Tips Memilih Mesin Steam Sesuai Spesifikasinya

0
2601

Tips Memilih Mesin Steam Sesuai Spesifikasinya – Di musim penghujan ini, kebersihan merupakan prioritas utama dalam menjaga kerapihan area kerja, area tempat tinggal, fasilitas gedung, hingga kendaraan operasional maupun pribadi. Kebersihan yang terjaga selain untuk memaksimalkan fungsi dan daya tarik dari utilitas tersebut, juga memberikan dampak positif bagi psikologi penggunanya. Sebagai contoh, sebagian besar kita akan merasa lebih percaya diri ketika mengendarai kendaraan yang bersih dan terawat, daripada kendaraan yang kurang terawat. Namun dengan hujan yang terjadi hampir setiap hari ini, menjaga kebersihan kendaraan menjadi suatu tantangan tersendiri, terlebih kita tidak mungkin selalu mencucinya setiap habis terguyur hujan.

Oleh karena itu, disinilah peran mesin steam (high pressure cleaner) akan sangat membantu kita dalam membersihkan kendaraan maupun area kerja dan area tempat tinggal. Pada umumnya, mesin steam merupakan mesin dengan daya penyemprot air bertekanan tinggi yang menggunakan energi listrik, gas, hingga mesin, untuk membersihkan kotoran atau noda membandel pada permukaan obyek. Untuk penggunaan di lingkup industri, umumnya mesin steamer menggunakan mesin diesel dan digunakan untuk menghilangkan noda / kotoran pada permukaan lantai, area outdoor, kotoran di dinding, dan area site lainnya. Sedangkan untuk penggunaan di rumah tangga, mesin steamer yang digunakan biasanya bertenaga listrik, baik yang tercolok ke power outlet ataupun menggunakan baterai portabel.

Oleh karena itu, sebelum Anda menyewa atau membeli mesin steam untuk keperluan pembersihan rumah ataupun penggunaan profesional, Anda harus memutuskan jenis mesin bertekanan mana yang terbaik berdasarkan pekerjaan yang Anda rencanakan.

Alat Teknik lengkap

Tiga pertimbangan utama yang harus diperhatikan dalam memilih mesin steam adalah:

Berapa besar daya tekanan yang Anda butuhkan. Daya tekanan ini umumnya ditentukan dari sumber energi tenaga mesin, baik itu energi listrik, gas, dan bensin.

Perhatikan suhu air yang hendak disemprotkan, karena tidak semua permukaan material dapat menanggung air dingin, sehingga mesin steamer pun juga tersedia tipe hot and cold untuk memudahkan pengaturan suhu air yang dikeluarkan.

Model mesin steamer mana yang sesuai untuk penggunaan rumah tangga, atau untuk penggunaan komersial / profesional sesuai spesifikasi dan budget Anda.

Daya Tekanan Mesin Steamer
Besarnya tekanan aliran air mesin steam dinyatakan dalam satuan pound per inci persegi (PSI). Volume air yang dialirkan oleh pompa diukur dalam galon per menit (GPM). Untuk menghitungnya, kalikan PSI dengan GPM untuk mendapatkan ECU, yakni angka yang digunakan dalam membandingkan model dan jenis mesin steamer.

PSI yang lebih tinggi berarti lebih kuat daya semprotnya, dan GPM yang lebih tinggi berarti pembersihan yang lebih cepat. Namun perlu diingat bahwa lebih banyak daya belum tentu lebih baik. Oleh karena itu, sesuaikan tekanan dengan pekerjaan pembersihan yang akan dilakukan, karena apabila kelebihan tekanan maka dapat merusak komponen pada permukaan hingga pemborosan air.

Tips Memilih Mesin Steam Sesuai Spesifikasinya – Black&Decker Pressure Washer

Untuk pembersihan kendaraan atau halaman rumah, mesin steamer yang cocok digunakan adalah yang bertekanan 1.300 hingga 2.400 PSI. Selain itu, untuk pembersihan jalan aspal, tanah, atau jalan beton akan membutuhkan tekanan lebih setidaknya 3.000 PSI dan 4 GPM. Untuk pekerjaan pengupasan cat atau coretan grafiti di dinding mungkin membutuhkan 4.000 PSI. Jadi perbedaan tekanan inilah yang menentukan mesin steamer mana yang cocok untuk kebutuhan pembersihan Anda.

Perbedaan Spesifikasi Jet Washer Listrik dan Bensin
Mesin steam listrik cocok untuk pekerjaan yang lebih kecil, sehingga desain nya pun menawarkan portabilitas. Selain itu, Anda hanya perlu mencolok ke sumber listrik terdekat (gunakan kabel ekstensi apabila perlu) untuk mengoperasikannya. Mesin jet washer jenis ini biasanya memiliki tekanan sekitar 1.400 PSI, dengan GPM tidak lebih dari 1.5. Selain itu, jenis ini juga lebih sunyi, lebih ringan, dan lebih murah daripada jenis mesin steam lainnya, sehingga merupakan opsi yang bagus untuk membersihkan noda dari halaman rumah, ruangan outdoor, atau membersihkan kendaraan. Dari segi perawatannya pun terbilang mudah karena nozzle dapat disesuaikan dan mudah ditemukan penggantinya.

