Sistem Drainase yang Baik dapat Mencegah Kerugian Aset Industri Akibat Banjir

0
73

Iklim tropis seperti di Indonesia dengan curah hujan yang cukup tinggi, kerap menimbulkan permasalahan mengenai volume debit air, terutama di area yang minim penyerapan air tanah. Oleh karena itu, untuk memitigasi hal tersebut, pelaku industri maupun pengelola lahan membutuhkan sistem drainase yang baik. Drainase ini dimanfaatkan pula sebagai upaya dalam menanggulangi potensi banjir, baik dalam perkotaan, area tempat tinggal, serta lingkup industri. Oleh karena itu, sistem drainase merupakan salah satu infrastruktur dasar untuk menampung air hujan serta membantu penyaluran air kembali ke laut.

Di lingkup industri, sistem drainase yang baik membantu mengalirkan air kotor maupun air hujan ke saluran pembuangan / penyaluran air. Hal ini bertujuan untuk mengontrol volume air pada suatu area yang rentan terhadap genangan air. Pada akhirnya, drainase ini membantu mengurangi kemungkinan banjir di area gedung / pabrik, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah, dan mencegah kerusakan infrastruktur maupun aset industri lainnya.

Aplikasi Sistem Drainase pada Perusahaan Konstruksi

Insinyur sipil bertanggung jawab atas pembangunan sistem drainase dalam proyek konstruksi. Mulai dari perencanaan pembangunan jalan, talang jalan, drainase, gorong-gorong dan selokan yang tercakup dalam suatu proyek konstruksi. Insinyur sipil dan manajer konstruksi akan bekerja sama dengan para arsitek dan supervisor, perencana bangunan, surveyor, tenaga kerja umum, serta subkontraktor. Biasanya, sebagian besar yurisdiksi memiliki beberapa undang-undang drainase untuk mengatur sejauh mana pemilik tanah dapat mengubah drainase lahan yang hendak dibangun.

Opsi drainase untuk industri konstruksi meliputi:

Drainase titik: Selokan terhubung ke pipa drainase di bawah permukaan tanah dan diperlukan penggalian yang dalam untuk memfasilitasi sistem drainase jenis ini.

Drainase saluran: berfungsi untuk menahan air di sepanjang saluran. Drainase saluran biasanya terbuat dari beton, baja, polimer atau komposit. Tingkat intersepsi drainase saluran lebih besar dibandingkan drainase titik dan penggalian yang diperlukan biasanya tidak terlalu dalam.

Bagian permukaan saluran drainase biasanya menggunakan grating yang berbentuk kisi-kisi (polimer, plastik, baja atau besi) atau satu slot (slot drain) yang membentang di sepanjang permukaan tanah (biasanya dibuat dari baja atau besi).

Pompa Drainase Sebagai Langkah Pengelolaan Volume Air di Area Pabrik

Drainase bagian atap umumnya menggunakan saluran internal, pipa bawah, dan sistem talang air / hopper eksternal. Untuk bagian atap gedung maupun pabrik, direkomendasikan bahwa setidaknya minimal ada dua titik drainase untuk mengurangi salah satu dari titik tersebut tersumbat. Apabila terdapat area yang tersumbat, bersihkan pipa / saluran pembuangan tersebut dengan peralatan drain cleaner. Selanjutnya untuk mengurangi volume air yang menumpuk pada suatu area, pompa drainase juga dapat menjadi solusi alternatif yang lebih murah dan mudah.

Sistem Drainase yang Baik dapat Mencegah Kerugian Aset Industri Akibat Banjir – Karcher Drainage Pump di klikMRO.com

Drainase harus diatur agar tidak menimbulkan kelembapan atau kerusakan pada material bangunan. Jika pipa air hujan dipasang secara internal, maka harus memiliki sambungan pipa yang anti bocor. Jika dipasang secara eksternal, bentuk atap didesain untuk mengalirkan air dari titik tinggi ke rendah yang mengarah ke saluran pembuangan air.

Adapun fungsi drainase dalam lingkup industri adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu area, jalan, dan lahan, sehingga lahan dapat kembali difungsikan secara optimal.
  2. Membebaskan potensi banjir pada suatu area, terutama area gudang dan pabrik yang memiliki aset industri dan mesin produksi
  3. Berfungsi untuk memperkecil risiko genangan air, erosi, dan banjir yang dapat menghambat operasional industri serta memakan biaya tambahan
  4. Berfungsi untuk menciptakan tata guna lahan yang baik agar dapat dioptimalkan untuk meningkatkan produktivitas industri, dan juga meminimalisir resiko kerusakan infrastruktur bangunan maupun site.
Untuk menunjang produktivitas industri di tengah musim hujan ini, klikMRO menyediakan berbagai perkakas penunjang pembuatan sistem drainase, serta pompa drainase dan selang drainase untuk membantu mengalirkan air kotor / air hujan ke tempat saluran pembuangan air terdekat. Konsultasikan kebutuhan sistem drainase Anda bersama kami disini.