Thread Gauge Sebagai Solusi Pengukuran Ulir pada Komponen Produksi

0
64

Thread Gauge Sebagai Solusi Pengukuran Ulir pada Komponen Produksi – Dalam dunia pengukuran (measuring), terdapat banyak metode pengukuran serta peralatan ukur untuk masing-masing kebutuhan pengukuran. Tidak terkecuali pada pengukuran material berulir, dimana umumnya terdapat pada pemeriksaan peralatan yang berhubungan dengan sekrup dan mur (bolts & nuts).

Thread gauge adalah alat inspeksi yang diproduksi secara presisi dan memiliki tingkat toleransi yang sangat ketat untuk mengukur ulir pada material. Thread gauge juga dibagi dalam 2 jenis, yakni thread ring gauge dan thread plug gauge.

Dalam aplikasinya, kedua jenis thread gauge tersebut umumnya digunakan dalam proses produksi di mana bagian berulir eksternal (sekrup), dan  bagian berulir internal (mur) harus  diperiksa untuk mencapai standarisasi dan persetujuan produksi. Pemeriksaannya pun dilakukan dengan menggunakan alat thread ring gauge berdasarkan metode acceptance GO dan NO-GO (untuk memeriksa poros ulur eksternal pada material) serta thread plug gauge (untuk memeriksa lubang internal ulir). Peralatan thread gauges ini disebut sebagai alat inspeksi karena tidak memberikan nilai dari pengukuran, melainkan informasi kecocokan suatu ulir yang hendak diproduksikan.

Alat Teknik lengkap

Faktor-Faktor yang Diperhitungkan dalam Pengukuran Ulir

Metode pengukuran material berulir melibatkan beberapa faktor, yakni diameter utama ulir (major diameter), diameter kecil (minor diameter), pitch (dalam pengukuran metrik), ataupun thread per inch (TPI) dalam SAE thread. Berikut adalah penjelasannya:

Thread Gauge Sebagai Solusi Pengukuran Ulir pada Komponen Produksi – Petunjuk diameter ulir dalam pengukuran menggunakan alat thread gauge

Major Diameter: Major Diameter merupakan diameter terluar dari bagian berulir yang dapat diukur dengan kaliper ataupun micrometer. Dalam mengukurnya, pastikan pengukuran major diameter dilakukan dari beberapa posisi untuk memastikan ulir yang diukur sudah parallel atau tapered.

Pitch Diameter: Pitch Diameter merupakan diameter ulir yang terletak di antara minor dan major diameter dari suatu ulir. Pitch diameter akan bersinggungan dengan ulir eksternal dan internal sehingga menentukanh kecocokkan material ulir.  Cara pengukuran pitch diameter ini umumnya dengan menggunakan metode 3 wire, ataupun menggunakan alat bore gauge.

Minor Diameter: Minor Diameter merupakan diameter terdalam dalam menentukan pengukuran suatu thread. Namun hasil pengukuran minor diameter tidak secara langsung mempengaruhi penentuan thread apabila ukuran major dan pitch diameter sudah sesuai. Untuk memastikan diameter minor sudah sesuai standar, caranya adalah dengan menggunakan micrometer dengan pointed spindle agar mencapai kedalaman diameter minor dari bagian ulir yang diukur.

Pitch: Pitch merupakan jarak ujung ulir dari satu ulir ke ulir lainnya. Untuk mengukur panjang Pitch pada suatu ulir bisa dilakukan dengan alat thread pitch gauge. Bagian Pitch ini penting diperhatikan pada saat pemilihan ulir berdasarkan ukuran yang tertera.

Dalam proses pemilihan ulir, pelaku industri harus menentukan faktor-faktor yang telah disebutkan diatas untuk memenuhi standar danh ukuran yang tepat. Namun metode pengukuran diatas tidak cocok bagi semua perusahaan, khususnya perusahaan yang memproduksi peralatan ulur dalam jumlah tinggi. Hal ini dikarenakan pengukuran manual tersebut sangat memakan waktu dan riskan terhadap human error.

Cara Efektif Identifikasi Ulir agar Memenuhi Standar

Salah satu solusi terbaik dalam mengidentifikasi ulir apabila sudah memenuhi suatu standar tanpa harus menghabiskan banyak waktu adalah mengunakan alat thread gauge. Penggunaan thread gauge banyak digunakan di perusahaan manufaktur untuk memproduksi bagian ulir pada kompenen produksi. Pada aplikasinya, alat thread gauge disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar mengikuti toleransi sesuai standarisasi perusahaan. Pengukuran dengan alat thread plug gauge juga dapat memudahkan identifikasi dari suatu ulir yang sudah memenuhi standar dan tingkat toleransi yang diinginkan melalui identifikasi checking Go (yang berarti ukuran ulir sudah sesuai), dan No Go (ukuran ulir belum sesuai).

Salah satu peralatan thread plug gauge yang direkomendasikan adalah Niigata-Seiki Thread Plug Gauge, dimana selain fitur checking Go dan No Go, produk ini juga disertai fitur untuk mengecek upper dan lower limit dari pengukuran dimensional yang presisi terkait pengukuran sekrup. Selain itu, thread plug gauge dari Niigata-Seiki juga sudah dilengkapi standarisasi GPIP II.

Thread Gauge Sebagai Solusi Pengukuran Ulir pada Komponen Produksi – Thread Plug Gauge dari Niigata Seiki

Kualitas produk alat ukur dan tingkat presisi adalah kunci dalam melakukan kegiatan pengukuran, sehingga selalu pertimbangkan kebutuhan alat ukur sesuai kebutuhan Anda. klikMRO sebagai B2B E-commerce menyediakan fitur pengadaan digital untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengadaan di era pandemi ini. Temukan solusi pengadaan digital terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda disini