Tips Menjaga Produktivitas dan Keselamatan Kerja di Musim Hujan

0
45

Tips Menjaga Produktivitas dan Keselamatan Kerja di Musim Hujan – Dengan berlangsungnya pandemi COVID-19 di Indonesia, perusahaan telah melakukan adaptasi dan tindakan mitigasi dalam menjaga pengeluaran serta strategi bisnis kedepannya. Namun ada tantangan lagi yang perlu dihadapi, terutama dalam hal operasional, yaitu tantangan pekerjaan di musim hujan. Walaupun setiap tahun musim hujan ini selalu ada, namun dengan kondisi pandemi ini, dapat memberikan pengaruh pada aspek keselamatan pekerja serta pemantauan proses kerja. Pemantauan yang berkurang akibat pembatasan jumlah karyawan atau adanya penerapan shifting,  mungkin dapat berakibat fatal apabila terjadi kecelakaan kerja seperti terpeleset, korsleting, hingga aset industri yang basah / terendam. Oleh karena itu, pada artikel kali ini klikMRO akan membahas tips bekerja dengan aman di musim hujan, serta penjelasan mengenai apa yang perlu dipersiapkan di tempat kerja sebagai tindakan antisipasi.

Jika karyawan Anda bekerja di lingkup outdoor selama musim hujan, misalnya pekerja konstruksi maupun pekerja di site, mereka harus menghadapi bahaya tambahan seperti jarak pandang yang buruk, serta resiko permukaan licin dan basah. Berikut ini tips dan beberapa praktik terbaik industri untuk mencegah cedera dan kecelakaan saat bekerja di tengah hujan:

Bekerja Perlahan dan Hati-Hati
Perintahkan karyawan untuk bergerak dengan hati-hati dan perlahan. Saat bekerja di tengah hujan, umumnya pekerja terburu-buru mengerjakan pekerjaan yang ada. Mereka ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat sehingga mereka dapat kembali ke dalam dan menghindari hujan deras. Namun, sebetulnya hal tersebut meningkatkan resiko kecelakaan secara signifikan. Oleh karena itu, instruksikan pekerja untuk melakukan hal sebaliknya, yakni bekerja secara perlahan dan hati-hati untuk menghindari resiko terpeleset dan jatuh, terutama saat memanjat perancah, tangga, dan lainnya. Namun sebelumnya, pihak perusahaan juga perlu menyediakan perlengkapan musim hujan secara lengkap agar karyawan dapat dengan nyaman dan percaya diri.

Gunakan Peralatan yang Tepat
Menyambung poin diatas, jangan menggunakan APD dan peralatan kerja yang tidak sesuai untuk penggunaan outdoor, terutama saat musim hujan. Contohnya perkakas tangan seperti tang dan palu, sebaiknya gunakan dengan gagang pegangan yang bertekstur antiselip, sehingga memudahkan pekerja dalam pengoperasiannya di tengah lingkungan yang basah. Selain itu, gunakan pula jas hujan yang bersifat water resistant guna mengurangi potensi pekerja kedinginan maupun air masuk ke dalam badan untuk pekerjaan outdoor yang lama.

Waspada Kabel Listrik
Kabel listrik merupakan salah satu bahaya terbesar yang dihadapi pekerja selama musim hujan. Seperti yang kita ketahui, air merupakan konduktor listrik yang baik dan dapat menyebabkan sengatan listrik, terutama ketika karyawan menyentuh kabel listrik, soket listrik, dan peralatan listrik lainnya yang basah akibat terkena hujan.

Sebagai tindakan pencegahan, pastikan untuk memperbaiki semua peralatan listrik sebelum digunakan. Tutup semua outlet listrik termasuk kabel yang terkelupas, atau rongga antara penyambung kabel dan soket dengan penutup untuk memastikan tidak terkena air. Selain itu, instruksikan karyawan untuk bekerja dengan mengenakan alat pelindung yang tepat. Dan, segera laporkan peralatan listrik yang rusak atau kemasukkan air kepada pihak berwenang / supervisor untuk penggantiannya.

