Tingkat Kejahatan Meningkat? Ini Pentingnya Penggunaan CCTV di Fasilitas Usaha

0
188

Tingkat Kejahatan Meningkat? Ini Pentingnya Penggunaan CCTV – Keamanan pada dasarnya merupakan kebutuhan dasar semua orang, baik di lapisan masyarakat maupun pebisnis. Keamanan yang baik memastikan keutuhan harta benda agar terlindungi secara komprehensif. Faktor lingkup keamanan umumnya berhubungan langsung dengan segi kenyamanan, dimana dengan variabel yang aman maka kegiatan dapat dengan nyaman dilakukan. Hal ini seperti properti komersial dan residensial yang dibangun untuk memberikan perlindungan memadai kepada penghuni dan perusahaan terhadap kondisi eksternal. Setelah faktor keamanan terpenuhi, maka ada faktor peningkatan kenyamanan, seperti integrasi fitur dan desain interior yang meliputi furnitur dan dekorasi untuk perumahan, serta peralatan kerja yang mumpuni untuk menjalankan operasional bisnis.

Keamanan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama di setiap bisnis. Fasilitas tempat kerja tidak hanya menampung karyawan, tetapi juga peralatan kerja maupun mesin penunjang operasional yang tidak murah. Semakin besar skala bisnis, maka semakin banyak pula faktor internal maupun eksternal yang dapat mengancam kelancaran operasional hingga kerugian finansial.

Beberapa properti komersial seperti gedung perkantoran, gudang, rumah sakit, hotel, sekolah, fasilitas manufaktur, site industri, maupun toko ritel memerlukan solusi keamanan yang terintegrasi. Mengapa keamanan yang terintegrasi? Integrasi merupakan penyatuan dari keseluruhan unsur-unsur yang berbeda menjadi kesatuan yang utuh, dan dalam hal ini berkaitan dengan pemantauan keamanan serta kebijakan terkait agar dapat secara penuh terpantau dan dijalani dengan baik.

Alat Teknik lengkap

Beberapa pelaku bisnis mengaplikasikan sumber daya manusia untuk berperan sebagai pihak security. Meskipun mereka memberikan elemen perlindungan secara langsung, namun kelemahan dari penerapan jasa security ini adalah biaya yang lebih mahal, sehingga tidak mencukupi untuk mengawasi seluruh fasilitas bangunan. Di sinilah peran kamera dalam sistem keamanan CCTV digunakan sebagai solusi pemantauan real-time dalam menjalankan operasional bisnis sehari-hari.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penerapan CCTV di Area Kerja

Titik Penempatan: Umumnya kamera CCTV di suatu fasilitas ditempatkan di tengah ruangan ataupun di sudut ruangan, bergantung dari jenis dan kemampuan putar kamera. Penempatan CCTV di tengah ruangan umumnya membutuhkan kemampuan putar yang dapat dikontrol secara langsung, ataupun menggunakan lensa wide agar mendapatkan gambar yang lebih luas. Begitu pula degan penempatan CCTV di ujung ruangan, namun umumnya tidak membutuhkan kemampuan putar apabila sudut pemantauan sudah optimal.

Jenis CCTV: Meskipun pada dasarnya semua CCTV bertujuan untuk memantau aktivitas di suatu ruangan, namun jenis CCTV yang digunakan dapat berdampak pada efektivitas pemantauan. Hal ini meliputi kualitas rekaman video, kapasitas recording, kemampuan putar, kemampuan zoom, hingga desain yang ringkas. Untuk meningkatkan kualitas pemantauan, kamera CCTV dengan kualitas zoom dapat digunakan untuk membantu deteksi wajah orang yang bersangkutan. Selain itu, desain CCTV yang ringkas dengan casing hitam membantu kerahasiaan aktivitas arah CCTV.

