Tergiur Usaha Bengkel Motor? Siapkan Peralatan-Peralatan Wajib Ini untuk Memulainya!

0
4090
image source: otomania.com

Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dijadikan peluang besar para pelaku bisnis untuk membuka bengkel motor yang menyediakan jasa servis, spare parts, atau pun parts racing. Bagi Anda yang ingin memulai usaha bengkel sepeda motor, kunci utamanya adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar usaha bengkel siap dan dapat berjalan dengan baik. Persiapan berupa kestrategisan lokasi, market pengguna sepeda motor, internal manajemen, dan kualitas teknisi pun perlu direncanakan matang-matang.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah kelengkapan peralatan dan perlengkapan bengkel itu sendiri. Jika peralatan bengkel motor Anda minim atau kurang lengkap, maka kegiatan usaha dapat terganggu dan tentunya akan membuat konsumen kecewa karena pelayanan yang kurang memuaskan dalam menyelesaikan pengerjaan pada motornya. Dengan peralatan yang lengkap, pembongkaran dan pengerjaan pun menjadi lebih mudah sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

Peralatan bengkel dibagi menjadi dua jenis, yakni peralatan tangan (handtools) dan peralatan mesin (powertools). Berikut adalah jenis-jenis nya:

Peralatan Tangan (Handtools)

  • Kunci “T”

Kunci T atau dikenal juga dengan T socket, merupakan perkakas yang memudahkan dalam membongkar baut. Nah namun banyak kesalahan persepsi terkait jenis kunci T. Kunci T untuk keperluan teknis pada mobil berbeda dengan yang digunakan untuk sepeda motor. Kunci T untuk mobil, penampang atau joinnya dapat diputar dan ujungnya bisa disambung agar lebih panjang. Sehingga memudahkan untuk menjangkau area yang sempit.

  • Kunci Ring

Kunci ring berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut atau mur yang mempunyai momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat bekerja pada ruang yang terbatas.

  • Kunci Pas

Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua kunci yang ukuran masing-masing berbeda. Misalnya; ukuran 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya. Ukuran kunci menunjukkan lebar dari mulut kunci yang yang berati juga menunjukkan lebar kepala baut atau mur.

  • Kunci Pas Ring

 

Kunci pas ring / kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas dan kunci ring. Bentuk menyerupai kunci pas di satu sisi, dan di satu sisi berbentuk seperti kunci ring untuk pekerjaan baut dan mur yang lebih kencang.

  • Kunci Bintang

Kunci bintang / Hex & Tors Key biasanya digunakan untuk membuka baut pada cakram motor yang terpasang di bagian tabung shock depan. Jenis kunci bintang ini lebih baik dibeli per paket atau set karena ukuran yang lebih lengkap dan harga set yang lebih murah dari harga satuan.

  • Kunci Sok

Kunci sok / socket set adalah sebuah tool yang memiliki mata kunci berbentuk tabung dan menyelimuti kepala mur atau baut. Kunci sok memiliki keunggulan lebih menggigit saat di gunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur dan baut. Hal ini disebabkan mata kunci langsung menutupi kepala mur dan baut sehingga tidak mudah lepas. Mata kunci sok umumnya punya aneka ukuran yang disesuaikan diameter kepala mur.

  • Kunci “L”

Untuk pembelian kunci L ini sebaiknya jangan membeli eceran, tapi membeli satu set atau satu paket, jadi lebih lengkap dan lebih murah.

  • Kunci Inggris

Kunci Inggris digunakan untuk membuka/ mengencangkan kepala baut/mur yang ukurannya dapat diubah sesuai dengan limit maksimumnya. Cara penggunaannya dengan cara memutarkan penyetel rahang, sementara mulut kunci ditempatkan pada kepla baut/mur, dan mulut kunci disetel sesuai ukuran baut/mur.

  • Kunci Busi

Kunci busi digunakan untuk melepas dan memasang busi yang biasanya busi dipasang pada posisi sulit dijangkau oleh kunci pas atau kunci ring. Kunci busi dirancang untuk mendapatkan perlakuan momen pengencangannya tidak terlalu kuat, maka kunci busi didesain dengan tangkai yang pendek. Anda juga bisa membeli perlengkapan kunci busi untuk 2 jenis motor yaitu untuk motor bebek 4 tak, motor sport 4 tak, dan motor 2 tak.

  • Obeng

Obeng digunakan untuk melepas/memasang sekrup dari komponen-komponen kendaraan bermotor seperti pada; lampu kepala, pelindung radiator, dan untuk melepas pengikat seperti sekrup-sekrup kotak yang mempunyai momen pengencangan relatif rendah. Umumnya obeng yang digunakan pada bengkel ada 2 macam jenis yaitu obeng plus (+) dan obeng min (-) , usahakan kedua obeng tersebut ada dan sesuaikan dengan keperluan.

  • Obeng Ketok

Obeng ketok / impact screwdriver berfungsi untuk mengeraskan/mengendorkan baut kepala yang beralur atau sekrup yang momen pengencangannya relatif lebih tinggi. Obeng ini terdiri dari tangkai dan bilah yang dapat dilepas.. Anda juga bisa mencari obeng ketok yang dilengkapi dengan mata obeng ketoknya.

  • Tang
via adisablog

Tang digunakan untuk memotong, membengkokkan, memegang dan sebagainya. Anda bisa membeli beberapa macam jenis tang seperti gambar di bawah ini:

Tang Kombinasi: Digunakan untuk berbagai pekerjaan ringan menggunakan tangan.

Tang Potong: Tang ini mempunyai dua sisi dan rahang yang keras, digunakan untuk memotong kawat baja.

