TIPS Memakai Torque Wrench dengan Benar

0
1122

Torque Wrench atau biasa disebut kunci torsi merupakan perkakas tangan yang digunakan untuk mengeratkan baut atau mur dengan tingkat kekuatan dan kekencangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dari definisi ini kita tentu dapat menyimpulkan fungsi dari kunci momen adalah untuk mengukur gaya puntir pada mur maupun baut hingga mencapai momen kekencangan tertentu.

Facom Torque Wrench via KlikMRO

Pada kunci torsi, sisi ujungnya dapat dipasang kunci soket menyesuaikan dengan ukuran mur maupun baut yang akan dieratkan. Sementara itu pada ujung yang lain (berdekatan dengan handle kunci momen) terdapat jarum penunjuk & angka-angka yang menunjukkan nilai kekuatan kencang dari mur maupun baut yang dieratkan. Jarum akan bergerak menyesuaikan dengan kekuatan pengencangan yang diberikan.

Pada bagian ujung kunci momen yang digunakan untuk mengeratkan baut, terdapat kunci soket yang bisa diganti-ganti, sesuai dengan ukuran diameter mur atau baut yang akan dipasang. Kunci torsi ini hanya digunakan untuk pengerjaan akhir saja, sedangkan untuk memasang dan memutar baut di awal menggunakan perkakas yang biasa seperti kunci ring, soket, atau kunci pas, baru setelah dirasa agak kencang, diputar dengan menggunakan kunci torsi sampai angka kekencangannya pas.  Cara untuk menggunakan kunci torsi adalah sebagai berikut:

  1. Kendurkan mur penyetel, kemudian geser skala tingkat kekencangan mur hingga jarumnya berada pada angka kekencangan yang diinginkan. Angka kekencangan antara satu mur dengan mur lainnya harus sama agar tidak terjadi kebengkokan karena perbedaan tegangan, kemudian kencangkan mur penguncinya.
  2. Pasang kunci soket yang sesuai dengan ukuran mur yang akan dipasang dengan menggunakan kunci momen.
  3. Masukkan kunci soket pada mur yang sudah terpasang pada benda yang akan dieratkan.
  4. Tempatkan tangan Anda yang dominan pada tangkai kunci momen dan tangan satunya pada bagian ujung penggerak, tarik tangan pada tangkai kunci sampai terdengar bunyi klik.
  5. Untuk pengencangan yang momen puntirnya besar, sebaiknya dilakukan secara bertahap. Misalnya pengencangan dengan momen 8 kg, maka dibagi jadi beberapa tahap mulai dari 4 – 6 – 8 kg.

Pada penerapannya, tidak semua alat mekanis memang harus menggunakan kunci torsi. Namun menggunakan kunci momen sangat penting untuk mengeratkan baut dan mur pada bagian-bagian yang vital misalnya seperti pada kepala silinder pada mesin motor. Masing-masing spesifikasi mesin memiliki standar tingkat kekencangan yang berbeda-beda, Anda bisa membaca standarnya pada masing-masing buku panduan atau manual mekanisme pada masing-masing mesin. Untuk memastikan tingkat kekencangannya sama antara baut-baut dan mur yang dipasang maka digunakanlah kunci momen yang bisa Anda lihat angka kekencangannya pada bagian baji atau skala jarum yang terdapat pada torque wrench ini.

Baca Juga: Kegunaan Torque Wrench di Industri

Referensi:

alkitronic.hyprowira.com

kelasteknik.blogspot.co.id

sofyandudung.blogspot.co.id

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here