Peran Air Purifer dalam Memerangi Virus SARS COVID-19

0
156

Peran Air Purifer dalam Memerangi Virus SARS COVID-19 – Pembersih udara portabel atau yang biasa disebut Portable Air Purifier telah menjadi bagian dari strategi yang efektif untuk memerangi penyebaran COVID-19 dalam hal meningkatkan kualitas udara dalam ruangan (Indoor Air Quality) di perumahan, perkantoran, restoran, atau ruangan indoor lainnya.

Secara umum, Air Purifier menggunakan beragam jenis teknologi untuk mensterilkan udara dan menghilangkan materi partikulat maupun kontaminan gas. Berdasarkan sebuah penelitian oleh Elsevier (2020) berjudul Building and Environment, konsentrasi tertinggi penyebaran SARS-CoV-2 melalui udara / aerosol berada dalam kisaran ukuran yang dapat dihilangkan oleh Air Purifier dengan filter HEPA. Hal ini mendukung panduan dari EPA mengenai penggunaan air purifier dan COVID-19, dimana Air Purifier dinyatakan dapat membantu mengurangi kontaminan di udara termasuk virus. Namun, penelitian tersebut juga memperingatkan kita bahwa penyaringan udara melalui Air Purifier saja tidaklah cukup untuk melindungi kita dari COVID-19. Untuk itu, peran air purifier perlu dibarengi dengan praktik dan langkah lainnya terkait pencegahan virus COVID-19.

Strategi Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruangan
Ada tiga strategi dasar untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan:

Alat Teknik lengkap

Kontrol Sumber Polusi

Pengendalian sumber polusi merupakan solusi paling efektif untuk sebagian besar masalah kebersihan udara. Cara ini juga merupakan cara yang paling murah dan mudah dilakukan, karena terfokus pada tindakan pencegahan seperti:

Mengurangi atau menghilangkan potensi udara dan asap, meliputi polusi gas, bau lem, bau pengecatan, bau asap kendaraan, asap rokok, dan lainnya. Selain itu, kegiatan pembersihan juga penting dilaksanakan secara rutin, terlebih di iklim tropis seperti di Indonesia, dimana panas terik dan hujan lebat merupakan salah satu kontributor terbesar polusi debu.

Penyediaan Ventilasi Udara

Peran Air Purifer dalam Memerangi Virus SARS COVID-19 – Ilustrasi memaksimalkan ventilasi udara indoor

Ventilasi dalam ruangan berperan sebagai sarana pertukaran udara, sehingga udara tidak sehat dapat digantikan dengan udara luar yang tidak terkontaminasi. Namun ventilasi ruangan juga perlu direncanakan matang-matang, khususnya di daerah perkotaan. Hal ini disebabkan oleh kualitas udara luar yang belum tentu bersih, sehingga proses pertukaran udara yang diharapkan pun tetap beresiko. Oleh karena itu, bangunan komersial hingga gedung bertingkatkan telah menyediakan sistem HVAC yang canggih untuk mengontrol jumlah udara luar yang masuk ke dalam ruangan.

Pahami Ini Dulu Sebelum Mengganti Sistem HVAC dalam Gedung

Upaya mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ventilasi udara dalam ruangan adalah dengan membuka jendela dan pintu, menyalakan kipas angin, menyediakan kipas penyedot (exhaust system), ataupun menyalakan AC.

Menyediakan Mesin Pembersih Udara / Air Purifier

Air Purifier merupakan mesin pembersih udara yang memiliki filter khusus untuk menyaring udara lalu digantikan dengan udara bersih dan steril dari hasil saringan tersebut. Bahkan terdapat pula air purifier yang menggunakan UV emitted light untuk membantu membunuh virus serta partikel-partikel berukuran nano dalam udara, untuk memaksimalkan proses sterilisasi udara. Dari segi bentuknya, air purifier memiliki 2 kategori, yakni portable dan standing. Unit Air Purifier portabel umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga memudahkan pengguna untuk pengoperasian dan penempatannya. Sedangkan unit Air Purifier standing, memiliki ukuran yang cenderung lebih besar namun disesuaikan dengan kapasitas udara yang lebih besar, serta penyematan teknologi dalam lapisan filter yang digunakan. Air Purifier standing juga lebih cocok digunakan untuk ruangan indoor yang berukuran lebih luas.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai indikator tingkat udara bersih / Clean Air Delivery Rate (CADR). CADR merupakan indikator kinerja standar industri untuk pembersih udara. Dengan menggunakan peringkat CADR, Anda dapat membandingkan model Air Purifier untuk menentukan spesifikasi yang sesuai dengan luas ruangan indoor. Pada dasarnya, performa Air Purifier yang sesuai untuk suatu ruangan adalah yang dapat menghasilkan udara bersih minimal 5x pembersihan udara per jam (CADR > 5x volume ruangan). Semakin besar nilai CADR, semakin besar pula efektifitas air purifier dalam menyejukkan dan membersihkan udara di ruangan. Karena itu, klikMRO merekomendasikan air purifier yang memiliki nilai CADR berkisar antara 17 – 20 sesuai dengan standar uji internasional MERV.

Selain CADR, Anda juga harus memperhitungkan nilai ACH. ACH (Air Changes per Hour) merupakan satuan yang berfungsi sebagai penanda seberapa besar udara akan dihisap dan digantikan dengan udara bersih dalam ruangan setiap satu jam. Semakin besar nilai ACH-nya, semakin besar pula daya output dari air purifier tersebut.

Jenis-Jenis Kontaminan yang Dapat Dibersihkan dengan Air Purifier

Udara yang kita hirup sehari-hari berpotensi terpapar gas dan materi partikulat. Potensi pencemaran udara ini tidak hanya terjadi di lingkup outdoor, namun juga dapat terjadi di ruangan indoor. Materi partikulat terdiri dari partikel kecil benda padat atau cair yang terkandung di udara seperti debu, asap, virus, bakteri, jamur / spora, dan bulu binatang. Sedangkan kontaminan gas meliputi karbon dioksida, karbon monoksida, serta nitrogen oksida khuhusnya dari sumber pembakaran / polusi knalpot kendaraan

Menurut penelitian Indoor Air Quality Scientific Findings Resource Bank yang diterbitkan oleh Berkeley Lab, materi partikulat memiliki risiko kesehatan yang lebih besar daripada polutan gas, sehingga pembuangan partikel ini harus menjadi pertimbangan utama untuk menciptakan kualitas udara yang sehat. Meskipun demikian, pembuangan polutan gas juga dapat membantu menghilangkan bau tak sedap serta mengurangi resiko pernafasan lainnya.

klikMRO menyediakan peralatan safety untuk mengurangi paparan virus untuk meningkatkan produktivitas kerja maupun produktivitas industri, serta secara aktif mendukung dan melaksanakan program pemerintah dalam praktik 3M Satgas COVID-19. Maksimalkan upaya pencegahan COVID-19 di industri Anda melalui solusi alat kesehatan dan APD dan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami secara gratis disini.