Tang Lancip: Digunakan untuk memegang benda yang kecil dengan rahang segi empat yang tirus pada bagian ujung.

Tang Kakaktus: Digunakan untuk memotong kawat dengan rahang membuka paralel 90 derajat.

Tang Buaya: Rahangnya yang bergerigi digunakan untuk mengunci dan melepas baut. Jika ukuran bautnya besar, tang dapat diatur sesuai dengan ukuran baut.

Tang Rivet: Tang ini dibagi menjadi dua tipe yaitu biasa dan fleksibel, keduanya memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk memasang paku keeling. Untuk yang fleksibel dapat dipakai untuk bidang lurus maupun sudut.

  • Palu

Untuk palu ini juga sangat penting untuk mendukung peralatan bengkel, untuk palunya sendiri ada 2 jenis yaitu palu besi (untuk permukaan yang membutuhkan tekanan keras) dan juga palu karet (untuk permukaan yang mudah hancur). Usahakan kedua palu tersedia di bengkel Anda.

  • Pahat

Pahat/ chisel digunakan untuk memotong, mebuat alur, meratakan bidang, dan membentuk sudut pada benda kerja. Macam-macam pahat:

  • Pahat pelat, untuk meratakan bidang dan memotong pelat logam.
  • Pahat alur, untuk alur dan sponeng.
  • Pahat setengah bulat, untuk membuat alur setengah bulat.

 

  • Gergaji

Gergaji adalah perkakas berupa besi tipis bergigi tajam yang digunakan untuk memotong atau membelah benda. Biasanya digunakan untuk memotong bahan pada ukuran tertentu dan juga memotong bagian-bagian benda kerja yang merupakan kelebihan dari benda kerja yang ditanda.

  • Kikir

Kikir / files terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa dan disesuaikan dengan ukuran panjang, bentuk, jenis, dan gigi pemotongnya. Untuk kikir sendiri ada 2 jenis yaitu kikir plat dan kikir bulat.

  • Sney & Tap (Dies & Tap)

Sney (berbentuk bulat) digunakan untuk memutar pada bagian luar atau batang baut dengan tangan. Alat bantu untuk memutarkan snei adalah rumah senei atau tangkai senei. Tap (berbentuk batang) adalah alat untuk membuat ulir dalam dengan tangan. Peralatan dies & tap ini juga dapat digunakan untuk mengubah drat yang rusak atau sudah dol.

  • Ragum

Ragum adalah digunakan untuk menjepit benda kerja, seperti mengikir, memahat, memotong dan sebagainya. Ragum umumnya terbuat dari besi tuang atau tempa yang dipasang pada bangku kerja dengan kuat.

  • Kunci Y

Kunci Y digunakan untuk mengendurkan atau mengencangkan baut. Berdasarkan ukurannya, ada berbagai macam kunci Y,  karena itu sebelum membeli atau menggunakan sangat penting untuk memilih jenis kunci Y yang paling tepat dan sesuai dengan benda kerja.

  • Treker Magnet


Treker Magnet / magnetic tracker merupakan tool yang biasa digunakan untuk melepas / membongkar magnet pada sepeda motor. Terdapat macam – macam bentuk dan konstruksi treker magnet, karena walaupun secara fungsi sama tapi akan sangat berbeda apabila dikaitkan dengan type atau jenis sepeda motornya.  Karena perbedaan konstruksi mesin masing – masing sepeda motor.

Peralatan Mesin (Powertools)

  • Kompresor
Shark Compressor via KlikMRO

Kompresor angin adalah mesin atau alat yang menciptakan dan mengaliri udara bertekanan. Kompresor udara biasa digunakan untuk pengisian angin ban dan membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor. Untuk kebutuhan konsumen, Anda perlu memiliki mesin kompresor yang sudah dilengkapi dengan alat penyemprotan angin dan alat untuk pengisian angin ban.

Perhatikan Ini Dalam Perawatan dan Penggunaan Kompresor!

  • Multimeter

Multimeter berfungsi untuk membantu kita dalam melakukan pengecekan kabel, mengetahui pengapian yang lemah dan juga mengetahui tendangan kompresor mesin motor intinya kelistrikan pada motor.

  • Solder Listrik

Solder listrik merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika. Peralatan ini berfungsi untuk menyambung kabel dan perangkat elektronik motor lainya dalam keperluan bengkel.

  • Feeler

Feeler digunakan untuk mengukur kerenggangan tiang payung klep dengan piano klep (rocker arm).

  • Bor

Peralatan ini juga berguna untuk mengebor bagian motor yang memang harus dimodifikasi, umumnya bor dalam pekerjaan bengkel digunakan untuk meninggikan motor, membuat lubang pada motor dan lain sebagainya.

  • Las Listrik

Peralatan yang satu ini digunakan untuk melakukan penyambungan pada besi, atau kerangka motor, sebaiknya membeli perangkat ini disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu mesin las yang paling populer digunakaan di bengkel adalah Tig Welding dimana proses penyambungan harus terlihat rapi dan bagus.

Jadi, untuk kelengkapan peralatan sebaiknya dilengkapi dan dipersiapkan terlebih dahulu sebelum bengkel resmi beroperasi. Peralatan dan perlengkapan pun dapat ditambahkan sesuai dengan perkembangan usaha bengkel Anda. Jangan lupa untuk memprioritaskan layanan yang baik agar konsumen puas dan menjadi pelanggan tetap.

Persiapan dan Cara Welding yang Baik dan Benar

Referensi:

Modifikasi.co.id

Wijayaelektrik.com

Id.wikipedia.org

Otomotif.net

Tokootomotif.com

Alatbengkel.net

Indotara.co.id