Gunakan Perlengkapan Hujan yang Sesuai
Saat pekerja kedinginan dan basah, mereka cenderung lebih berkonsentrasi pada cuaca daripada tugas yang ada. Pastikan semua karyawan yang bekerja di lingkup outdoor agar memiliki perlengkapan hujan yang tepat. Ini termasuk jas hujan tahan air, sarung tangan nitril, maupun sepatu safety dengan tekstur grip. Dari spesifikasinya, material APD yang digunakan harus bersifat tahan air serta memiliki ventilasi yang baik. Selain itu, pastikan perlengkapan hujan memiliki ukuran yang tepat, karena apabila terlalu besar akan mengganggu pergerakan pekerja serta menimbulkan resiko kain terjepit.

Tips Menjaga Produktivitas dan Keselamatan Kerja di Musim Hujan – Trusco Rainsuit PVC di klikMRO.com

Gunakan Sepatu Safety Anti Selip
Alas kaki yang dirancang untuk dipakai saat hujan harus memiliki tapak yang dalam serta bahan yang memaksimalkan grip agar karyawan tidak terpeleset di permukaan basah. Selain itu, pastikan sepatu safety dalam kondisi yang baik, karena apabila sudah aus atau berlubang, maka kemampuan grip juga berkurang. Selain itu, untuk menjaga air agar tidak masuk ke sela-sela kaki, pastikan bagian atas sepatu boot ataupun alas kaki diselipkan ke dalam celana panjang pekerja.

Tips Menjaga Produktivitas dan Keselamatan Kerja di Musim Hujan – Petrova safety boots di klikMRO.com

Tangan juga Membutuhkan Perlindungan
Dalam melakukan pekerjaan di site, karyawan membutuhkan pegangan tangan yang mantap saat menggunakan perkakas tangan. Namun ketika hujan, tangan dapat menjadi dingin dan basah, sehingga kehilangan pegangan / grip. Oleh karena itu gunakan sarung tangan hujan ataupun safety gloves yang dilengkapi dengan fitur anti selip. Selain itu, untuk mencegah air masuk ke dalam sarung tangan, pastikan ujung sarung tangan masuk ke dalam manset atau APD yang dikenakan.

Gunakan Pelindung Mata dan Kepala
Kacamata pelindung / safety glass bekerja untuk mencegah air agar tidak masuk ke mata, terutama apabila pekerjaan sedang diterjang hujan badai. Gunakan safety glass anti-fog untuk menjaga agar jarak pandang tetap optimal, serta mengurangi buram pada pelindung mata tersebut. Selain itu, karyawan juga dianjurikan tetap mengenakan helm safety untuk menahan air hujan ke area wajah.

Tips Menjaga Produktivitas dan Keselamatan Kerja di Musim Hujan – Riken Safety Goggles Anti-Fog di klikMRO.com

Maksimalkan Penerangan di Lingkup Kerja Outdoor
Penerangan yang cukup selain memudahkan karyawan dalam bekerja di tengah hujan, juga berfungsi untuk menjamin keselamatan karyawan agar terhindar dari obyek-obyek berbahaya maupun lingkungan kerja dengan visibilitas yang rendah. Oleh karena itu, hal yang dapat dilakukan perusahaan meliputi investasi alat penerangan yang dipasang pada helm safety pekerja untuk memudahkan kegiatan operasional.

Tips Menjaga Produktivitas dan Keselamatan Kerja di Musim Hujan – Trusco aluminum heavy-duty headlamp di klikMRO.com

Kenakan Jaket atau Rompi Berwarna Cerah dan Reflektif
Rompi / safety vest berguna untuk meningkatkan visibilitas bagi pekerja lain terutama di tengah hujan. Safety vest ini sangat dibutuhkan ketika mereka bekerja di area yang memiliki lalu lintas kendaraan operasional seperti forklift, mobil, truk, dan lainnya. Selain itu, vest juga memudahkan deteksi lokasi bagi pekerja lainnya untuk memantau progres pekerjaan, serta membantu tindakan pengawasan pekerja, terutama di lingkup pekerjaan konstruksi.

Di tengah PSBB transisi ini, perusahaan dituntut untuk kembali memaksimalkan strategi bisnis untuk mengembalikan operasional industri serta outcome yang sesuai. Oleh karena itu, dengan dimulainya kegiatan produksi dan strategi baru, maka investasi peralatan keselamatan juga menjadi faktor penting dalam mendukung kelancaran operasional dan mengurangi kecelakaan kerja. klikMRO menyediakan berbagai peralatan safety musim hujan untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda di musim hujan ini. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.