Integrasi Sistem CCTV: Integrasi merupakan salah satu hal terpenting dalam pemilihan unit CCTV. Pertanyaan umum seperti apakah kamera CCTV yang digunakan dapat ditampilkan pada satu atau beberapa layar monitor secara bersamaan? Pada dasarnya, sistem CCTV yang terintegrasi merupakan solusi praktis dalam pemantauan aktivitas di fasilitas kerja, yang dapat dilakukan secara efisien. Efisien dalam hal ini tercermin dalam penggunaan lebih sedikit SDM untuk melakukan pemantauan berdasarkan shifting, dibandingkan penempatan langsung personel security di setiap titik pemantauan. Untuk itu, pastikan unit CCTV yang digunakan dapat diintegrasikan hingga beberapa channel pada sistem pemantauan fasilitas.

Tingkat Kejahatan Meningkat? Ini Pentingnya Penggunaan CCTV di Fasilitas Usaha – Contoh ruangan kontrol pada sistem CCTV yang terintegrasi

 

Pro Kontra Mengenai Penempatan CCTV di Lingkup Kerja

Meningkatkan keamanan di tempat kerja melalui pemantauan CCTV memanglah penting dan bermanfaat bagi kelancaran operasional dan penjagaan aset usaha. Meskipun pada dasarnya pemasangan CCTV digunakan untuk melindungi aset dari potensi pencurian, perusakan, ataupun hal lainnya, namun sekarang ini CCTV juga banyak digunakan untuk memantau aktivitas karyawan. Dalam hal ini, pihak pemantau bekerja sama dengan pihak pemberi kerja dalam memonitor aktivitas dan produktivitas karyawan di suatu ruangan secara langsung, sehingga bagi beberapa karyawan hal ini dapat mengganggu.

Berikut ini adalah pro kontra dari penggunaan CCTV di fasilitas kerja:

Pro:
-Meningkatkan keamanan untuk bisnis dan karyawan

-Meningkatkan keamanan dengan penelusuran aktivitas kejahatan

-Dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan terkait kebutuhan pemantauan

-Dapat menyediakan data real-time

-Dapat mengurangi tingkat kejahatan secara internal maupun eksternal.

-Menawarkan fleksibilitas seperti pemantauan terus menerus 24/7

Kontra:

-Masalah privasi bagi sebagian orang

-Memerlukan banyak perangkat CCTV terutama untuk fasilitas yang lebih besar sehingga menimbulkan biaya yang lebih

-Adanya investasi pengeluaran rutin dalam sistem pengoperasian serta biaya tenaga kerja

-Jaringan harus mampu menangani bandwidth yang besar, sehingga gangguan pada jaringan dapat berdampak buruk pada efektivitas pemantauan

-Teknologi beresiko rentan terhadap ancaman peretas / hacker

-Potensi pelanggaran cybercriminal

-Upaya penghematan biaya kedepannya bergantung pada SDM dan teknologi

Kesimpulan Penggunaan CCTV di Lingkup Kerja

Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih unit CCTV untuk keamanan terbaik dan termudah di fasilitas bisnis. Untuk menjawab berbagai macam kebutuhan pemantauan, umumnya CCTV yang beredar sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur kustomisasi yang memudahkan pengoperasian baik secara wired (kabel) ataupun wireless (nirkabel). Selain itu bagi fasilitas bisnis yang lebih kecil, beberapa produk IP CCTV juga sudah dapat diintegrasikan dengan perangkat smartphone sehingga memudahkan pemantauan secara langsung.

Melihat kondisi sekarang di Indonesia, faktor keamanan sangatlah penting untuk menjaga keutuhan aset dan keamanan pengguna fasilitas. Tidak hanya fasilitas bisnis ataupun properti komersial saja yang membutuhkan keamanan pemantauan CCTV, tetapi juga tempat tinggal. Dengan meningkatnya tindak kejahatan sekarang ini, investasi CCTV merupakan opsi bijak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemantauan keamanan Anda.

klikMRO menyediakan berbagai peralatan CCTV untuk menunjang keamanan operasional bisnis Anda. Melalui fitur pengadaan digital yang terintegrasi, Anda dapat menemukan produk CCTV sesuai kebutuhan dan mendapatkan penawaran otomatis. Konsultasikan kebutuhan pengadaan Anda bersama kami disini.