Sudah Tahukah Anda? Inilah Jenis Mesin Bor dan Jenis Mata Bor

0
166

Sebelum Anda membeli bor sebaiknya Anda mengetahui jenis bor dan mata bor. Mengapa, karena ini sangat wajib bagi Anda agar tidak menyesal dikemudian hari. Telah banyak kita ketahui bahwa bor dan mata bor memiliki jenis dan fungsi yang beragam. Kerugian materi dapat terjadi apabila ada kesalahan dalam memilih bor maupun mata bor yang tidak sesuai dengan keperluan operasional Anda. Tentunya Anda tidak mau ini terjadi kan?

Nah, berikut ini adalah jenis mesin bor dan jenis mata bor:

  1. Mesin Bor Meja

    Milling Drilling Tapping Machine by Krisbow

Mungkin istilah mesin bor meja atau mesin bor duduk sudah tidak asing lagi didengar. Mesin bor meja merupakan mesin bor yang memiliki dudukan seperti meja sebagai penahan objek yang dibor. Mesin bor ini digunakan untuk melubangi objek dengan diameter kecil / terbatas dengan ukuran diameter rata-rata 16mm.

Cara kerja mesin bor meja adalah dengan menggunakan putaran motor listrik yang di teruskan ke poros mesin sehingga poros mesin berputar. Pemegang mata bor  dapat diposisikan naik turun dengan bantuan roda gigi rack dan roda gigi lurus.

  1. Mesin Bor Radial

    Radial Drilling Machine by Krisbow via KlikMRO.com

Mesin bor radial digunakan untuk pengeboran benda-benda kerja yang berukuran besar dan berat. Mesin ini diletakkan di lantai, sedangkan meja mesin sudah terpasang secara permanen pada landasan mesin. Pada mesin yang satu ini benda kerjanya tidak bergerak. Untuk mencapai proses pengeboran terhadap benda kerja, poros utama digeser ke kanan dan ke kiri serta dapat digerakkan naik turun melalui perputaran batang berulir.

  1. Mesin Bor Koordinat

Mesin bor yang satu ini tidak jauh beda dengan mesin bor yang lainnya. Bedanya hanya pada letak pengaturan posisi pengeborannya saja. Mesin ini juga sangat berguna untuk membesarkan lubang pengeboran yang dibuat. Jarak titik pusat dan diameter lubang memiliki ukuran berbeda dan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan ukuran dan ketelitian tersebut Anda sebaiknya menggunakan meja yang dikombinasikan dengan bantuan sistem optik agar Anda dapat mengaturnya perihal arah memanjang atau arah melintang. Ketelitian dan ketepatan ukuran dengan sistem optik ini dapat diatur hingga mencapai akurasi di angka 0,001mm.

  1. Mesin Bor Tegak (Vertical Drilling Machine) 

Mesin bor tegak untuk mengebor dengan ukuran yang lebih besar lagi. Dimana proses pengeborannya dapat secara atomatis berputar naik dan turun. Pada proses pengeboran, poros utamanya digerakkan naik turun sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, dudukan juga dapat diputar 3600mm. Dudukan ini diikat bersamaan dengan sumbu berulir pada batang mesin, sehingga dapat digerakkan naik turun dengan menggerakkan engkol.

 

Jenis-Jenis Mata Bor

  1. Gergaji Lubang ( Hole Saw Bits )

Mungkin Anda kenal dengan sebutan gergaji lubang karena bentuk mata bornya yang seperti gergaji, yang mana memiliki diameter 25-60 mm dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Foster Bit 

Mata bor jenis Foster Bit berfungsi untuk membuat lubang engsel sendok. Ada baiknya apabila Anda mengoperasikan dengan mesin bor duduk agar lebih stabil. Karena, apabila Anda menggunakan mesin bor tangan akan lebih sulit untuk mengendalikan kestabilan posisi mata bor sehingga lubang yang dihasilkan kurang berkualitas. Foster Bit memiliki diameter yang tersedia mengikuti standar diameter engsel sendok, mulai dari 15- 35mm.

  1. Masonry Bits 

    Masonry Drill Bits via KlikMRO.com

Tipe masonry bits ini dirancang untuk membuat lubang pada tembok, beton, dan juga batu. Digunakan dengan mesin bor pada setelan martil (gerakan bor bergetar seperti ketukan martil) dan pada ujung mata bor terdapat logam keras yang berfungsi sebagai pemotong. Biasanya tersedia dalam ukuran 4-15mm dan yang mana mata bor lebih panjang dari pada twist bits memiliki ukuran (300 – 400mm).

  1. Spur Bits 

Spur bits sering juga disebut sebagai mata bor kayu dengan ujung mata bor yang runcing pada bagian tengahnya. Spur bits juga memiliki pisau pengiris pada bagian kelilingnya. Fungsi dari ujung runcing di tengah ini adalah untuk menjaga agar mata bor tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi dan dengan ukuran yang sama. Ukuran ini tersedia sekitar 6-15mm.

  1. Twist Bits 

Jenis mata bor yang satu ini memiliki banyak fungsi, yakni bisa digunakan dengan bor tangan dan bor duduk baik secara horizontal maupun vertikal. Mata bor twist bits bisa digunakan untuk melubangi kayu, plastik, maupun logam. Salah satu ukuran twist bits yakni 4-12mm.

 

Sebelum Anda melubangi kayu atau logam sebaiknya Anda melubanginya terlebih dahulu dengan paku agar dapat mengarahkan mata bor supaya dapat menghasilkan lubang yang Anda inginkan. Demikian penjelasan tentang jenis mesin bor dan jenis mata bor, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Tips Merawat Mata Bor End Mill

Jenis-Jenis Mesin Gerinda beserta Fungsinya