Tips dan Rekomendasi Tang Untuk Potong Kabel (Ada Teknologinya yang Bikin Kaget!)

0
223

Dalam instalasi listrik, tang pemotong kabel sangat dibutuhkan. Tentunya untuk memudahkan Anda memotong kabel dengan rapi dan memudahkan kerja Anda. Anda ingin mencari tang kabel terbaik bukan?

Sebelum masuk ke rekomendasi tang potong kabel terbaik, tentunya Anda musti tahu bahwa ada tiga jenis tang potong kabel ini. Ada tang potong elektrik, tang ratchet dan terakhir adalah tang potong kabel biasa:

 

Tang Potong Kabel Elektrik

Electric Cable Cutter by Facom

Apa yang dimaksud tang potong kabel elektrik? Bisa dikatakan bahwa tang potong satu ini merupakan tang yang paling sempurna dalam pemotongan kabel. Hasil pemotongan kabel akan menjadi sangat rapi, dan tentunya memudahkan pekerjaan Anda. Dengan kinerja paling tinggi, dan hasil kerja yang paling presisi, tentunya tang potong kabel elektrik sangat pas digunakan untuk para profesional.

Bahkan, tang potong kabel elektrik ini juga akan sangat baik dan sempurna memotong sebanyak apapun kabel yang akan dipotong, loh. Tapi sesuai dengan kinerjanya, harganya juga relatif lebih mahal.

Tang Potong Kabel Ratchet

Cable Cutter by Kniplex

Bila bertemu dengan kabel yang lebih tebal dari kabel biasa, misalnya kabel dengan ketebalan mencapai 20-30mm misalnya, tentunya Anda akan kesulitan memotongnya, bukan? Apalagi, untuk memotongnya dengan sempurna.

Nah, untuk memudahkan Anda, ada tang potong kabel ratchet. Tang potong satu ini menggunakan mekanisme roda putar untuk memotong. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang lebih besar. Cara memotongnya adalah dengan menggerakkan tuasnya.

Tang Potong Kabel Biasa

Diagonal Cutter by American Tools

Bisa dikatakan bahwa tang potong kabel yang satu ini adalah yang paling sering digunakan dan juga paling banyak dimiliki oleh para pekerja. Harganya terjangkau, mudah ditemukan dan juga mudah digunakan karena berbentuk seperti pemotong atau tang biasa. Nah, untuk pemotongan kabel yang biasa, tentunya tang potong yang satu ini sangat direkomendasikan.

Hanya saja untuk hasil terbaik, hanya kabel dengan ketebalan hingga 15mm saja yang akan baik hasilnya bila dipotong dengan tang potong kabel satu ini. Bila lebih dari itu, maka sebaiknya menggunakan tang potong kabel ratchet, atau bila lebih tebal lagi maka gunakan tang potong kabel elektrik.

Tips Memilih Tang Pemotong Kabel dan Rekomendasinya

Nah, sekarang bila Anda ingin mencari tang pemotong kabel yang pas, tentunya Anda musti melihat kapasitas kabel yang akan dipotong. Lihat ketebalan kabel yang akan dipotong, untuk memastikan tang potong kabel terbaik.

Untuk kabel biasa, maka tang potong kabel biasa akan sangat membantu. Salah satu pemotong kabel biasa yang bisa Anda pertimbangkan adalah Tekiro Cable Cut Plier 8inch. Tang potong kabel dengan harga terjangkau satu ini tentunya merupakan tang potong kabel berkualitas tinggi dengan bahan nickel iron dan alloy yang dapat memotong kabel kawat dan besi, juga ACSR cable dan aircraft cable. Selain itu, tang pemotong kabel yang satu ini juga memiliki kekuatan yang mumpuni, kualitas yang tinggi, serta grip handle yang nyaman.

Sedangkan untuk pekerja profesional, tang potong kabel yang direkomendasikan adalah ZUPPER Hydraulic Cable Cutting 60kn Thc-85. Tang produksi brand Zupper satu ini memiliki kekuatan pemotongan hingga 60 kN dengan range pemotongan mencapai diameter 85 mm. Tang pemotong kabel satu ini memiliki harga yang cukup mahal, namun sangat mumpuni dan presisi untuk pemotongan segala jenis kabel, dan yang berukuran tebal sekalipun. Tang pemotong kabel yang satu ini adalah jenis hydraulic cutting tool yang berteknologi tinggi.

Selanjutnya, masih dari brand Zupper. Apabila kabel yang Anda akan potong adalah kabel telepon dengan ketebalan 50mm misalnya, maka salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah produk Hydraulic Cable Cutting 60KN CC-50B. Produk ini juga merupakan jenis hydraulic cable cutter dari Zupper yang memiliki kekuatan pemotongan hingga 60 kN. Produk ini bisa digunakan dengan elektrik, maupun hand pump sesuai keperluan.

Hydraulic Cutter by Zupper

Sedangkan untuk pemotongan kabel dengan diameter 65 mm, Anda bisa mempertimbangkan tang potong kable Hydraulic Cable Cutting 60KN CPC-85C. Produk Zupper satu ini memiliki kekuatan pemotongan hingga 60kN dengan tekanan 63 MPa. Tang potong kabel satu ini memiliki kepala pemotongan berbentuk atau type Opening C.

Nah, sekarang tinggal Anda yang memilih. Pilih pemotong kabel yang sesuai dengan keperluan Anda, juga kapasitas kabel yang akan dipotong. Jangan salah menentukan yah, karena jenis pemotong kabel yang Anda pilih nantinya akan menentukan apakah pekerjaan Anda akan jadi lebih mudah, atau malah jadi sulit dan tidak presisi bila salah pilih. Dan juga, rekomendasi produk di atas tentunya bisa Anda jadikan pilihan jitu untuk memilih tang potong kabel yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Tips Teknik Sipil: Menggunakan Mesin Pemotong dan Pembengkok Baja Tulangan untuk Konstruksi Beton

Tips Merawat Mata Bor End Mill