratur dan perlahan untuk mengambil partikel kotoran dan debu. Untuk fasilitas dengan lalu lintas tinggi, lakukan penyedotan debu 1x sehari, dan untuk fasilitas dengan arus lalu lintas sedang maka dapat dilakukan 3x seminggu
  2. Bersihkan tumpahan apapun segera untuk mencegah perubahan pada warna, tekstur, dan bau pada karpet. Tumpahan air yang dibiarkan mengering akan semakin sulit dibersihkan, bahkan dapat menimbulkan bekas permanen.
  3. Dalam melakukan pembersihaan karpet, gunakan alas pelindung kaki untuk mencegah kotoran menempel kembali pada permukaan karpet. Dalam hal ini, alas kaki disposable dapat memudahkan pembersihan karena bersifat sekali pakai, dan dapat dilepas / diganti kapanpun.

Dengan pengetahuan, peralatan, dan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan karpet komersial Anda tetap bersih dan tahan lama. Di era pandemi ini, karpet yang steril juga menjadi kebutuhan utama khususnya bagi para pelanggan dan karyawan di fasilitas perhotelan, perkantoran, ataupun restoran. Untuk itu, pembersihan karpet secara rutin dapat meminimalisir residu-residu yang menempel pada karpet, sehingga meningkatkan kenyamanan bagi pengguna fasilitas.

klikMRO sebagai B2B E-Commerce dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengadaan produk kebersihan, khususnya untuk fasilitas HORECA. Dengan fitur B2B klikMRO, Anda dapat mengontrol budget pembelian, memanfaatkan tingkat approval secara online, serta penawaran otomatis. Mari mulai cara baru pengadaan digital untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pengadaan disini.