Tips dalam Membuka Usaha Bisnis Karung Plastik

0
28

Plastik sack atau sering kita kenal dengang karung plastik ini merupakan salah satu benda yang sepele namun banyak manfaatnya. Karung plastik ini umum digunakan oleh beberapa industri, mulai dari agrikultur, pengemasan / packaging, pertambangan, peternakan, dan lainnnya. Contoh penggunaan pada industri agrikultur yakni sebagai wadah untuk meletakkan dan membungkus hasil panen para petani.

Karung plastik juga merupakan salah satu produk selain kantong plastik yang banyak menuai permintaan konsumen. Kebutuhan karung plastik ini cenderung meningkat dari waktu ke waktu karena semakin banyak industri yang membutuhkan wadah untuk kemasan penyimpanan dari spareparts maupun produk mereka dengan karung plastik.

Plastic sacks via KlikMRO.com

Selain industri pertanian dan perkebunan, industri makanan dan minuman pun memiliki potensi permintaan besar. Seperti halnya sekarang, sudah banyak penyedia makanan / minuman baru yang unik, lezat, serta ukurannya yang relatif kecil. Dengan volume trend industri yang meningkat, tentu kebutuhan pengemasan / packaging pun juga ikut meningkat. Sehingga ini merupakan suatu kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis karung plastik.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, potensi market dan penghasilan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Terlebih, dalam kondisi sekarang ini belum banyak pemain bisnis karung plastik sehingga dapat menjadi pertimbangan positif.

Nah kali ini KlikMRO akan memberikan tips untuk memulai usaha plastik sack atau karung plastik:

  1. Modal

Langkah pertama tentunya adalah modal. Sebelum memulai usaha ini, perhitungan modal awal serta proyeksi keuangan perlu direncanakan dengan matang, agar tidak terjadi kekeliruan yang dapat berujung mengakibatkan kerugian.

  1. Memahami jenis karung plastik yang akan dipasarkan

Pahami terlebih dahulu tentang kualitas serta keunggulan karung plastik yang Anda pilih.  Mulai dari jenis-jenis karung plastik yang tersedia dan yang memungkinan untuk Anda pasarkan. Berikut sekilas jenis-jenis karung plastik:

  1. Karung plastik polos
  2. Karung plastik transparan
  3. Karung plastik warna drop
  4. Karung Recycle dan juga masih banyak jenis-jenis yang lainnya.
Plastic strapping band via KlikMRO.com
  1. Lokasi yang strategis untuk penjualan dan distribusi

Lokasi yang strategis merupakan kunci dalam penjualan. Mulai dari faktor kemudahan distribusi dan akses pengiriman barang ke pelanggan, serta lokasi bisnis Anda agar mudah dijangkau oleh calon pelanggan dan juga karyawan.

  1. Harga

Patokan harga juga sangat penting, utamakan perhitungkan margin dan cost untuk barang-barang jualan Anda. Setelah itu cek harga pasaran dan atur strategi harga produk Anda. Ingat bahwa ada harga ada kualitas, jadi sertai dengan servis dan pengiriman yang mumpuni untuk memenangkan kepercayaan pelanggan Anda. Hal ini krusial untuk menarik konsumen untuk membeli barang yang Anda tawarkan terutama dalam usaha karung plastik ini.

  1. Menjemput bola

Dalam hal ini, Anda tidak hanya menunggu konsumen untuk datang dan membeli barang yang Anda tawarkan, namun Anda harus pintar-pintar mencari peluang agar konsumen itu tertarik untuk membeli barang yang Anda tawarkan, contoh: jika di suatu daerah itu sedang mengalami musim panen pasti akan sangat membutuhkan karung plastik, nah dengan adanya celah-celah tersebut, dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin dengan cara mendatangi mereka dan menawarkan produk jualan Anda.

  1. Memanfaatkan teknologi

Sama halnya dengan yang dibahas diatas “menjemput bola”, selanjutnya yang Anda harus lakukan memanfaatkan teknologi seperti memasarkan produk yang Anda tawarkan dengan cara menjual secara online, cek status pengiriman barang, kemudahan akses dan interkasi antar pelanggan dan penjual, dan lainnnya. Dengan semakin banyak hal-hal yang memudahkan pelanggan, maka semakin bagus juga operasional usaha Anda kedepannya.

  1. Promosi

Banyak cara untuk mempromosikan produk karung plastik dengan cara offline maupun  online. Untuk promosi secara offlline Anda bisa menggunakan cara seperti memasang neon box, menyebarkan brosur, memasang spanduk, memasang pamflet, mendatangi calon pelanggan, dan sebagainya.

Sedangkan untuk mempromosikan produk Anda secara online, Anda dapat menggunakan media sosial, marketplace, serta forum. Karung plastik identik dengan pemasaran bisnis ke bisnis (B2B) sehingga Anda perlu mengatur strategi penjualan, misaknya untuk pembelian banyak / bulk order dapat memberikan insentif harga.

Nah itulah pembahasan tentang karung plastik dan juga tips untuk memulai usahanya. Semoga artikel kali ini bisa menjadi panduan untuk Anda, dan selamat berbisnis.

Peluang Usaha Menggiurkan Sebagai Pemasok Es Batu Kristal

Memilih Kertas yang Pas Untuk Usaha Fotocopy