Surge Protector Melindungi Perangkat Listrik Anda, Ini Tips dalam Memilihnya

0
2087

Tips Memilih Surge Protector – Dalam perkembangan suatu bisnis, investasi merupakan hal yang wajar dilakukan sesuai dengan peningkatan kebutuhan operasional bisnis. Seperti contoh salah satu cara yang dilakukan perusahaan retail dalam mengembangkan bisnisnya yakni membuka toko baru / cabang baru. Selain itu, perusahaan manufaktur ataupun perusahaan yang bergerak di bidang properti juga dapat mengembangkan lingkup usaha dengan membeli / mengakuisisi aset lainnya. Oleh karena itu, seiring meningkatnya fasilitas maka perusahaan juga perlu mempersiapkan alat-alat pengamanan listrik. Salah satu yang akan dibahas pada artikel ini adalah perangkat pelindung lonjakan arus, atau dikenal sebagai Surge Protection Device.

Seiring dengan kemajuan teknologi, peralatan elektronik semakin sensitif terhadap fluktuasi arus listrik dalam memberikan daya. Mikroprosesor dan komponen rapuh lainnya pada komputer dan peralatan elektronik lainnya dapat terpengaruh akibat daya lonjakan arus listrik, yang pada akhirnya dapat menyebabkan biaya perbaikan bahkan penggantian komponen.

Sebelum membahas secara detail, perlu diketahui bahwa Surge Protection Device mencakup beberapa device dan meliputi spesifikasi yang berbeda-beda pula. Dalam artikel ini, klikMRO akan membantu Anda dalam memahami lebih lanjut mengenai perangkat Surge Protection Device yang cocok untuk diaplikasikan ke bisnis Anda.

Alat Teknik lengkap

Mengenal perangkat pelindung lonjakan arus (Surge Protection Device)
Perlu diketahui bahwa lonjakan listrik pada power outlet yang menjadi sumber energi pada perangkat / mesin, dapat terjadi sepanjang waktu dan disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari sambaran petir, circuit breaker yang terputus, siklus on / off peralatan besar, hingga pemadaman listrik di suatu area. Hal ini dapat menyebabkan kerugian materil dan non materil, dan dapat menyebabkan biaya downtime yang cukup besar bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang industri maupun manufaktur.

Surge Protection Device dirancang untuk menangani ketidakteraturan arus listrik yang disebabkan oleh beberapa faktor diatas, dan bertujuan untuk menjaga aliran daya yang stabil ke perangkat / mesin. Surge Protection Device tentunya berbeda dengan Circuit Breaker, dimana SPD bertujuan untuk menjaga lonjakan arus, sedangkan Circuit Breaker bertujuan untuk memutuskan arus listrik apabila terjadi lonjakan daya yang tidak normal.

Jenis-Jenis Perangkat Surge Protector
1. Surge Protector Strips merupakan alat yang dicolokkan ke stop kontak dan memungkinkan Anda untuk melindungi beberapa perangkat sekaligus

2. Pelindung Lonjakan Titik Energi (Point-of-Energy Surge Protectors) dirancang untuk melindungi seluruh fasilitas Anda dari lonjakan arus eksternal

3. UPS (Uninterruptible Power Supplies) bertujuan untuk menyediakan cadangan daya yang dibutuhkan agar arus tetap stabil, khususnya ketika terjadi lonjakan arus turun ataupun arus terputus. UPS akan bekerja dengan menggunakan cadangan daya yang stabil agar perangkat / mesin dapat berjalan dengan mulus.

4. Wall-Mount Surge Protectors merupakan versi portabel dari Surge Protector Strips, dimana perangkat ini tidak menggunakan kabel dan dapat dicolokkan langsung ke stop kontak pada dinding. Perangkat ini ideal untuk ruangan yang tidak dapat mengakomodasi soket ekstensi.

