Di zaman serba cepat ini, berbagai kemudahan dalam kegiatan sehari-hari pun terus dikembangkan. Bahkan setiap harinya di Indonesia, muncul ide-ide serta inovasi baru dari para entrepreneur muda maupun senior. Semua kemudahan tersebut bertujuan untuk menciptakan fast-moving society yang melek teknologi dan dapat memanfaatkannya guna mencapai kepraktisan serta efisiensi dari aktivitas sehari-hari.

Inovasi tidak hanya terjadi pada lingkup society, melainkan juga terjadi pada lingkup industri dimana penerapan teknologi sudah tidak asing lagi. Baru-baru ini pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan Making Indonesia 4.0. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing sektor industri di Indonesia dengan memanfaatkan integrasi konektivitas dan penerapan teknologi pada kegiatan produksi.

Sumber: Kemenperin
Seiring meningkatnya kebutuhan akan efisiensi terutama di sektor industri, pelayanan seputar penyediaan barang keperluan industri pun semakin mudah ditemukan.

Sebagai purchasing, tentu diharapkan dapat memaksimalkan efisiensi serta efektivitas dalam proses pengadaan barang untuk operasional perusahaan.

Pada kesempatan kali ini, KlikMRO akan membahas beberapa tips yang dapat mempermudah proses pengadaan barang:

1. Identifikasi & Pencarian Produk
Proses ini dapat dilakukan secara online dengan mencarinya di katalog online KlikMRO yang menyajikan data detail dari produk yang dicari (gambar, spesifikasi, harga, dan sertifikasi).
Sumber: klikMRO.com
2. Gunakan Penawaran Otomatis
Dengan memanfaatkan fitur pengadaan digital, legalitas dan orisinalitas pemasok bukan lagi kendala. Selain itu, kemudahan cara bayar menggunakan pembayaran B2B pun perlu diperhatikan, terlebih dalam hal auto quotation yang memungkinkan Anda menghemat waktu dalam mendapatkan penawaran.
Sumber klikMRO.com
3. Manfaatkan Approval System (Proses Persetujuan via Email Otomatis)
Perkembangan teknologi membantu kita dalam proses pengadaan B2B (business-to-business) dengan portal yang dibuat khusus untuk proses approval. Dengan sistem otomatis, Anda dapat mempersingkat proses approval yang menyangkut struktur organisasi sehingga bukti persetujuan dilakukan secara online.