Momentum besar kerap dimanfaatkan oleh perusahaan maupun pedagang ritel untuk meningkatkan omzet penjualan. Berbagai pertimbangan serta strategi pun dipikirkan matang-matang, baik melalui promosi maupun strategi pemasaran lainnya.

Momentum Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tentunya menjadi salah satu di antara momentum besar yang kerap dimanfaatkan para pelaku usaha untuk menuai keuntungan yang besar. Tapi, bagaimana untuk memastikan kesuksesan program pada momentum tersebut? Kenyataannya ada pula ditemukan dalam kasus tertentu, dimana beberapa pedagang justru malah merugi ketika membuat program Marketing atau promosi terkait Bulan Ramadan.

Salah satu penyebabnya adalah beberapa pedagang tersebut hanya melakukan atau memperhitungkan bagaimana cara promosi produk besar-besaran sehingga mengorbankan banyak waktu, tenaga, dan tentunya uang. Alhasil, mungkin penjualan meningkat dan barang banyak terjual pada minggu-minggu awal. Namun pada akhirnya ketika dilakukan penghitungan ulang, ternyata keuntungan yang diraih tidak sebanding pengeluaran promosi.

Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi bukan?

Promosi tentu saja boleh dilakukan, namun perlu ada perencanaan serta perhitungan yang spesifik, agar dibuat sesuai dengan kemungkinan keuntungan yang akan didapatkan.

Berikut beberapa tips dan strategi yang patut dipertimbangkan untuk meningkatkan penjualan pada momentum Lebaran dan Ramadan:

  1. Perhitungkan Stok Barang

Anda dianjurkan untuk mempersiapkan stok barang dagangan dalam jumlah yang mencukupi bahkan lebih banyak. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhitungkannya. Apabila terlalu banyak stok di gudang, maka hanya akan menyisahkan barang-barang tidak bergerak yang memakan tempat serta uang, terlebih dalam hal penyewaan gudang. Barang-barang yang tidak terjual akan mengendap dan sulit distribusinya. Sehingga hasilnya adalah pemborosan, yang tentunya berakhir ke kerugian.

Perhitungan yang dilakukan memang berupa prediksi, yang tentu saja tidak bersifat pasti. Prediksi pengeluaran barang dapa Anda perhitungkan dari kemungkinan jumlah pembelian pada pasar, menganalisis dari penjualan tahun sebelumnya, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda memiliki prediksi berapa maksimal dan minimal penjualan. Untuk itu, Anda bisa mempersiapkan stok barang dalam jumlah yang dibutuhkan.

 

  1. Siapkan Program Promo

Dalam dunia penjualan, beberapa hal yang paling disukai pelanggan yakni promosi product bundling, diskon, gratis biaya ongkir dan lainnya. Ada juga program-program tertentu untuk meningkatkan exposure & awareness, seperti beli satu dapat satu dengan follow akun media sosial, serta rekomendasi apps ke teman. Tentunya, perhitungan budget mesti disesuaikan agar Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Contohnya Anda bisa memberikan diskon hanya pada satu hari spesial, misalnya pada hari pertama Ramadaan, ataupun tanggal 1 Syawal. Anda bisa mempertimbangkan tanggal promosi berjangka satu hari maupun lebih. Namun pastikan kerjasama yang dilakukan dengan pihak lain dipastikan terlaksanakan dengan lancar, serta ketersediaan stok barang promosi yang terjaga.

 

  1. Jualan Online? Optimalkan Website SEO Anda

Bila Anda menjual produk / jasa secara online, maka sangat penting bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan platform online bisnis Anda. Ada 3 jenis platform yang umum digunakan, yakni sosial media (Instagram, Facebook, Twitter), website, serta aplikasi. Khusus dalam Bulan Ramadan, pastikan desain tampilan dari platform yang Anda gunakan memiliki ciri khas Ramadan, seperti warna hijau serta gambar animasi ketupat bila diperlukan.

Anda juga mesti mempertimbangkan konten tulisan yang berada di blog ataupun website agar dapat mendukung tema yang diusung tersebut. Referensi produk dibuat dalam bentuk artikel, kemudian siapkan juga tulisan yang tepat serta memenuhi kebutuhan keyword dalam Search Engine Optimation (SEO) guna mendongkrak jumlah kunjungan ke website Anda. Dengan semakin banyaknya traffic yang masuk, maka berpotensi meningkatkan jumlah pelanggan Anda.

Selanjutnya tips bagi yang berbisnis di sosial media, Anda bisa mempersiapkan konten video, foto, serta konten aktivasi melalui Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Jaring banyak penggemar dengan menyiapkan hashtag yang sedang viral. Kemudian Anda juga dapat mempersiapkan hadiah menarik melalui postingan quiz di sosial media untuk dapat menarik siapapun untuk mem-follow akun bisnis Anda serta berkunjung ke website jualan Anda.

Jadi sudah siapkah Anda memanfaatkan momentum Ramadan dan Lebaran ini untuk meningkatkan penjualan?