Memahami Rating dari Spesifikasi Perangkat Pelindung Lonjakan Arus

Joule
Peringkat joule memberi tahu Anda berapa banyak energi yang dapat diambil unit sebelum terjadi fail. Joule ini merupakan faktor terpenting dalam memilih perangkat pelindung lonjakan arus. Dengan semakin tinggi angkanya, maka semakin baik perlindungan yang didapatkan. Untuk barang elektronik kecil seperti jam, lampu, atau apa pun yang bertengangan hingga 1.000 joule bisa digunakan dengan spesifikasi 1.000 joule. Perkakas listrik seperti power tools, router, dan printer membutuhkan rating joule antara antara 1.000 dan 2.000. Sedangkan komputer, TV, AC, dan peralatan listrik yang lebih berat akan membutuhkan peringkat 2.000 joule atau lebih.

Clamping Voltage / Tegangan Penjepit
Tegangan penjepit adalah alat pelindung yang bertujuan untuk menekan arus untuk melindungi peralatan listrik Anda. Tidak seperti joule, clamping voltage menunjukkan rating yang cenderung rendah.

Response Time
Lonjakan terjadi secara instan, bahkan dengan waktu yang sangat cepat hingga beberapa nanodetik saja. Waktu respons ini memberi tahu Anda berapa nanodetik yang diperlukan perangkat pelindung arus untuk bereaksi. Untuk itu, perangkat pelindung arus yang baik menawarkan response time dibawah satu nanodetik saja.

Fitur Lain yang Menjadi Pertimbangan dalam Memilih Perangkat Pelindung Lonjakan Arus

Energy saving: beberapa perangkat pelindung memungkinkan Anda untuk menghemat energi dengan menonaktifkan semua perangkat yang sedang terhubung ke keadaan siaga.

Indicator Lights: Lampu indikator pada perangkat pelindung lonjakan arus dapat memberi Anda informasi tentang dua hal, yakni informasi pada saat lonjakan listrik benar-benar terjadi, dan status MOV pelindung lonjakan arus Anda. Penting bagi Anda untuk mengawasi kondisi MOV, karena setelah beberapa lonjakan terjadi, maka dapat menjadi kurang efektif. Dengan lampu indikator ini, maka Anda mendapatkan informasi mudah sesuai kondisi penekan arus listrik yang terjadi.

UL Listings: UL Listing ini adalah cara terbaik untuk mengetahui bahwa produk yang Anda beli sudah aman dan memenuhi standar, khususnya pada perangkat pelindung lonjakan arus. Umumnya perangkat pelindung lonjakan arus yang digunakan terdaftar dan sesuai dengan UL 1449, standar Underwriters Laboratories untuk perangkat Surge Suppressor

GFCI Protection: Perlindungan GFCI akan secara otomatis mendeteksi korsleting dan mematikan daya, yang dapat menyelamatkan fasilitas Anda dari kebakaran listrik.

Remote Control Surge Protector: perangkat pelindung lonjakan arus yang berada di area yang sulit dijangkau, dapat menjadi masalah tersendiri bagi pelaku industri. Untuk mengatasi hal ini, beberapa pabrikan menyediakan perangkat pelindung lonjakan arus yang dapat dikontrol melalui remote control, yang dapat ditempel / dipasang di dinding untuk pengoperasian yang lebih mudah.

Timer: Beberapa pelindung dilengkapi dengan pengatur waktu atau alat pengukur waktu yang dapat Anda program untuk dinyalakan dan dimatikan pada waktu-waktu tertentu, baik siang ataupun malam, maupun ketika sedang dilakukan maintenance.

Setelah Anda mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai perangkat ini, maka tahap selanjutnya adalah menyesuaikan kebutuhan titik energi untuk kemudian disesuaikan dengan spesifikasi dan rating. Kami merekomendasikan produk MERSEN Surge-Trap® Pluggable. Produk ini dilengkapi dengan teknologi TPMOV® yang dipatenkan oleh brand Mersen. Perangkat ini juga telah memenuhi standar UL 1449 Edisi Ketiga, serta dilengkapi dengan DIN-rail mountable yang dilengkapi fitur pengaman tambahan, indikator visual, dan footprint. Anda dapat menentukan perangkat pelindung lonjakan arus ini sesuai dengan rating yang dibutuhkan.

Surge-Trap® Pluggable dari brand MERSEN di klikMRO.com

 

klikMRO menyediakan berbagai perangkat keselamatan listrik untuk menunjuang keamanan dan produktivitas industri Anda. Temukan solusi bagi bisnis Anda dan konsultasikan secara gratis bersama kami disini.