Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

0
7605
Hydraulic or Pneumatic ?

Pneumatic maupun hidrolik memiliki cara kerja yang sangat mirip namun ternyata ada perbedan signifikan yang harus diketahui karena perbedaan inilah yang menentukan aplikasinya di dunia kerja. Sistem pneumatik adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan udara terkompresi untuk menghasilkan efek gerakan mekanis, sedangkan Sistem Hidrolik adalah suatu sistem yang memanfaatkan tekanan fluida sebagai power (sumber tenaga) pada sebuah mekanisme, sehingga hidrolik digunakan untuk mengontrol, mengirimkan dan memanfaatkan tenaga dengan menggunakan tekanan  fluida tersebut.

Selain perbedaan yang telah dijelaskan diatas, terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari kedua alat tersebut, yaitu sistem kerja yang dilakukan oleh hidrolik maupun pneumatic. Dibawah ini merupakan penjelasan yang lebih rinci tentang perbedaan sistem kerja hidrolik dan pneumatik.

Perbedaan Sistem Kerja

a. Sistem kerja hidrolik

Ide dasar pada sistem hidrolik yaitu fluida cair yang ada dalam   sistem memiliki tekanan yang berasal dari satu sisinya dengan perbedaan luas. Yang perlu diingat adalah perbandingan terbalik antara gaya yang dikeluarkan dengan luas tekannya. Tekanan tersebut mendorong terhadap sebuah piston yang berada dari sisi lain sebuah wadah. Hal ini menyebabkan pemindahan energy ke dalam piston yang memaksanya untuk mengangkat sesuatu ke atas. Karena tekanan di dalam air tidak akan membiarkannya mengalir ke belakang, piston tidak pernah bisa bergerak dengan arah yang berlawanan kecuali jika tekanan tersebut dilepaskan. Ini berarti bahwa bagaimanapun piston mengangkat, hal ini aman sampai operator sistem memperbolehkan untuk dilepaskan. Contohnya, jika piston mengangkat tangan forkfilt (tangan yang untuk mengangkat barang), mereka akan tetap terus terangkat sampai tekanan hidrolik dilepaskan.

Prinsip kerja yang digunakan dalam sistem hidrolik juga berbeda dengan sistem pneumatic yaitu dengan menerapkan hukum Pascal, dimana fluida yang ada di ruang tertutup apabila diberi tekanan, maka tekanan tersebut akan dilanjukan ke segala arah dengan sama besar.

b. Sistem kerja pneumatic

Pneumatik pada dasarnya adalah pemanfaatan udara terkompresi menjadi gerakan translasi pada plunyer atau piston . Untuk pengaplikasian yang banyak, ini jauh lebih efisien dan praktis. Biasanya sistem mencakup kompresor udara, yang menyimpan udara yang terkompresi dalam sebuah cylinder dan melepaskannya di bawah kontrol listrik. Seringkali udara sedikit dimodifikasi dengan cara menghilangkan beberapa uap air dan menambahkan sejumlah kecil minyak yang dikabutkan untuk membuat gas yang lebih ramah kepada mesin.

Pneumatik menggunakan hukum-hukum aeromekanika, yang menentukan keadaan keseimbangan gas dan uap (khususnya udara atmosfir) dengan adanya gaya-gaya luar (aerostatika) dan teori aliran   (aerodinamika).

Perbedaan Aplikasi

Kemudian juga terdapat perbedaan pada pengaplikasian alat alat tersebut pada bidang tertentu, seperti hidrolik yang sering digunakan dalam konsep bendungan, sungai, turbin dan bahkan erosi sedangkan pneumatik diterapkan di berbagai bidang kedokteran gigi, pertambangan dan konstruksi umum yang lainnya.

Perbedaan lain antara keduanya yaitu saat diterapkan, kekuatan tekanan yang digunakan dalam aplikasinya. sistem hidrolik menggunakan tekanan dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan pada aplikasi pneumatik. Dalam pneumatik, hanya 80-100 psi (pound per inci persegi) dari tekanan yang digunakan untuk aplikasi industri tersebut. aplikasi yang berbasis hidrolik sering menggunakan tekanan yang berkisar dari 1,000-5,000 psi. Namun demikian, sistem hidrolik lainnya yang lebih modern bahkan menggunakan tekanan sampai 10.000 psi. Karena permintaan energy yang tinggi ini, sistem hidrolik,  utamanya menggunakan komponen yang lebih besar sedangkan sistem pneumatik menggunakan komponen yang lebih kecil di sebagian besar aplikasi aplikasi.

Pressure Gauge dalam Industri

Referensi:

bimbinganotomotif.blogspot.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here