Tips Menggunakan Mesin Router Kayu untuk Hasil Pemotongan Profesional

0
513

Tips Menggunakan Mesin Router Kayu untuk Hasil Pemotongan Profesional –  Mesin router merupakan jenis perkakas listrik untuk kegiatan pemotongan khususnya kayu, yang memiliki alas datar dan mata pisau yang berputar. Poros putar ini dapat digerakkan oleh sumber energi motor listrik ataupun motor pneumatik. Tujuan dari penggunaan mesin router  adalah untuk melubangi area pada material yang keras, seperti bahan kayu ataupun plastik. Contoh aplikasi mesin router yang paling sering dijumpai terdapat pada pekerjaan pengrajin kayu (wood working). Dari segi ukurannya, mesin router terdiri dari ukuran kecil seperti model genggam, dan ada pula model table router yang menggunakan meja dan klem sebagai penjepit obyek kayu.

Jenis Mesin Router

Terdapat berbagai jenis mesin router, mulai dari plunge router, router model genggam D, serta router dengan pegangan double knob. Masing-masing aplikasi pekerjaan wood working memerlukan jenis mesin router kayu yang berbeda pula, seperti penggunaan model router kayu fixed-base, router kombo, router kecepatan variabel, trimmer, dan router kayu CNC.

Alat Teknik lengkap

Saat ini, sebagian besar mesin router sudah memiliki kontrol kecepatan variabel dan memiliki struktur yang dapat dikunci di tempatnya. Bahkan beberapa mesin router yang lebih canggih sudah memiliki fitur soft-start, yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan poros secara bertahap. Fitur ini cocok digunakan pada mesin router untuk pekerjaan pemotongan yang besar. Oleh karena torsi putar dari mesin router cenderung sangat kuat, maka metode genggam yang benar ditambah fitur soft-start tersebut dapat membantu meminimalisir bahaya penggunaan. Untuk itu, dalam mengoperasikan mesin router, metode genggam dengan kedua tangan adalah suatu keharusan. Untuk mesin router dengan jenis sakelar on / off, penting untuk dipastikan bahwa sakelar dalam posisi off sebelum mencolokkannya ke sumber listrik. Selain itu demi hal keamanan, mesin pemotong router yang lebih besar sebaiknya dipasang di table router. Hal ini membuat pengoperasian lebih mudah, serta hasil pemotongan yang lebih stabil.

Dalam melakukan pengaturan ergonomis, posisi genggam tergantung pada bitnya agar memudahkan pergerakkan tangan khususnya pada pekerjaan dengan konfigurasi yang berbeda. Misalnya, pada pekerjaan di bagian atas tepi meja, banyak pengguna lebih memilih pegangan D dan disesuaikan dengan kecepatan yang bervariasi. Hal ini memungkinkan kontrol yang lebih baik dan meminimalisir resiko overheat pada kayu.

Cara Menggunakan Mesin Router Kayu

Berikut informasi teknik dan tips mengenai cara menggunakan mesin router kayu untuk hasil pekerjaan yang presisi:

Pemotongan Tepi (Edge Routing)

Salah satu tips kunci dalam memotong bagian tepi agar rapi dan bersih adalah dengan menggunakan bit yang tajam dan aplikasikan router dengan arah berlawanan jarum jam di sekitar bagian benda kerja. Dengan begitu, putaran bit akan cenderung mendorong route mendekat ke arah pengguna, sehingga lebih mudah dikendalikan dan lebih aman.

Tips Menggunakan Mesin Router Kayu untuk Hasil Pemotongan Profesional – Gunakan bit yang tajam dan aplikasikan router dengan arah berlawanan jarum jam di sekitar bagian benda kerja

Teknik router kayu berlawanan arah jarum jam tidak selalu bekerja dengan sempurna. Ada kecenderungan kayu menjadi pecah terutama di bagian sudut. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengkombinasikan teknik climb-cutting ataupun dengan melakukan pemotongan searah jarum jam di beberapa bagian ujung benda kerja.

Tips Profesional dalam Pemotongan Tepi:

  1. Selalu uji pemotongan Anda pada papan kayu serupa untuk memastikan kedalaman pemotongan yang tepat.
  2. Amplas tepi kayu hingga halus sebelum dirutekan dengan bit router.
  3. Hindari kayu terbakar akibat panas dari gesekan dengan membuat potongan dalam beberapa lintasan, dan secara gradual lakukan metode pemotongan yang lebih dalam. Beberapa jenis kayu cenderung lebih rentan rusak daripada kayu lain, jadi selalu lakukan pengujian terlebih dahulu pada papan kayu yang sama.

 

Pemotongan Alur (Rabbet Cutting)

Metode pemotongan alur dilakukan dalam satu kali lintasan, dengan menggunakan pilot bearing yang tepat. Alur adalah lekukan yang dipotong di tepi belakang benda kerja ataupun sisi samping dari suatu papan, dan rak buku umumnya bertujuan sebagai bagian yang disisipkan bagian kayu lain sebagai penyangga.

Metode utama dalam pemotongan beralur ini adalah dengan menggunakan mata bit khusus untuk pemotongan alur, sehingga lebar pemotongan dapat terbentuk dengan sempurna. Umumnya pengrajin kayu menyediakan router bit set sehingga memungkinkan mereka dalam mengganti pilot bearing untuk menyesuaikan lebar alur dengan mata potong yang sama.

Tips Profesional dalam Pemotongan Alur:

  1. Pilih pilot bearing yang akan memotong alur dengan ketebalan yang sama dengan bagian belakang kayu lapis. Dengan begitu bagian belakang papan akan sama rata dengan bagian belakang kabinet kayu.
  2. Sesuaikan kedalaman router sehingga bit akan memotong hingga kedalaman sekitar 1/2 inci, sehingga masih menyisakan sebagian permukaan untuk perekatan dengan lem ataupun pengikatan.
  3. Potonglah secara berlawanan arah jarum jam.

Hasil Pemotongan Sempurna dengan Pembuatan Pola

Pola memungkinkan Anda dalam membuat banyak salinan dari hampir semua bentuk permukaan. Teknik pembuatan pola yang benar sangatlah penting khususnya bagi pekerjaan kayu dengan mesin router. Dalam melakukan pembuatan pola, gunakan papan kayu halus dengan ketebalan 1/2 hingga 3/4 inci. Hal ini memungkinkan pilot bearing agar tetap dapat menembus benda kerja sehingga pemotongan mengikuti pola dapat dilakukan dengan sesuai.

Setelah Anda selesai memotong pola dan menghaluskan tepinya, perhatikan pula bentuk yang akan Anda potong. Potong bentuk dengan peralatan potong yang sesuai seperti gergaji band saw ataupun gergaji pita sampai kedalaman 1/8 hingga 1/4 inci dari permukaan. Selanjutnya gunakan flush trim bit untuk merapikan dan membersihkan sisa-sisa potongan pada permukaan sehingga mulus dan rata.

Dalam dunia wood working, Anda harus terlebih dahulu memahami kegunaan dan metode yang tepat untuk setiap pekerjaan. Setelah itu, gunakan pula perkakas kayu yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dan selera Anda.

klikMRO merupakan B2B E-Commerce yang menyediakan wadah bagi para pelaku pengadaan dalam memenuhi kebutuhan peralatan teknik dan industri secara online. Berkolaborasi dengan ratusan brand ternama, klikMRO juga menyediakan perkakas kayu kebutuhan wood working mulai dari tipe basic hingga expert. Yuk permudah proses pengadaan di tengah pandemi ini dan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.