Perhatikan 3 Hal Ini Dalam Memilih Bor Tanpa Kabel (Cordless Drill)

0
1749
Dewalt cordless drill di klikMRO.com

Saat ini pasar power tools, khususnya bor sedang mengalami pergantian tren dari yang tadinya menggunakan kabel menjadi tanpa kabel (cordless). Kedepannya, peralatan tanpa kabel tersebut diproyeksikan akan semakin banyak digunakan karena menawarkan daya tarik tersendiri. Mulai dari kemudahan penggunaan, performa yang unggul, serta portabilitas untuk segala lingkup pekerjaan. Dengan memakai bor tanpa kabel, pekerjaan tidak lagi dipersulit dengan masalah kabel dan pencarian stop kontak sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mobilitas pekerjaan Anda.

Untuk mengetahui cordless drill mana yang sebaiknya digunakan, maka perhatikanlah 3 skenario berikut:

Light Maintenance and Repair (Pekerjaan Ringan)

Skenario ini terkait dengan kebutuhan pekerjaan terkait pemeliharaan dan perbaikan ringan, seperti memasang braket gorden, mengebor lubang untuk drywall anchor atau sejenis paku dengan kepala bundar, merakit panggangan barbecue, memasang pegangan pada pintu kabinet dan laci, serta melepas dan mengganti engsel pintu.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut cenderung membutuhkan waktu pengerjaan yang singkat, maka peralatan dengan satu baterai saja sudah cukup tanpa harus menyiapkan baterai cadangan. Untuk membuat lubang dan memasang sekrup, disarankan menggunakan bor dengan dua kecepatan tetap (bor dual-speed). Bor dengan kecepatan yang dapat berubah dengan menyesuaikan medan dapat juga menjadi opsi pilihan. Untuk kombinasi terbaik antara daya, harga, dan portabilitas, Anda dapat memilih bor dengan jangkauan tenaga 10,8V hingga 12V.

Repair and Remodeling (Pekerjaan Reparasi)

Selanjutnya skenario yang satu ini berkaitan dengan pekerjaan renovasi dan perbaikan seperti membangun rak penyimpanan, penggantian pagar dek dan tiang pancang, pemasangan sekrup pada kayu keras atau plywood, pembuatan furnitur, dan pemasangan plafon.

Anda membutuhkan bor dengan kecepatan bervariabel, kopling untuk pengaturan torsi  disesuaikan dengan keperluan pengeboran, serta sebuah T-handle, yaitu pegangan dengan dasar menggembung untuk menghindari tangan slip dan berfungsi sebagai tempat baterai. Apabila pekerjaan membutuhkan effort lebih, maka tidak ada salahnya mempersiapkan baterai cadangan. Gunakan alat dengan daya minimum 9.6V, Anda akan membutuhkan daya tambahan. Bahkan, 12V bor cocok untuk jenis pekerjaan skenario ini. Namun perlu diperhatikan bahwa dengan tambahan daya tersebut akan membuat ukuran grip dan bor semakin besar dan lebih berat.

Bagian-bagian pada Cordless Drill

 

Heavy-Duty Purpose (Pekerjaan Berat)

Skenario jenis ini berkaitan dengan pekerjaan seperti mengebor lubang untuk baut / paku pada kayu pra-tekan (pressure-treated wood), pengeboran lubang pada dinding bata, pemasangan dek, dan pengeboran baja. Umumnya jenis pekerjaan tersebut memerlukan pengeboran dengan lubang diameter yang lebih besar serta proses pemasukkan sekrup panjang juga membutuhkan peralatan mesin bor yang memadai. Untuk itu, pilihlah alat dengan daya minimal 14.4V. Anda juga memerlukan bor dengan indikator otomatis untuk  menandakan bahwa penggunaan sudah mencapai batas maksimal sehingga mesin perlu diistirahatkan (biasanya berhubungan dengan sel baterai) ataupun indikator terhadap beban kerja yang berlebihan.

Tips & Cara Menggunakan Bor Listrik untuk Berbagai Pekerjaan

Mesin bor tanpa kabel (cordless drill) sangat cocok untuk pekerjaan proyek di daerah yang kekurangan suplai listrik, terutama pada proyek konstruksi, infrastruktur dan lainnya yang memang belum mendapatkan cukup sumber energi. Untuk pemakaian yang lama, seringkali pekerja memilih untuk menggunakan peralatan corded (dengan kabel) yang dapat digunakan terus menerus selama sumber listrik terdekat tersedia. Hal ini berbeda dengan alat cordless yang dibatasi dengan kapasitas baterai. Namun sebenarnya sudah beredar di pasaran teknologi pengisian baterai yang lebih cepat, dan dapat mengisi baterai dalam waktu 10-15 menit saja, sehingga sangat cocok untuk proyek-proyek dimana suplai listrik di daerah tersebut sangat kurang.

Sebagai pertimbangan lebih lanjut, simak juga:

Tips Memilih Power Tools yang Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here