Strategi Jitu untuk Memaksimalkan Produktivitas Pekerja di Lingkup Industri

0
131

Strategi Jitu untuk Memaksimalkan Produktivitas Pekerja di Lingkup Industri – Apakah Anda pernah mendengar istilah “waktu adalah uang“? Frasa tersebut cukup sering dipakai khususnya dalam dunia bisnis dan perdagangan. Dari frasa tersebut, waktu yang hilang umumnya disebabkan karena berkurangnya produktivitas aset dalam melakukan tugasnya di lokasi kerja, untuk kemudian diterjemahkan ke dalam biaya kerugian aktual pada bisnis. Faktanya, tidak sedikit dari pelaku bisnis yang memutuskan untuk memangkas biaya operasional bisnis demi menjaga kelangsungan usaha di era pandemi ini. Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya perusahaan. Sebelum menentukan strategi yang tepat, perusahaan perlu mengidentifikasi pemborosan waktu terbesar dan mengambil langkah untuk memperbaikinya.

Pada artikel ini, klikMRO akan membahas mengenai 3 hal yang dapat meningkatkan produktivitas kerja di area site:

Mengutamakan Keamanan dan Kebersihan Lokasi Kerja

Alat Teknik lengkap

Tempat kerja yang tidak dijaga kebersihan dan kerapihan penataannya dapat meningkatkan resiko kecelakaan kerja. Selain itu, area kerja yang kotor dan berantakan juga dapat menghambat mobilitas pekerja, sehingga menghambat berjalannya operasional. Untuk itu, proses pembersihan area site dengan peralatan kebersihan yang sesuai sangat dibutuhkan, khususnya sebagai syarat netralisir area kerja sebelum pekerjaan dimulai.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga area site tetap aman dan bersih:

-Waspadai peraturan pembuangan limbah di area tersebut, dan pastikan untuk menampung limbah di area pusat dan buanglah ke tempat yang telah dipersiapkan secara teratur.
-Jaga agar permukaan jalan tetap kering dan bersih, khususnya dari tumpahan minyak, oli, dan lainnya
-Perhatikan akses tangga, lorong, dan area sempit lainnya agar bersih dan bebas dari obyek penghalang
-Meminimalisir eksposur benda-benda tajam yang berpotensi membahayakan. Masukkan, tekuk, atau singkirkan paku yang menonjol, khususnya pada kayu bekas. Tutup atau tekuk semua ujung tulangan baja yang masih terbuka.

Selalu Menyiapkan Perencanaan yang Komprehensif
Menurut salah satu sumber yang bercontoh kepada seorang kru kontraktor, pada hari kerja umumya kru menghabiskan 65 persen waktunya untuk melakukan pekerjaan pemasangan, dan 35 persen waktu lainnya dihabiskan untuk tugas-tugas seperti melakukan perjalanan, melintasi area, membersihkan, menyiapkan, mendapatkan izin, dan memeriksa rencana.

Dengan melakukan perencanaan secara terstruktur sebelum aktivitas dilakukan, perusahaan dapat menghindari resiko gangguan yang mengarah pada pemborosan waktu kerja karyawan hingga penundaan pekerjaan itu sendiri.

Memetakan pekerjaan secara mendetail sebelum pekerjaan dilakukan, merupakan langkah yang tepat dilakukan setiap individu dalam memaksimalkan waktu kerja. Hal ini dimulai dari yang kecil, seperti membiasakan diri untuk menyiapkan rencana, mempelajari rencana, menyusun ulang metode pekerjaan, serta memastikan ketersediaan dan penggunaan peralatan kerja yang sesuai.

Perencanaan yang komprehensif juga mencakup detil seperti bagaimana pekerjaan akan diselesaikan, menetapkan jadwal dengan tenggat waktu tambahan, dan menganalisis biaya terkait agar sesuai budget. Selain itu, persiapkan pula faktor eksternal yang tidak dapat diabaikan seperti bagaimana potensi cuaca dan pekerjaan berbahaya akan ditangani, potensi perubahan jadwal shifting tenaga kerja, metode yang diperlukan untuk melacak dan memantau tenaga kerja yang bersangkutan, serta persiapan distribusi peralatan dan perlengkapan kerja.

Dari perencanaan inilah, manajer proyek ataupun supervisor dapat memastikan semua pekerja / karyawan terlibat dengan pekerjaan sesuai dengan spesialisasinya. Segala jenis perubahan pekerjaan akan menghambat produktivitas pekerjaan utama karyawan, sehingga selalu pastikan bahwa atasan terkait sudah menginformasikan ke semua karyawannya sejak awal, serta memberikan komunikasi dua arah untuk mendapatkan solusi dan feedback. Proses ini memang sedikit memakan waktu pada awalnya, namun kedepannya justru akan sangat menghemat waktu pekerjaan, bahkan mempercepat proses perampungan pekerjaan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi waktu proyek dan efisiensi biaya tenaga kerja.

Investasi Peralatan dan Perlengkapan
Dalam meningkatkan produktivitas di lokasi kerja, manajemen peralatan yang baik dapat memangkas biaya tenaga kerja proyek.  Hal ini dikarenakan banyaknya pekerja yang menghabiskan waktu hanya untuk mencari alat atau bahan yang tepat, sehingga pada ahirnya pekerja dapat meninggalkan lingkup site untuk mencari peralatan yang sesuai, ataupun mempelajari cara menggunakan alat tersebut.

Untuk membantu mewujudkan penghematan biaya, Anda perlu mempelajari dan menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang berkaitan dengan pekerjaan, serta pelatihan yang tepat dan prosedur penggunaannya.

Berikut tips untuk mengatasi kendala peralatan dan perlengkapan kerja di lokasi site:

  1. Maksimalkan investasi peralatan dengan melacak alat dan bahan melalui audit inventaris yang mencakup keluar masuknya barang, serta logo / tanda khusus tertentu untuk menghindari resiko penukaran peralatan.
  2. Selalu instruksikan semua pekerja dalam hal manajemen peralatan dan penggunaannya sebelum pekerjaan dimulai.
  3. Lengkapi ketersediaan alat pengganti, serta permudah akses ke lokasi pergantian peralatan di setiap lingkup site. Hal ini memudahkan pekerja untuk mengganti peralatan kerja secara cepat sehingga mengurangi durasi downtime
  4. Sesuaikan fasilitas penyimpanan alat dengan sistem jadwal penggunaan, baik melalui deteksi RFID ataupun buku manual, serta sediakan petunjuk instruksi penggunaan alat dan keamanannya.
  5. Gunakan tool box sebagai wadah perkakas khususnya bagi peralatan yang paling sering digunakan di lokasi site tertentu

Ketiga hal diatas merupakan metode mudah dalam meningkatkan produktivitas di area site. Dalam menentukan strategi proyek yang tepat, masih adabeberapa hal lainnya yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga kelangsungan berjalannya proyek, keselamatan pekerja, dan keakuratan jadwal proyek yang telah diatur oleh manajer proyek.

klikMRO sebagai B2B E-Commerce dapat meningkatkan kemudahan pengadaan barang MRO melalui fitur B2B yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, klikMRO juga menyediakan manfaat dari VMI (Vendor Managed Inventory) khususnya di area proyek melalui Vending Machine klikMRO yang dapat diletakkan di beberapa titik site sekaligus untuk menjaga ketersediaan barang-barang krusial MRO. Mari konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.