Persiapan dan Strategi Bisnis Terhadap Potensi Gelombang Ketiga COVID-19

0
489

Persiapan dan Strategi Bisnis Terhadap Potensi Gelombang Ketiga COVID-19 – Kemenperin terus menyempurnakan kebijakan dalam rangka memastikan protokol keselamatan di lingkup kerja dan industri selalu berjalan dengan baik dan disiplin. Hal ini merujuk pada potensi gelombang ketiga yang diprediksi Kemenkes terjadi pada akhir tahun 2021. Setelah satu tahun belakangan penuh dengan upaya vaksinasi secara masif, serta kebijakan pembatasan, para ahli tetap mengatakan bahwa pandemi ini masih jauh dari selesai dan akan berkembang menjadi beberapa gelombang puncak menuju endemi.

Pada artikel ini, klikMRO akan menjelaskan mengenai persiapan dan strategi bisnis menghadapi ancaman gelombang ketiga COVID-19.

Apakah kita yakin bahwa gelombang ketiga akan terjadi?

Alat Teknik lengkap

Pakar kesehatan telah lama memperingatkan kemungkinan terjadinya gelombang ketiga pada akhir 2021 yang disebabkan oleh penyebaran COVID-19 khususnya varian Delta. Hal ini merujuk pada data puncak kasus COVID pada bulan Juli 2021 lalu, dan adanya tren penurunan kasus di kuartal 3 tahun 2021. Namun seiring kebijakan pembatasan yang sudah mulai dibatasi, serta adanya sistem kekebalan imun yang cenderung menurun secara bertahap pasca vaksinasi, maka Kemenkes memprediksikan gelombang ketiga COVID-19 yang akan terjadi di penghujung tahun 2021.

Gelombang ketiga diperkirakan akan lebih parah, namun dengan tingkat fatalitas yang cenderung berkurang akibat sudah berjalannya program vaksinasi. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan adanya penerapan kembali kebijakan pembatasan aktivitas.

Di sisi baiknya, baik pemerintah dan masyarakat telah belajar bagaimana untuk beradaptasi dengan keadaan dan kebijakan pembatasan seperti yang telah diterapkan. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik usaha maupun pelaku industri menghadapi potensi puncak COVID-19 serta potensi endemi yang berkelanjutan:

  • Ciptakan kesadaran vaksinasi di tempat kerja
    Sama seperti vaksin flu, vaksin COVID-19 memang tidak diwajibkan oleh undang-undang sehingga pengusaha tidak dapat memaksa karyawan mereka untuk divaksinasi. Namun apa yang dapat dilakukan adalah dengan mendidik pekerja untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya peningkatan antibodi melalui vaksinasi, guna mengurangi fatalitas dan mereduksi penyebaran COVID khususnya di lingkup kerja.
  • Fokus pada dukungan kesehatan fisik dan mental bagi pekerja
    Setelah setahun penuh akan ketidakpastian dan pembatasan kegiatan, sebagian besar maysarakat telah mengalami yang namanya ‘kelelahan pandemi’ yang berpengaruh pada kesehatan mental akibat kecemasan berlebih dan depresi.

Sebagai pengusaha dan pelaku industri, Anda dapat meminta feedback kepada karyawan tentang isu kesehatan dan keselamatan di tempat kerja Anda. Dengan mengizinkan mereka untuk menyuarakan kekhawatiran dan membagikan ide-ide, tidak hanya akan membantu mengurangi kecemasan bekerja, namun juga memberi Anda perspektif mengenai kemungkinan risiko keselamatan dan potensi burnout yang sedang terjadi. Hal ini bertujuan untuk menjaga produktivitas dan juga meningkatkan keterlibatan karyawan dalam perusahaan sebagai langkah psikologis yang positif.

  • Perbaharui penerapan Protokol Kesehatan agar sesuai dengan kondisi terkini
    Tinjau kembali langkah-langkah kesehatan dan keselamatan di tempat kerja Anda untuk melihat area yang bisa ditingkatkan, khususnya dari segi kedisiplinan karyawan pasca PPKM ketat.

Selain adanya ketersediaan peralatan pencegahan COVID di tiap-tiap area kerja, kebijakan pembatasan jarak dan peraturan mengenai pembukaan masker di area indoor juga perlu diperbaharui berdasarkan tingkat efektivitas dan situasi tracing karyawan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelatihan kesehatan dan keselamatan secara berkala untuk meningkatkan kepatuhan terhadap langkah-langkah keselamatan, seperti menjaga jarak fisik, penggunaan APD yang tepat, menjaga kebersihan tangan, dan penggunaan masker yang disesuaikan dengan operasional kerja tertentu.

Tips Menghadapi Potensi COVID Gelombang Ketiga

Siapkan rencana respons perusahaan jika ada kebijakan pembatasan kegiatan kedepannya, dan pastikan bisnis Anda dapat berjalan semestinya dengan meminimalisir hambatan.
Anda dapat menilai kembali strategi bisnis yang telah diambil melalui pengukuran performa secara strategis, dan meninjau kembaloi langkah strategi mana yang perlu ditingkatkan ataupun direvisi.

Pentingnya Eksistensi Bisnis di Era Digital 
Jika Anda sebagai pelaku industri yang menawarkan produk atau jasa, maka pertimbangkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online. Hal ini akan membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga menjaga nilai demand, serta mempertahankan eksistensi brand di tengah kebijakan pembatasan lainnya yang mendatang.

Para ahli percaya bahwa virus COVID-19 akan tetap ada, dimana semua negara di dunia harus bersatu untuk mengadopsi strategi bersama menghadapi endemi. Oleh karena itu, berbagai upaya serius harus dilakukan di tingkat pemerintah, bisnis, hingga masyarakat tanpa penundaan untuk membantu mengurangi angka penyebaran tanpa mengesampingkan perkembangan ekonomi.

klikMRO hadir sebagai solusi pengadaan Anda menuju era endemi, dengan menyajikan berbagai produk MRO dari brand ternama dunia. Pelajari lebih jauh mengenai sistem pengadaan digital dan konsultasikan kebutuhan Anda disini untuk mendapatkan manfaat pada proses pengadaan digital.