Pada umumnya, objektif utama dari tim purchasing dalam sebuah perusahaan adalah mencapai kesepakatan terbaik dalam pembelian barang maupun jasa, baik berupa efisiensi pembayaran maupun ketepatan pengiriman. Namun untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah karena membutuhkan skil negosiasi, pengalaman, serta koneksi terhadap para pemasok. Tentu hal tersebut dapat terbilang memakan waktu karena banyaknya prosedur baik dari segi jumlah komunikasi antar pemasok hingga komparasi harga.

Di era digital ini, berbagai kegiatan dimudahkan dengan kehadiran teknologi di sekitar kita. Inovasi yang berkembang setiap harinya tentu dapat berkontribusi bagi masyarakat maupun perusahaan. Bagi Anda yang bekerja sebagai purchasing / procurement di sebuah perusahaan maupun owner dari sebuah bisnis, KlikMRO mempunyai beberapa strategi yang dapat diterapkan guna mencapai efisiensi pengadaan:

1. Bermula dari Kualitas Diri

Keberhasilan proses pengadaan agar mencapai efisiensi maksimal berawal dari upaya pembenahan diri maupun tim. Hal tersebut mencakup merefleksikan tujuan pengadaan serta meninjau kembali langkah-langkah yang tepat, cepat, dan efektif.

 

2. Waktu

Kurangi hal-hal yang dapat memakan waktu banyak namun tidak produktif. Dengan fitur unggulan pada platform pengadaan digital, maka proses tradisional pencarian supplier dan perbandingan harga dapat dieliminasi guna mencapai kecepatan sehingga tim dapat fokus ke keperluan lain dalam meningkatkan KPI.

Sumber: aplikasi klikMRO

 

3. Penghematan Biaya

Integritas procurement tentu harus dijunjung tinggi sebagai ujung tombak pengeluaran perusahaan. Dengan meminimalisir biaya-biaya yang tidak diperlukan, Anda dapat menciptakan laporan pengadaan yang transparan dan terstruktur. Fitur compare products dalam website klikMRO dapat membantu Anda menganalisa harga produk untuk keputusan terbaik.

Sumber: aplikasi klikMRO