Peralatan Dapur Modern untuk Restoran dan Cafe Jaman Now

0
286

Begitu mendengar kata “peralatan dapur modern”, maka yang terbayang adalah peralatan dapur yang menggunakan sistem komputer, berjalan otomatis, terhubung dengan smartphone dan pasti harganya mahal. Bisa jadi persepsi tersebut benar adanya. Tetapi sebenarnya banyak juga peralatan dapur modern dengan harga terjangkau yang bisa dimiliki siapa saja. Peralatan seperti ini sangat cocok untuk para chef, barista, hingga ibu rumah tangga yang ingin bekerja di dapur dengan lebih praktis, cepat dan bersih. Berikut ini 6 peralatan dapur modern yang bisa dimiliki oleh setiap pemilik restoran, cafe, dan juga keluarga.

  1. Coffee Maker & Coffee Grinder

Fomac automatic coffee maker
Fomac coffee grinder

Bagi pecinta kopi, mesin pembuat kopi atau coffee maker akan menjadi peralatan yang memanjakan. Dengan coffee maker ini, Anda bisa merasakan sensasi secangkir kopi seperti di gerai-gerai kopi ternama setiap saat di rumah sendiri. Selain itu, harga secangkir kopi di coffee shop pasti berlipat-lipat jika dibandingkan meracik sendiri di rumah. Bila ingin terkesan lebih sempurna, kombinasikan dengan Coffee Grinder (mesin penggiling kopi) agar dapat menentukan sendiri biji kopi dan memantau hasil penggilingannya. Dengan begitu, biji-biji kopi pilihan yang sudah digiling dapat dimasukkan ke Coffee Maker. Menjamu tamu cafe dan teman di rumah pun semakin keren dan mudah dilakukan. Coffee grinder dan coffee maker akan melengkapi kebutuhan gaya hidup pecinta kopi sekaligus menghemat pengeluaran untuk menikmati kopi.

  1. Mesin penggiling daging

Fomac meat grinder

Mesin penggiling daging atau meat grinder akan memudahkan pengolahan daging dalam membuat bakso, sosis, daging burger dan berbagai olahan lainnya. Selain digunakan untuk menggiling daging, ada pula meat grinder yang dapat dipakai untuk menghaluskan kacang-kacangan. Misalnya saja untuk menghaluskan kacang tanah yang dipakai sebagai bumbu gado-gado, selai kacang, dan menghaluskan kentang sebagai bahan campuran pembuatan kue.

Dengan memiliki mesin penggiling daging di rumah ataupun restoran, Anda bisa menentukan sendiri bagian daging yang hendak dihaluskan serta memastikan kualitas daging sesuai SOP penyajian. Misalnya daging dengan kandungan lemak yang lebih sedikit untuk mendukung diet yang sedang dijalani. Dengan meat grinder ini, olahan daging tentu lebih terjamin kualitasnya.

  1. Alat pemanggang gas

Fomac gas roaster

Memanggang bisa jadi salah satu pekerjaan yang dihindari karena kerepotannya, mulai dari mempersiapkan ruang outdoor untuk proses pemanggangan hingga membersihkan panggangannya. Namun kini aktivitas memanggang makanan menjadi semakin praktis berkat kehadiran alat pemanggang gas atau gas roaster. Dalam penggunaannya, alat pemanggang ini sama sekali tidak merepotkan karena menggunakan gas LPG dan dapat digunakan di dapur indoor. Alat pemanggang gas ini juga mudah dibersihkan, tidak mengeluarkan asap, anti karat dan tahan lama sehingga lebih ramah lingkungan. Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memakainya untuk keperluan sehari-hari atau pada acara-acara istimewa. Misalnya untuk memanggang BBQ mulai dari daging, sate, sosis, ikan dan bahan makanan lainnya.

  1. Juicer

Hurom juicer

Mengkonsumsi aneka buah dan sayur setiap hari dapat membantu proses revitalisasi pada tubuh dalam waktu cepat. Dalam bentuk jus, jumlah buah dan sayur yang dikonsumsi bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan makan sayur dan buah dalam porsi biasanya. Untuk mewujudkan gaya hidup sehat ini, juicer menjadi peralatan yang wajib ada di dapur Anda.

Penggunaan juicer akan membantu memisahkan partikel padat pada sayur dan buah dengan ampasnya. Juicer cocok dipakai untuk menghaluskan buah dan sayur dengan serat yang lebih kasar seperti nanas, seledri, brokoli, wortel, apel, dan seledri. Dengan alat ini, penyajian jus pun menjadi lebih praktis dan efektif. Untuk pola hidup sehat, kebiasaan minum jus buah dan sayur setiap hari akan semakin mudah diwujudkan.

  1. Food processor

Bamix food processor

Food processor ibarat perkakas dapur ajaib yang bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mencacah, mencampur, membuat adonan hingga menghaluskan. Saat ini tersedia food processor dalam bentuk bar mixer atau hand food procesor. Anda bisa menggunakannya untuk menghaluskan berbagai bahan pembuat sup, saus, cocktail, snowflakes hingga es krim. Bentuknya yang sederhana, membuat alat ini bisa disimpan di mana saja dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

  1. Alat pemanggang roti

Fomac bread toaster

Mempersiapkan sarapan menjadi salah satu kerepotan di pagi hari. Tetapi dengan alat pemanggang roti atau bread toaster ini, tugas membuat sarapan dipastikan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa berkreasi untuk menyajikan roti panggang yang hangat dengan paduan beragam selai seperti coklat, strawberry dan juga kacang. Dalam penggunaannya, alat pemanggang roti ini menjadi peralatan yang wajib untuk restoran di hotel dan juga cafe. Perpaduan kopi dan roti panggang sudah menjadi kombinasi menarik di masyarakat sehingga ketersediaannya pun dapat menjadi nilai plus untuk restoran dan cafe.

Nah, dengan peralatan dapur modern ini, pekerjaan-pekerjaan mempersiapkan hidangan untuk keluarga menjadi lebih mudah, praktis dan tak lagi menghabiskan banyak waktu. Dapur pun tetap terjaga kebersihannya dan para ibu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk bercengkrama dengan keluarga.

Peluang Usaha Menggiurkan Sebagai Pemasok Es Batu Kristal

Jangan Lupakan 5 Hal ini Saat Membersihkan Restoran

Referensi:

food.detik.com

kompas.com