Tingkatkan Kebersihan Area Kerja Pasca Pandemi Berdasarkan Aplikasinya

0
241

Tingkatkan Kebersihan Area Kerja Pasca Pandemi Berdasarkan Aplikasinya – Seiring kembalinya operasional bisnis pasca penerapan PPKM ketat kemarin, para pengusaha maupun pekerja segala sektor perlu meninjau kembali persiapan apa yang diperlukan untuk menjamin kelancaran proses kerja. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah memastikan bahwa setiap area kerja dalam kondisi baik dan bersih, terutama bagi area yang lama tidak digunakan semenjak awal pandemi. Dari sini, pihak pengelola perlu menyiapkan beberapa strategi pembersihan secara rutin yang disesuaikan dengan tujuan pembersihan masing-masing, seperti area pengemasan, area gudang, hingga area publik yang sering dihuni.

Berangkat dari pandemi ini, sebagian besar masyarakat telah beradaptasi untuk mulai lebih higienis dan bersih, sehingga fasilitas bisnis yang bersih menjadi sorotan utama bagi pelanggan, partner, hingga pekerja yang bekerja di fasilitas tersebut. Pada artikel kali ini, klikMRO akan memberikan tips mengenai solusi kebersihan berdasarkan aplikasinya:

Aplikasi Pembersihan Saluran Air dan Pipa Tersumbat
Banyak benda maupun hal lainnya yang sewaktu-waktu dapat menyumbat saluran air dari sistem pipa air sebuah fasilitas. Walaupun sebelumnya jarang digunakan, namun potensi debu dan kotoran lainnya dapat mengakibatkan saluran air menjadi tersumbat. Untuk itu, diperlukan metode pembersihan unclogging untuk membersihkan saluran air yang tersumbat. Pada aplikasinya, terdapat alat closet auger untuk membantu proses pembersihan kloset, serta mesin drain cleaner sebagai alat untuk membersihkan sumbatan pada pipa. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua metode pembersihan menggunakan alat maupun cairan drain cleaner yang sama, sehingga perlu disesuaikan dengan jenis kotoran yang hendak dibersihkan.

Alat Teknik lengkap

Aplikasi Pembersihan Peralatan Elektronik dan Peralatan Listrik
Hampir semua peralatan elektronik maupun peralatan listrik yang sudah lama tidak digunakan memerlukan pembersihan. Pembersihan ini tidak hanya sekedar untuk menghilangkan debu di permukaan, namun perlu dilakukan secara menyeluruh guna memastikan performa dari peralatan elektronik tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa residu debu dan kotoran dapat memperlambat konduktivitas pada alat listrik. Untuk itu, pemeliharaan dan pembersihan rutin merupakan persyaratan utama agar sistem kelistrikan dapat beroperasi pada kinerja puncak. Untuk peralatan elektronik maupun alat listrik yang sensitif terhadap air, Anda dapat mempersiapkan contact cleaner yang tidak mengandung bahan air namun tetap dapat digunakan untuk membersihkan area permukaan dan area sempit dengan baik.

Aplikasi Pembersihan Manual 
Untuk menjamin kebersihan setiap harinya, penting untuk menyusun strategi dan jadwal pelaksanaan pembersihan secara rutin. Selain itu, diperlukan peralatan pembersihan yang tepat dan sesuai untuk menjamin efisiensi dari setiap kegiatan pembersihan agar terlaksana dengan cepat dan tidak mengganggu kegiatan di sekitar.

Sediakan area khusus ataupun storage untuk menyimpan peralatan cleaning dan cairan pembersih, serta distribusikan cairan disinfektan di beberapa titik strategis fasilitas.  Untuk area dapur ataupun pantry, pastikan ketersediaan air, sabun cuci piring, hingga tissue ataupun dryer untuk memudahkan proses pengeringan. Hindari penggunaan satu kain untuk bersama-sama karena selain tidak higienis, potenti kotoran yang masih menempel dapat menyebabkan kontaminasi pada alat selanjutnya yang dilap.

Investasi peralatan kebersihan mengurangi resiko biaya jangka panjang yang tidak perlu, serta menjaga produktivitas pengguna fasilitas. Dengan ketersediaan alat cleaning yang memadai, pengguna fasilitas pun secara tidak langsung  didorong untuk hidup bersih dan membantu menjaga kebersihan area kerja, yang nantinya dapat secara efektif memberikan dampak psikologis secara positif.

Lingkungan yang Bersih Memerlukan Partisipasi dari Semua Pihak
Tidak hanya petugas kebersihan yang perlu memprioritaskan kebersihan di tempat kerja, melainkan seluruh karyawan yang menggunakan fasilitas tersebut. Di era pandemi ini, selain penggunaan masker, kebersihan tangan juga menjadi prioritas utama bagi pekerja. Cairan disinfektan tangan yang direkomendasikan harus berbasis alkohol, karena dapat secara efektif mengurangi virus dan kuman pada contact area. Namun, penting juga untuk memperhatikan sifat alkohol yang cenderung membuat kulit tangan menjadi kering, sehingga diperlukan campuran sedikit dengan bahan lainnya yang berfungsi sebagai pelembab maupun aroma. Kedepannya, tempat kerja yang selalu dilengkapi dengan dispenser pembersih tangan dan tisu di seluruh titik strategis dapat membantu mengurangi klaim asuransi kesehatan dan waktu sakit karyawan tertentu yang tentunya mempengaruhi produktivitas proses kerja.

Perusahaan dapat membantu budaya hidup bersih melalui program pelatihan maupun edukasi terhadap karyawannya, dimana nantinya mengandung aspek-aspek pembersihan secara harian yang perlu dilaksanakan secara konsisten dan diikuti oleh seluruh karyawan. Namun kebijakan saja tidak cukup apabila tidak dibarengi dengan ketersediaan peralatan cleaning yang memadai untuk menjamin implementasi kebijakan tersebut.

klikMRO menjawab kebutuhan pengadaan peralatan kebersihan untuk membantu pelaku usaha dalam menjaga kebersihan area kerja, terutama menuju optimalisasi operasional bisnis pasca pandemi. Temukan kemudahan berbelanja di klikMRO.com melalui sistem pengadaan digital dan manfaatkan potensi efisiensi dan transparansi pengadaan.