Terjadi Masalah Listrik Seperti Ini? Segera Hubungi Teknisi!

0
115

Kantor atau gedung biasanya akan ditinggalkan pada malam hari dan akan beroperasi kembali pada pagi harinya. Tentunya gedung tersebut perlu dipastikan aman agar tidak terjadi bencana / kecelakaan yang tidak diinginkan.

Masalah listrik menjadi salah satu masalah yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, urusan listrik ini sangat riskan dan dapat berakibat fatal apabila tidak diperhatikan dengan baik. Untuk itu, apabila ada masalah yang terjadi dengan kelistrikan di kantor maupun tempat tinggal Anda, jangan serta merta menangani sendiri atau meminta karyawan Anda untuk menanganinya. Anda memerlukan tim ahli / teknisi yang profesional di bidangnya. Seringkali karena masalah kelistrikan ini dianggap sepele, maka Anda kurang memperhatikannya. Akibatnya, sering terjadi kebakaran karena korsleting arus listrik.

Apa saja sih masalah listrik sepele yang sering dilupakan padahal memiliki potensi atau dampak yang cukup signifikan?

 

Masalah Listrik yang Sering Terjadi dan Butuh Penanganan Serius:

Sengatan Listrik

Ini masalah yang sering terjadi. Seringkali peralatan listrik, seperti colokan, atau alat-alat listrik lainnya di kantor menghasilkan sengatan listrik. Tentunya, Anda mungkin pernah mendapati masalah seperti ini bukan? Seperti tersentrum ketika menyentuh / mencolok sambungan listrik di kantor Anda.

Jangan anggap sepele masalah ini! Bisa jadi masalahnya sudah muncul dari sistem jaringan listrik di kantor Anda. Untuk itu, perlu diagnosa mendalam dengan melibatkan para ahlinya.

 

Circuit Breaker Bermasalah

Masalah berikutnya berkaitan dengan circuit breaker yang bermasalah. Terkadang switch dapat turun sendiri, sehingga perlu dinaikkan kembali. Apakah listrik sering mati karena circuit breaker tiba-tiba turun?

Jangan memilih untuk menaikkan kembali atau malah mengutak-atik tombol. Ini perlu penanganan para ahli. Sedikit tips, hindari penggunaan satu sakelar sebagai pusat dari semua aliran listrik di kantor Anda.

 

Bau Hangus

Ini masalah penting dan perlu diperhatikan segera. Apabila tercium bau hangus di kantor Anda, maka segera cari sumber bau tersebut. Apabila ternyata sumber bau dari aliran listrik, maka segera padamkan aliran listrik dan panggil teknisi gedung maupun luar untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan mengambil resiko dengan meminta bantuan pihak awam untuk mengutak-atik sendiri.

 

Lampu Meredup

Seringkali di gedung ada lebih dari satu lampu pada setiap stop kontak. Dengan kata lain, ketika menghidupkan kontak listrik, maka beberapa lampu pada jalur tersebut akan menyala berbarengan. Apabila terdapat salah satu lampu yang meredup, jangan dianggap sepele. Lampu yang redup biasanya dikaitkan dengan daya fungsi dari lampu tersebut yang sudah habis. Padahal, tidak semua masalah lampu meredup diakibatkan oleh daya fungsi lampu yang sudah habis loh.

Kadang masalah timbul dari kabel, bahkan sampai ke junction box lampu tersebut. Bila masalah ini terjadi, diperlukan diagnosa terhadap kerusakan yang mungkin terjadi.

 

Stop Kontak Putus

Masalah selanjutnya yang juga sering ditemukan adalah stop kontak tidak berfungsi lagi. Lagi-lagi masalah ini sering dianggap sepele sehingga dibiarkan saja.

Padahal, bisa jadi ada masalah dengan fungsi pengaliran listrik, atau masalah dengan kabel listrik. Oleh sebab itu, pastikan peralatan kabel dan kelistrikan masih berfungsi normal, dan apabila terdeteksi adanya kerusakan, segera ganti.

 

Stop Kontak Panas

Hal ini biasanya disebut dengan istilah hot fixtures, yang ditandai dengan adanya overheating pada stop kontak. Apabila hal ini terjadi di kantor Anda segera periksa kadar wattage lalu hubungi teknisi untuk menyelesaikan masalah ini.

 

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Pada saat cuaca buruk terutama badai petir, maka tegangan listrik di kantor Anda akan menjadi tidak stabil. Hal ini berbahaya, terutama bisa mengancam aset kantor Anda apabila tidak ditangani dengan baik. Langkah yang perlu diambil tentunya menggunakan jasa teknisi listrik untuk melakukan tes. Kemudian, gunakan alat-alat listrik berkualitas yang tidak mudah rusak, begitu juga perlengkapan pekerjaan listrik lainnya.

Semakin besar gedung atau tempat operasional bisnis Anda, maka biasanya akan semakin banyak pula tegangan arus listrik yang digunakan. Ada beberapa tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko korsleting. Salah satunya adalah konsisten mematikan arus listrik yang tidak diperlukan pada malam hari. Apabila arus listrik tetap diperlukan untuk proses produksi, maka ada baiknya Anda memastikan bahwa peralatan listrik dan instalasinya sudah sempurna. Seperti menggunakan Log Out Tag Out ataupun safety switch. 

Masalah-masalah diatas semoga dapat memberikan gambaran terhadap gejala kelistrikan agar Anda dapat lebih prepared dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

LOTO (Lock Out Tag Out) untuk Mengurangi Kecelakaan Industri

 

Referensi:

beres.id