Tidak Mau Pekerja Jatuh? 3 Hal Ini Sering Diabaikan dalam Penggunaan Body Harness

0
35

Tidak Mau Pekerja Jatuh? 3 Hal Ini Sering Diabaikan dalam Penggunaan Body Harness – Setiap pekerjaan di ketinggian tentunya membutuhkan dengan peralatan keselamatan khusus. Pekerjaan di ketinggian yang dimaksud adalah segala jenis pekerjaan yang memiliki resiko terjatuh dan dilakukan minimal 1.5 meter diatas permukaan keras terdekat. Untuk meningkatkan aspek keselamatan bagi pekerjaan di ketinggian, umumnya perusahaan ataupun pihak pemberi kerja menerapkan pelatihan serta penyiapan peralatan Personal Fall Arrest Systems (PFAS), meliputi anchor point (titik jangkar), body wear (peralatan yang dikenakan tubuh), serta connecting device (perangkat konektor).

Mengapa Body Harness Penting?

Secara teknikal, sistem body harness yang baik dapat mendistribusikan tekanan ke area tubuh yang lebih aman ketika ada peristiwa jatuh. Berdasarkan pedoman OSHA, peralatan PFAS harus memiliki kekuatan penangkapan maksimum pada pengguna hingga tekanan 800 kg ketika digunakan dengan body harness. Body harness yang baik kemudian akan menyerap tekanan melalui sistem tali dan gespernya, lalu mendistribusikan tekanan tersebut ke bagian tubuh pengguna yang paling cocok untuk menyerap kekuatan ataupun untuk menopang berat badan pengguna, yakni otot-otot besar di bagian paha, dada, bahu, serta tulang pinggul.

Alat Teknik lengkap

Selain mendistribusikan tekanan, desain full body harness berfungsi untuk menjaga pekerja agar berada dalam posisi tegak saat terjatuh. Hal ini memungkinkan perangkat deselerasi untuk digunakan dengan benar, sekaligus menjaga keutuhan tulang belakang pekerja agar tetap vertikal. Posisi tegak ini merupakan posisi yang optimal untuk menyelamatkan ataupun menurunkan pekerja yang terjatuh ke lokasi yang aman.

3 Hal Penting dalam Penggunaan Body Harness yang Sering Diabaikan

Pemasangan dan Penyesuaian Tali 

Langkah awal dalam pemasangan tali pada body harness dimulai dari penguncian D-ring pada bagian punggung, lalu biarkan harness menggantung. Apabila dilakukan sendiri, maka langkah awal ini akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi titik penempatan tali bahu, tali dada, dan tali kaki. Selanjutnya masukkan kaki ke tali pengikat kaki, dan letakkan tali di atas bahu Anda. Kemudian hubungkan tali di bagian dada. Sebelum melangkah lebih jauh, mintalah rekan kerja untuk memeriksa pemasangan body harness yang dikenakan agar tidak ada tali yang terlipat ataupun penguncian yang kurang kencang, khususnya pada bagian belakang tubuh.

Setelah pemasangan tali tersebut, maka Anda perlu menyesuaikannya. Dalam praktik di lapangan, masih banyak pekerja pekerja konstruksi dengan tali pengikat kaki menggantung di bawah paha, penguncian D-ring yang miring dan bisa ditarik ke samping, serta posisi gesper yang tidak tertekuk. Hal-hal seperti inilah yang menyebabkan bahaya dari resiko terjatuh tetap tinggi, karena pemasangan tali dan penyesuaian yang masih belum tepat.

Sebagai contoh bahaya, tali pengikat kaki yang kendur dapat mencuat ke atas saat jatuh sehingga menimbulkan tekanan berlebih khususnya pada bagian vital pengguna. Selain itu, tali dada yang longgar juga memungkinkan pengguna berada dalam posisi terbalik ketika terjatuh, yakni posisi kepala di bawah. Namun perlu diperhatikan juga agar penyesuaian tali tidak terlalu kencang pula karena dapat mengganggu sirkulasi darah. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian yang baik agar menghindari kelonggaran namun tetap menawarkan fleksibilitas gerakan pengguna.

Untuk mengukur apakah tali pengikat kaki sudah disetel dengan baik, lakukan cara praktis berikut: setelah disetel, posisikan jari Anda di sela-sela antara tali dan kaki. Apabila sekiranya ukuran jarak tersebut sudah sesuai dengan lebar jari, maka kemudian Anda dapat mengunci ujung tali di ring yang sudah disediakan.

Panjang Lanyard

Sebelum memilih lanyard, Anda perlu mengajukan satu pertanyaan sederhana: Seberapa tinggi posisi pekerjaan akan dilakukan diatas permukaan keras?

Panjang lanyard yang baik mengikuti perhitungan keseluruhan tali konektor yang digunakan. Umumnya kesalahan terjadi karena perhitungan panjang yang salah, sehingga jarak penyelamatan jatuh lebih tinggi dibandingkan jarak ke permukaan tanah, dan menyebabkan pekerja terhempas di permukaan. Oleh karena itu, perhatikan perhitungan berikut untuk menentukan ukuran panjang lanyard ataupun tali konektor lainnya agar sesuai:

Seorang pekerja bekerja di ketinggian 5 meter dari permukaan tanah, berikut perhitungannya:
-Tinggi rata-rata pekerja: misalnya 160cm
-Panjang lanyard: 4 feet = 120 cm = 1.2 meter
-Panjang shock absorbing lanyard: 1 meter
Maka jarak sisa atau Safety Factor: 5 – 1.6 – 1.2 – 1 = 1.2 meter
Artinya keseluruhan perangkat konektor menyisakan jarak  1.2 meter dari permukaan tanah apabila pekerja tersebut terjatuh.

Jika Anda telah memilih ukuran lanyard yang tepat, pastikan pula apakah sudah terpasang dengan benar. Untuk lanyard dengan perangkat deselerasi, pastikan terpasang ke cincin-D pada body harness yang dikenakan.

Titik Jangkar (Anchor Point)

Titik jangkar ini berperan sebagai titik tumpu penyelamatan pekerja apabila terjatuh. Penentuan anchro point merupakan indikator penting yang perlu dipertimbangkan sebelum proses pengenaan peralatan body harness dan lainnya.

Dalam penempatannya, beberapa fasilitas sudah memiliki lokasi anchor point agar memudahkan pekerja yang bekerja di ketinggian di sekitar area tersebut. Jadi, penguncian jangkar difokuskan ke satu area dan pekerjaan dapat dilakukan dengan penyesuaian tali konektor. Penempatan anchor point di ketinggian perlu mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya adalah jarak ketinggia, sudut lekukan material di sekitar, daya kekuatan perangkat anchor, dan lainnya.

Pada akhirnya, aspek paling utama untuk mendukung keselamatan pekerjaan di ketinggian bukan hanya melalui peralatan Personal Fall Arrest Systems (PFAS), tetapi juga membutuhkan keterlibatan, kemampuan teknis, dan pengetahuan yang mumpuni oleh pengguna.

klikMRO merupakan penyedia barang MRO berbasis e-Commerce untuk menunjang kemudahan pengadaan secara digital. Temukan beragam peralatan safety mulai dari body harness, lanyard, shock absorber, serta peralatan safety lainnya hanya melalui satu platform klikMRO.com