Tips Memilih Power Tools yang Baik

0
3456
Man shopping for perforator in hardware store close-up

Power tools yang baik dengan aksesori yang tepat akan membantu membuat segala jenis proyek berjalan lancar, dan mempengaruhi kualitas output. Dalam banyak kasus, Anda mungkin memerlukan berbagai macam alat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, tetapi untuk mencari alat alat tersebut Anda membutuhkan waktu yang lama agar alat yang Anda dapat bekerja dengan baik sesuai pekerjaan. Menimbang pro dan kontra dari masing-masing. Hal ini juga akan bergantung pada alat yang telah Anda miliki. Akankah membeli power tools yang baru dapat membantu Anda menyelesaikan proyek lebih banyak dan lebih baik? Ya mungkin. Namun bagaimana cara memilih power tools yang baik agar power tools yang baru kita beli tidak akan sia sia untuk digunakan dan sesuai kebutuhan ? Berikut adalah tips memilih power tools yang baik.

  1. Pengetahuan Produk Power Tools
Mechanic reading instructions manual book

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang individu untuk memastikan  mereka memilih alat alat yang tepat adalah untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana alat alat tersebut bekerja dan berfungsi.  Beberapa alat sangat diperlukan untuk melakukan pembobokan dinding dan alat alat lain dapat dibuktikan berguna ketika menangani berbagai pekerjaan. Jika pemilik power tools telah memiliki pemahaman yang jelas tentang apa nama alat tersebut dana bagaimana alat tersebut digunakan, hal ini menandakan bahwa Anda cenderung telah memilih alat yang tepat dan yang penting untuk digunakan dalam sebuah pekerjaan.

2. Frekuensi Penggunaan Power Tools

Pertimbangkanlah seberapa sering alat tersebut digunakan. Salah satu hal bijaksana yang dapat dilakukan yaitu untuk memilih alat yang menawarkan garansi yang lebih lama dibandingkan memilih alat yang mungkin tidak akan bertahan lama. Sulitnya penggunaan sebuah power tools adalah sebuah concern bagi banyak orang dan juga bagi user yang masih pemula.

Cordless Power Tools : Era Baru Tanpa Kabel

3. Brand/ Merk Dagang yang Memiliki Reputasi baik

Perhatikanlah nama brand power tools, saat berbelanja, Anda mungkin bisa mendapatkan nama brand power tools seperti DeWalt, Bosch, Black and Decker, AEG, Milwaukee, BETA, Dremel dan lainnya tetapi saat membeli peralatan power tools itu, anda akan membayar dengan harga ratusan atau jutaan rupiah, jika Anda membeli power tools yang memilik nama brand terkenal dan terpercaya.Namun tentu kualitas , fitur, Daya Tahan dan Kapasitas kerja yang ditawarkan sangat baik.

4. Dimensi Power Tools

Ukuran dan kekuatan Power Tools sangat penting ketika Anda akan memilih alat yang tepat. Banyak orang tidak memperhitungkan hal ini. Cobalah model power tools yang ditampilkan di toko. Jika alat tersebut memiliki kekuatan yang sangat berat, bayangkanlah bahwa Anda akan menggunakan alat tersebut  sepanjang weekend untuk membangun dek. Beberapa hand tools yang berukuran kecil dirancang agar dapat terjangkau ke tempat yang sangat sempit ataupun kecil sehingga dapat menjadi pilihan alternatif dibandingkan alat alat yang berukuran besar. Jika Anda kidal, kebanyakan power tools cocok untuk Anda. Anda dapat menggunakan sebagian besar power tools baik dengan tangan kanan ataupun dengan tangan kiri.

5. Pengecekan sebelum Pemakaian

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah memeriksa semua power tools sebelum digunakan. Power Tools yang baik pasti memiliki sertifikat yang berstandar nasional maupun internasional. Artinya Power Tools tersebut sudah lolos pengujian oleh para ahli. Hal ini penting untuk menguji power tools dan beri label dengan tag yang menunjukkan tanggal tes dan tanggal tes ulang. Alat tanpa label tersebut tidak boleh digunakan, hal ini sebagai pencegahan yang tidak diinginkan. Pastikan setiap alat dilengkapi dengan petunjuk keamanan, tetapi jika alat tersebut tidak disertai dengan petunjuk keamaan maka berhentilah untuk menggunakan alat tersebut.

Referensi:

http://www.homeimprovementpages.com.au/article/6_power_tool_safety_tips

http://www.radiolive.co.nz/How-to-choose-the-right-power-tool/tabid/448/articleID/20895/Default.aspx

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here