Perhatikan Hal-Hal Ini Dalam Perawatan dan Penggunaan Kompresor!

0
505

Kompresor merupakan alat mekanik yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan dengan cara memampatkannya. Kompresor juga menjadi salah satu alat yang banyak digunakan di berbagai bidang, seperti bidang industri, medis, dan juga digunakan dalam alat alat elektronik rumah tangga (contohnya: kulkas dan ac).

Namun, jika digunakan secara terus menerus tanpa memperhatikan aspek kebersihannya dan keamanannya, kompresor dapat mengalami kerusakan. Berikut dibawah ini merupakan beberapa hal penting yang harus anda ketahui dalam perawatan dan penggunaan kompresor.

  1. Mematikan kompresor jika tidak digunakan

Terdapat 168 jam dalam seminggu, tetapi hampir semua sistem kompresor hanya dijalankan pada atau jika mendekati kapasitas penuh antara 60-100 jam. Mematikan kompresor anda pada saat malam hari dan akhir pekan dapat mengurangi pembebanan listrik anda hingga 20 persen. Dan tentunya menjaga lifetime dari kompresor tersebut.

  1. Selalu mengecek kadar bahan bakar pada kompresor Anda

Jika kompresor anda membutuhkan bahan bakar solar, pastikan untuk mengeceknya setiap sebelum anda menggunakannya. Jika kadar solarnya rendah ataupun kurang, anda dapat menyebabkan kerusakan serius pada kompresor tersebut. Setelah penggunaan selama 500-1000 jam, anda harus mengganti bahan bakar tersebut dengan bahan bakar yang masih baru (fresh).

  1. Bersihkan air filter

Jika air filter anda kotor, kompresor anda harus bekerja lebih keras dan dan menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Anda juga akan menimbulkan risiko dari kompresor yang tercemar.

Periksalah semua filter pada kompresor anda secara teratur dan gantilah filter jika memiliki sejumlah debu dan kotoran. Jika anda jarang menggunakan kompresor, ubahlah air filter anda setiap 3-6 bulan.

  1. Mengganti elemen separator

Elemen separator bertanggung jawab dalam mencegah penggunaan bahan bakar yang berlebihan. Tapi, jika anda tidak menggantinya secara berkala, tagihan anda akan meningkat.

Untuk setiap 2 tetes PSI dalam tekanan separator, tagihan anda dapat meningkat sebanyak 1%. Ini jauh lebih murah jika anda mengganti elemen separator dibandingkan membuat tagihan anda naik secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

  1. Perbaikilah kebocoran yang ada

Sebuah kebocoran udara seperempat inci pada 100 psi akan dikenakan biaya lebih dari $2.500 atau sekitar Rp. 33.447.455,55  per tahun. Sistem pipa yang berumur lebih dari lima tahun dapat memiliki kebocoran hingga 25 persen. Hal tersebut disebabkan karena dibutuhkan energi untuk menghasilkan udara yang terkompresi, setiap udara yang mengalami kebocoran membuat uang terbuang sia sia. Sekitar 80 persen dari kebocoran udara tidak dapat terdengar, sehingga untuk meminimalkan masalah ini, bantuan pihak service profesional dalam mendeteksi kebocoran ini mungkin menjadi suatu kewajiban.

  1. Periksa saluran air

Saluran air kondensat pada timer harus disesuaikan secara berkala untuk memastikan mereka terbuka sesuai dengan fungsinya atau tidak ter-stuck pada saat membuka. Lebih baik lagi, ganti saluran timer dengan saluran nol-loss untuk menghentikan udara yang terkompresi terbuang.

  1. Recover Heat

Ini merupakan teori fisika sederhana yang mengompresi udara untuk melepaskan panas, dan sebanyak 90 persen dari panas yang dapat dipulihkan untuk digunakan dalam operasi kompresor anda. Contohnya, anda dapat menghasilkan air panas untuk kamar kecil atau udara hangat langsung ke dalam ruang kerja, gudang, loading dock, atau pintu masuk.

  1. Jaga kompresor agar tetap bersih

Sebuah kompresor yang kotor merupakan kompresor rusak. Kompresor udara anda seharusnya tidak pernah mengalamu kebocoran bahan bakar. Jangan biarkan debu berkumpul pada pompa, motor, atau daerah sekitar sirip pendingin.

Penumpukan debu akan mencegah jalannya ventilasi yang baik dan pelepasan panas. Menjaga kompresor anda tetap bersih dan tertutup dengan benar akan membantu mengelola suhu dengan tepat dan mempertahankan pengoperasiannya secara lancar.

Itulah hal hal penting dapat kita perhatikan dalam perawatan dan penggunaan kompresor dengan benar. Merawat kompresor anda secara teratur dan benar dapat menghasilkan kompresor dengan umur yang lebih panjang dibandingkan kompresor yang tidak pernah dirawat dan dibiarkan berdebu.

Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

Pressure Gauge dalam Industri

Referensi:

airconditioning-systems.com

aircompressorpro.weebly.com

cagi.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here