Tips Memilih Power Tools yang Baik

0
7684
Man shopping for perforator in hardware store close-up

Tips Memilih Power Tools yang Baik – Power tools yang baik apabila digunakan dengan tepat, akan membantu pekerjaan agar lebih mudah dan berjalan lancar, serta membantu meningkatkan kualitas pekerjaan itu sendiri. Dalam praktiknya, mungkin suatu pekerjaan memerlukan berbagai macam alat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga Anda membutuhkan waktu untuk mencari alat maupun perkakas yang sesuai pekerjaan. Melalui perecanaan yang matang, serta pertimbangan pro dan kontra dari masing-masing alat perkakas, maka Anda dapat menghemat waktu serta biaya investasi perkakas.

Pada artikel kali ini, klikMRO akan membahas apakah pembelian power tools yang baru dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan secara lebih produktif? Lalu bagaimana cara memilih power tools yang baik sesuai kebutuhan? Berikut adalah tips memilih power tools yang baik ala klikMRO:

  1. Pengetahuan Produk Power Tools
Tips Memilih Power Tools yang Baik – Blog klikMRO

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang individu dalam memilih perkakas mesin adalah menambah pengetahuan tentang bagaimana alat-alat tersebut bekerja dan berfungsi.  Seperti contoh, beberapa perkakas mesin diperlukan untuk melakukan pembobokan dinding, ataupun mengencangkan baut apda suatu sambungan. Jika Anda telah memiliki pemahaman yang jelas tentang fungsi masing-masing perkakas mesin dan cara penggunaannya, maka Anda telah menyelesaikan salah satu tahap awal untuk memulai sebuah pekerjaan. Dengan langkah awal yang benar, maka proses pekerjaan selanjutnya akan jauh lebih mudah dilakukan, mengurangi resiko cedera, serta membuahkan hasil yang maksimal.

Alat Teknik lengkap

2. Frekuensi Penggunaan Power Tools

Tips Memilih Power Tools yang Baik – Blog klikMRO

Pertimbangkanlah seberapa sering alat tersebut digunakan. Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih perkakas mesin yang menawarkan garansi, serta built quality nya memang sudah dipercaya. Dalam tahap ini, periksa spesifikasi powertool yang hendak digunakan agar sesuai dengan beban pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, perkakas mesin terdiri dari motor penggerak yang menggunakan energi panas, baik dari listrik maupun baterai sehingga beresiko overheat apabila digunakan secara berlebihan. Beberapa powertool heavy duty menawarkan kinerja mesin yang konsisten tanpa mengakibatkan resiko overheat apabila digunakan sesuai spesifikasinya.

3. Brand/ Merk Dagang yang Memiliki Reputasi baik

Saat hendak memilih powertool, perhatikan pula brand yang memiliki reputasi yang baik, serta menawarkan garansi yang sesuai. Anda mungkin pernah mendengar beberapa nama brand power tools seperti DeWalt, Bosch, Black&Decker, AEG, Milwaukee, BETA, Dremel dan lainnya, tetapi Anda juga perlu mengetahui masing-masing keunggulan serta review dari pengguna lainnya. Hal ini juga berguna untuk menentukan kualitas , fitur, daya tahan, serta kapasitas kerja dari produk powertool agar sesuai kebutuhan pekerjaan Anda.

4. Jenis Power Tools

Tips Memilih Power Tools yang Baik – Blog klikMRO

Ukuran dan desain dari sebuah produk powertool sangat penting untuk dipertimbangkan sejak dini. Dimensi powertool yang kecil cenderung merefleksikan kapasitas motor penggeraknya serta tingkat daya tahan produk itu sendiri. Namun, adapula jenis powetool yang menawarkan ukuran yang kecil dengan spesifikasi yang cukup tinggi, cocok untuk digunakan pada pekerjaan di area sempit. Untuk itu, langkah awal yang dapat dilakukan adalah menyesuaikan budget Anda dengan kebutuhan pekerjaan untuk menentukan produk powertool yang tepat.

Sekarang ini juga sudah banyak powertool yang menawarkan portabilitas dengan tidak adanya kabel (cordless powertools), serta menawarkan pula desain yang ergonomis untuk memaksimalkan grip tangan pengguna. Cordless powertool ini menggunakan baterai litihum ion yang telah didesain sedemikian rupa untuk menawarkan kemampuan dan daya tahan yang hampir setara dengan corded powertool (perkakas mesin kabel). Cordless powertool ini merupakan solusi untuk pekerjaan yang titik lokasinya tidak terjangkau oleh soket listrik.

Cordless Power Tools : Era Baru Tanpa Kabel

5. Pengecekan sebelum Pemakaian

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah memeriksa semua label atau tanda pada kemasan perkakas mesin, ataupun tanda pada unit powertool. Power Tools yang baik memiliki sertifikat yang berstandar nasional ataupun internasional. Tahap ini walaupun terdengar sepele, namun dapat menghemat biaya jangka panjang kedepannya. Dengan perhitungan budget dan ROI, Anda dapat melakukan kalkulasi investasi produk powertool untuk menunjang pekerjaan Anda.

klikMRO hadir sebagai B2B E-Commerce yang menyediakan berbagai perkakas mesin untuk meningatkan produktivitas pekerjaan Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here