Pentingnya Budaya Kerja yang Bersih dan Higienis Menuju Era New Normal

0
126

Pentingnya Menciptakan Budaya Kerja yang Bersih dan Higienis – Menjaga kebersihan di area kerja baik lingkup perkantoran maupun industri, merupakan kewajiban seluruh karyawan. Hal tersebut tentu merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam situasi pandemi ini. Terlebih lagi, dalam satu area kerja mungkin terdapat pembagian shift kerja sehingga koordinasi kebersihan perlu dilakukan oleh masing-masing shift. Kebersihan yang dimaksud tidak hanya mencakup diri sendiri, namun area kerja individu masing-masing dengan tujuan agar lingkup kerja steril dan tetap higenis. 

Dengan terjaganya kebersihan kantor atau area kerja, maka dapat menciptakan rasa nyaman dan aman bagi seluruh karyawan untuk melakukan pekerjaan, yang berujung pada terjaganya produktivitas. Dengan kata lain, pihak manajemen perusahaan perlu menyerukan dan menginstruksi step by step tata cara menjaga area kerja agar higenis. Hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya motivasi karyawan, dengan begitu perusahaan dapat lebih fokus kepada metode baru, ide baru, serta solusi bagi permasalahan produksi di pandemi ini.

Untuk memulai budaya higienis dalam lingkup kerja, sebelumnya perlu dilakukan perencanaan dan strategi. Dimulai dari pemetaan area kerja yang paling sering digunakan atau dilalui, area potensi persebaran virus seperti pintu masuk dan pintu keluar, hingga area kerja yang jarang dipakai. Selain itu, perencanaan peralatan kebersihan dan suplai perlengkapan juga perlu disiapkan mengingat kegiatan bersih-bersih ini perlu dilakukan setiap harinya.

Tips Menjaga Kebersihan Area Kerja

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga kebersihan kantor. Pertama, pastikan penataan ruang kerja agar rapi, tidak berserakan, dan tidak basah. Dengan penataan yang baik, tentunya akan lebih mudah membersihkannya dengan cairan disinfektan maupun deterjen pembersih.

Selanjutnya, perusahaan juga perlu menjaga kekompakan para karyawan, dapat melalui penyediaan platform komunikasi yang memadai, serta melalui program sharing session atau talkshow antar karyawan maupun manajemen. Apabila kekompakan antar karyawan terjaga, diharapkan mereka dapat mempengaruhi satu sama lain untuk sama-sama menjaga kebersihan dan sterilisasi lingkup kerja, serta membawa dampak positif psikologis. 

Pentingnya Menciptakan Budaya Kerja yang Bersih dan Higienis – Membersihkan secara rutin area kerja merupakan cerminan budaya higenis

Selanjutnya, penting untuk menciptakan kesadaran para karyawan terhadap kebersihan kantor. Dengan mindset bahwa kantor adalah milik bersama, sehingga kebersihannya juga harus dijaga bersama. Untuk itu, perlu diberlakukan strategi untuk menunjang kedisiplinan, baik dengan instruksi atau aturan tertulis. Misalnya dengan memberikan peringatan tegas kepada karyawan yang tidak mengenakan masker, atau tidak menjaga kebersihan area kerja sendiri.

 

Alat dan Perlengkapan Kebersihan untuk Industri maupun Perkantoran

Langkah selanjutnya adalah menyediakan peralatan kebersihan yang memadai. Hal ini merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan sisi higenis dan menjaga kenyamanan lingkup kerja. Budaya higenis yang mulai menjadi perhatian masyarakat, tentu tidak terlepas pula dari proses pembersihan yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memulai investasi terhadap peralatan dan perlengkapan yang menunjang budaya higenis, dimana hal ini merupakan strategi untuk menghadapi situasi pandemi ini baik selama PSBB hingga setelah PSBB berakhir.

Pentingnya Menciptakan Budaya Kerja yang Bersih dan Higienis – B-Mola NCCO Air Purifier 1701

Salah satu investasi kebersihan yang yang sedang diminati masyarakat adalah air purifier. Sterilisasi tidak hanya untuk permukaan benda, namun juga perlu dilakukan untuk menjamin kualitas udara yang bersih dan sehat. Selain itu, penerapan penyemprotan disinfektan secara rutin untuk area kerja dengan fogging machine juga dapat dilakukan untuk mengurangi resiko penularan.

Proses pembersihan tentu tidak terlepas dari tersedianya suplai cairan pembersih. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa virus dapat dibersihkan dengan deterjen, maka proses pembersihan lantai secara rutin perlu dilakukan terutama dalam lingkup operasional. Alat-alat kebersihan ini bisa Anda dapatkan di situs KlikMRO dengan harga terbaik dan serta produk yang terjamin orisinal. klikMRO mendukung proses sterilisasi untuk menciptakan lingkungan yang higienis bagi seluruh industri dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19.