Sudah Tahukah Anda 10 Hal Tentang Teknologi dan Engineering Berikut Ini?

0
194

Sadarkah Anda bahwa objek di sekeliling kita adalah hasil ciptaan engineers? Mulai dari desain sepatu, transportasi, hingga penjelajahan luar angkasa merupakan bagian dari inovasi-inovasi yang terus berkembang setiap harinya. Teknologi dan engineering pun menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, yuk simak 10 fakta menarik tentang perkembangan teknologi dan engineering di seluruh dunia berikut ini:

  1. Kata “engineer” diambil dari Bahasa latin “ingenium” yang berarti “penemuan pintar”

 

  1. Kereta penumpang tercepat saat ini adalah Maglev Shanghai dengan kecepatan maksimum operasional mencapai 427 km/h. Namun Jepang sedang mengembangkan kereta Maglev yang dapat menembus kecepatan operasional 600km/h.
Japan Maglev – via slashgear

 

  1. Turbin tenaga angin terbesar berlokasi di Denmark. Dengan ketinggian 219 meter, turbin ini memiliki baling-baling sepanjang 79 meter per baling-baling. Turbin ini dapat menghasilkan 8 megawat tenaga listrik yang dapat menghidupi listrik di 3000 rumah.
Largest wind turbine – via JBS News renewable energy

 

  1. Papan snowboard pertama kali diciptakan oleh seorang engineer bernama Serman Poppen. Beliau menciptakan mainan untuk anak perempuannya dengan mengikat dua papan bersamaan dan memasangkan tali di ujungnya. Penemuan ini yang disebut “snurfer” kemudian berevolusi menjadi snowboard. Dengan beberapa bentuk twist dan lekukan di sepanjang papan, snowboard telah menjadi keajaiban geometris, kimia, dan biomekanis dalam dunia engineering.
Papan Crossboard – via Gizmodo Australia

 

  1. Menurut hukum Moore, micro-chip akan semakin canggih dengan  menggandakan kuota penyimpanan datanya setiap 18 hingga 24 bulan sekali. Konsep ini pertama kali dikemukakan oleh pendiri Intel, Gordon E. Moore di tahun 1965.
Gordon E. Moore – via ExtremeTech

 

  1. Big Brutus merupakan electric shovel terbesar di dunia. Electric shovel ini pertama dibuat pada tahun 1963, membutuhkan lebih dari 150 gerbong kereta penuh dengan parts dan material dengan kurun waktu pembuatan lebih dari setahun. Big Brutus memiliki tinggi 49 meter dan beroperasi dengan tenaga 15.000 tenaga kuda. Electric shovel ini diberhentikan operasinya pada tahun 1974 dikarenakan ongkos operasional dua kali lipat lebih mahal daripada harga batubara yang dapat digali Big Brutus.
Big Brutus – via TripAdvisor

 

  1. Mobil bertenaga listrik sudah banyak diciptakan oleh para engineer di seluruh dunia. Sama halnya seperti produsen mobil elektrik Rimac Automobil yang menciptakan mobil supercar bertenaga listrik. Namun, perbedaan dengan mobil listrik lainnya dapat dilihat dari spesifikasi, performa, top speed, dan akselerasi mobil Rimac Concept One yang mencengangkan. Dengan tenaga 1200hp dan torsi 1600nm, akselerasi 0-100km/jam pun dicapai hanya dalam 2,5 detik dan dapat menyentuh kecepatan 355 km/jam.
Rimac Concept One – via HiConsumption
Rimac outruns Bugatti – via CroatiaWeek

 

  1. Boston Dynamics telah menciptakan robot yang dapat membuka pintu sendiri dan dapat berlari hingga 45km/jam. Penggunaan robotic equipment sudah mulai populer di industri 4.0 ini, dimulai dari robot Asimo Honda sebagai icon pabrikan Honda, dan kini Boston Robotics yang menawarkan robot portable dan dapat digunakan oleh perorangan / individual.
Cheetah Robot – via Engadget
SpotMini Robodog – via TimeMagazine

 



 

 

 

  1. Atari Portfolio pertama kali dirilis pada tahun 1989, merupakan komputer palmtop pertama di dunia yang kini dikenal sebagai laptop. Dua tahun setelah dirilis, alat tersebut ditunjukkan di film Terminator 2, dimana alat tersebut digunakan oleh John Connor untuk hack ATM dan mendapatkan kunci brangkas di Cyberdyne Lab.
Atari Portfolio – via AtariAge
Used in Terminator 2 – via Cyberpunk

 

  1. Perusahaan raksasa Google telah menjadi netral karbon (tanpa emisi) sejak tahun 2007. Pada tahun 2017 Google menggunakan 100% renewable energy untuk kebutuhan operasinya, termasuk pusat data dan kantor Google. Google telah menandatangani 20 perjanjian renewable energy senilai 2,6 gigawatt (GW), dengan performa pembangkit energi yang dapat diperbaharui setara dengan menghilangkan emisi yang dihasilkan oleh 1,2 juta unit mobil.
Google Solar Farm – via Inhabitat

 

3 Hal Ini Wajib Diketahui Oleh Lulusan Teknik Industri

Proses Pembelian Barang MRO pada Dunia Industri

 

 

Referensi:

Wikipedia.com

Railway-technology.com

Thinkprogress.org

Computerhistory.org

Engineergirl.org

Bnl.gov

Environment.google