Untuk jenis mesin steam atau jet washer dengan bahan bakar biasanya memiliki tekanan lebih dari 2.000 PSI dan 2 GPM. Jenis ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk pekerjaan tingkat sedang hingga berat, seperti mencuci trotoar beton, kendaraan besar di area pertambangan, dan pembersihan keras lainnya. Dalam menentukan mesin jet washer untuk kebutuhan industri, pertimbangkan pula daya tahan mesin terhadap lingkungan eskternal seperti cipratan api, debu, dan lainnya serta kemampuan mesin tersebut dalam bekerja hingga pemakaian berjam-jam.

Tips Memilih Mesin Steam Sesuai Spesifikasinya – Lavor Pro Pressure Washer

Mesin Steam dengan Pengaturan Panas Dingin (Hot & Cold Pressure Washer)
Mesin jet washer umumnya menggunakan suhu air sesuai sumber air ledeng yang digunakan, sehingga merupakan pilihan tepat untuk menghilangkan kotoran pada bagian permukaan yang tidak terpengaruhi oleh suhu. Dari segi harga, tipe cold pressure washer ini juga lebih murah dibandingkan mesin hot & cold pressure washer yang menawarkan pengaturan air panas. Namun, mesin cold pressure washer ini mungkin bukan pilihan terbaik dalam membersihkan permukaan yang berminyak, karena minyak akan lebih cepat larut apabila dibersihkan dengan air suhu hangat / panas.

Jet Washer Konsumen dan Profesional
Jet washer hadir dalam beberapa jenis dan varian. Yang paling umum adalah jenis jet washer konsumen, dimana menggunakan listrik dan berukuran lebih kecil. Selain itu, ada pula jet washer profesional yang ditujukan untuk pembersihan di lingkup pabrik dan industri. Di pasaran, terdapat pula model trail-behind yang dapat mencakup injeksi deterjen secara otomatis dan dapat dilengkapi dengan tongkat penjangkau yang dapat diperpanjang, nozzle yang berputar, dan attachment sandblast. Mesin jet washer untuk industri juga biasanya dilengkapi denan ban pneumatik untuk memberikan traksi yang lebih baik di medan yang tidak rata, khususnya di area site pertambangan dan minyak gas bumi.

Perhatikan Nozzle pada Mesin Steam
Nozzle merupakan komponen pada ujung selang yang menentukan sudut semprotan air. Semakin dibuka nozzle, maka semakin menyebar semprotannya. Dan juga berlaku sebaliknya semakin kecil bukaan nozzle, maka semakin lurus dan padat semprotan airnya.

Mesin steam untuk rumah tangga umumnya sudah dilengkapi dengan satu buah nozzle yang bisa disesuaikan, sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan semprotan saat membersihkan permukaan tanpa perlu mengganti nozzle untuk setiap pekerjaan pembersihan lainnya. Sedangkan mesin jet washer dengan PSI lebih tinggi biasanya dilengkapi dengan beberapa tipe ujung nozzle yang diberi kode warna berdasarkan sudut semprotan. Berikut adalah perbedaan warna nozzle pada mesin steamer industri:

Nozzle Merah: Nozzle berwarna merah memiliki semprotan 0 derajat, yang artinya air yang keluar sangat padat, tipis, dan kencang. Gunakan pada permukaan keras seperti beton. Perlu diperhatikan pula bahwa nozzle merah ini dapat merusak permukaan yang lebih lembut bahkan mengelupas cat kendaraan, jadi pastikan penggunaannya hanya untuk area permukaan outdoor yang keras
Nozzle Kuning: Nozzle kuning memberikan sudut bukaan 15 derajat sehingga menghasilkan semprotan yang kuat tetapi kurang terkonsentrasi seperti nozzle merah. Cocok untuk digunakan pada lebih banyak permukaan dan dapat digunakan untuk membersihkan noda, jamur, dan cat.
Nozzle Hijau: Nozzle warna hijau memberikan sudut bukaan 25 derajat dan digunakan untuk tugas pembersihan rumah tangga. Dengan semprotann air yang lebih lebar daripada nozzle merah atau kuning, maka semprotan dapat dengan cepat membersihkan permukaan yang lebih besar karena penyebaran air yang lebih luas
Nozzle Putih: Sudut semprotan nozzle putih mencapai 40 derajat, sehingga air keluar dengan tekanan yang lebih rendah namun sangat menyebar luas. Nozzle ini cocok digunakan untuk pembersihan permukaan yang rapuh, atupun permukaan lebar yang membutuhkan pembersihan secara cepat dan merata.
Nozzle Hitam: Nozzle warna hitam memiliki sudut bukaan paling lebar, yakni 65 derajat. Dengan sudut semprotan paling luas ini, maka pembersihan area besar dapat dilakukan lebih mudah dan cepat.

Pada intinya, mesin steam / jet washer merupakan mesin penyemprotan air multiguna sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan pembersihan area secara cepat. Untuk itu, pastikan tipe mesin steam mana yang cocok sesuai kebutuhan pembersihan Anda, dan pastikan harga dan garansinya sesuai. klikMRO merupakan platform B2B E-commerce yang memberikan kemudahan dalam pengadaan secara online untuk menunjang produktivitas usaha Anda. Temukan berbagai mesin steam dari berbagai brand dan jenis sesuai preferensi Anda di klikMRO.com untuk menjaga kebersihan area usaha Anda terutama di musim penghujan ini.