Pentingnya Cairan Disinfektan yang Aman dan Efektif di Era New Normal

0
21

Seperti yang telah diketahui, COVID-19 menyebar antar sesama manusia melalui droplet atau cairan yang dihasilkan akibat batuk dan bersin dari subyek yang terinfeksi. Seiring dengan meningkatnya laporan kasus positif corona, pandemi ini telah mengganggu kenyamanan aktivitas serta produktivitas berbagai industri, baik dari usaha kecil menengah hingga industri besar. Di Indonesia sendiri, beberapa pabrik atau kantor yang tetap berjalan umumnya menerapkan protokol new normal dengan membangun kemudahan komunikasi dengan karyawan maupun mengadakan pembagian shift untuk mengurangi jumlah orang dalam waktu yang bersamaan.

 

Pentingnya Cairan Disinfektan yang Aman dan Efektif

Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme (misalnya pada bakteri, virus dan jamur kecuali spora bakteri) pada permukaan benda mati, seperti furniture, ruangan, lantai,  dll. Cairan disinfektan sebaiknya tidak digunakan pada kulit maupun selaput lendir, karena berisiko mengiritasi kulit dan berpotensi memicu kanker. Hal ini berbeda dengan antiseptik yang memang ditujukan untuk disinfeksi pada  permukaan kulit dan membran mukosa.

Disinfektan dapat digunakan untuk membersihkan permukaan benda dengan cara menyemprotkan larutan disinfektan pada bagian yang terkontaminasi, misalnya pada  lantai, dinding, permukaan meja, gagang pintu, dan lainnya. Penggunaan disinfektan dengan teknik spray digunakan untuk mengendalikan jumlah mikroba dan virus di area kerja maupun dalam ruangan.

Walaupun mesin sprayer memiliki tujuan utama untuk membersihkan permukaan, sebaiknya gunakan pula cairan disinfektan yang aman untuk kulit. Karena hal utama dalam pembersihan ini bergantung pada cairan yang disemprotkan, maka perlu diketahui bahwa disinfektan berupa alcohol dan klorin dapat menyebabkan masalah baru pada kulit serta tidak aman apabila terhirup. Riset ini dilakukan WHO (World Health Organization) pada bulan Maret 2020, yang menyatakan penyemprotan cairan disinfektan ditujukan untuk benda. Oleh karena itu, khusus untuk penggunaan mesin disinfektan sprayer untuk mensterilkan individu yang hendak masuk ke area kerja, sebaiknya pihak pengelola memahami terlebih dahulu prosedur yang tepat, serta menginstruksikan penggunaan masker kepada karyawan serta anjuran menutup hidung, mulut, dan mata ketika hendak disemprot. Pastikan pula ketersediaan ventilasi apabila dilakukan di area indoor untuk mengurangi paparan dari penggunaan disinfektan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko penyakit kulit dan pernafasan.

Terdapat beberapa cairan disinfektan yang direkomendasikan untuk proses disinfeksi, misalnya sodium hipoklorit, amonium kuarterner (sejenis deterjen kationik), alkohol 70 %, dan hidrogen peroksida. Selain itu, perhatikan pula tingkat konsentrasi cairan disinfektan yang digunakan, serta jeda waktu antara suatu objek dengan proses disinfektan (antara 1 hingga 10 menit tergantung dari jenis disinfektan).

 

Mengenal Mesin Disinfektan Sprayer 

Guna meningkatkan rasa aman serta membantu mengurangi penyebaran virus Corona, industri membutuhkan solusi pembersihan yang cepat, mudah, serta efektif. Untuk itu, kami merekomendasikan Mesin Disinfektan Sprayer menjadi salah satu solusi nyata untuk meningkatkan sisi higienis dari area kerja perusahaan, fasilias-fasilitas umum seperti bandara, stasius kereta, rumah sakit, gedung perkantoran, lingkup pabrik, apartemen, lingkup perumahan, hingga perhotelan. Mesin sterilisasi ini bertujuan untuk membantu menstrerilisasi seluruh ruangan / area kerja. Dengan begitu, resiko partikel virus yang menempel pada permukaan benda dapat berkurang secara signifikan.

EMARO Disinfectant Sprayer di klikMRO.com

kliKMRO secara aktif mendukung kebijakan new normal, serta mengajak para industry player untuk aktif dan disiplin dalam penerapan protokol new normal ini. klikMRO siap melayani Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan new normal baik untuk individu, area kerja, maupun industri.

Untuk konsultasi dan pemesanan silahkan menghubungi kami disini

Salam sehat dari segenap tim klikMRO!