Pentingnya Investasi Peralatan Pengemasan dalam Meningkatkan Nilai Produk

0
242

Pentingnya Investasi Peralatan Pengemasan dalam Meningkatkan Nilai Produk – Dalam dunia bisnis, produk jadi yang dijual ke konsumen akhir umumnya membutuhkan kemasan yang menarik agar dapat memcerminkan value dan pesan pemasaran yang ingin ditampilkan ke konsumen. Bukan rahasia lagi bahwa desain packaging yang baik dapat memberikan dampak positif pada citra produk, hingga mempengaruhi harga jual. Namun, dalam menentukan pengemasan produk, diperlukan konsep marketing, strategi desain, serta pertimbangan terhadap aspek psikologis calon pembeli.

Dalam kegiatan operasional perusahaan FMCG, diperlukan sinergi antara lini produksi dengan divisi pengemasan sebagai salah satu kunci utama keberhasilan penjualan produk. Dalam hal ini, area pengemasan (packaging area) memegang peran penting dalam proses produksi barang. Seluruh kegiatan pengemasan, pemberian label, hingga koordinasi dan pengiriman produk yang dilakukan setiap harinya, tentu memerlukan sumber daya yang mencukupi.

Untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan, investasi terhadap peralatan pengemasan yang baik merupakan langkah yang umum diambil oleh para pelaku industri. Mereka menyadari bahwa proses pengemasan merupakan gerbang terakhir sebelum barang tiba di konsumen, sehingga perlu dilakukan secara cepat, efisien, dan rapi.

Alat Teknik lengkap

Pada artikel kali ini, klikMRO akan menjelaskan secara umum peralatan dan perlengkapan penting untuk menunjang operasional packaging Anda:

Kardus (Boxes)

Area pengemasan yang idealĀ  memiliki stok kardus untuk pengemasan yang tersedia dalam segala ukuran sesuai dimensi produk. Namun perlu diperhatikan bahwa secara fisika, ukuran dus yang lebih kecil justru akan memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan ukuran dus yang lebih besar. Untuk itu, gunakan tambahan dus eksternal ataupun dus dengan material yang lebih kuat khususnya untuk barang-barang berukuran lebih besar.

Umumnya dus digunakan dalam pengiriman dalam jumlah banyak, bertujuan agar menjaga produk tertata rapi sehingga memudahkan perhitungan jumlah / quantity. Namun seiring berkembangnya pembelanjaan secara daring / online, dus tidak hanya lagi digunakan dalam pembelian banyak (bulk order), melainkan pembelian satuan dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini menambah aspek professionalisme dalam sebuah brand terkait produk yang disalurkan ke konsumen.

Palet

Palet merupakan material yang dapat terdiri dari bahan plastik, kayu, ataupun sterofoam sesuai dengan tujuan distribusi barang yang dikemas. Dalam operasional pengangkutan barang di gudang ataupun area pengemasan, palet digunakan sebagai alas dari dus ataupun tumpukan barang agar memudahkan dibawa ke titik selanjutnya. Ada pula jenis palet datar yang bentuknya memiliki 4 titik tumpu, serta dapat diangkat oleh mesin forklift.

Label Printer

Sudah tidak asing lagi penggunaan label pada area pengemasan perusahaan. Label digunakan untuk mendeteksi nomor produk, sehingga barang dapat dikirim ke masing-masing pembeli dengan lokasi yang benar. Pada kenyataannya, penempelan label rentan terhadap faktor human error. Untuk itu, penggunaan portable label printer kerap menjadi solusi untuk memasang label nomor langsung pada produk, dengan desain yang ringkas dan kecil agar mudah dibawa.

Solatip (Tape)

Solatip / tape memang identik dengan pengemasan. Namun ada beberapa jenis solatip sesuai dengan gambarnya, yakni bening, coklat, dan fragile. Dalam pengemasan produk, gunakan tape sesuai spesifikasi ketebalan micron yang dibutuhkan, serta gunakan solatip yang lebih panjang (misalnya 100 yard) agar mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk penggantian solatip.

Alat Timbang (Platform Scale)

Alat timbang diperlukan untuk menghitung berat barang yang hendak dikirim agar sesuai dengan kemampuan armada, serta sesuai dengan berat yang tertera pada label. Hal ini guna mengurangi resiko miskalkulasi, khususnya pada jasa pengiriman pihak ketiga. Selain itu, alat timbang ini juga dapat digunakan untuk mengecek jumlah barang dalam box, agar menghindari kesalahan pemasukan barang dengan cara pengukuran berat ideal per box nya.

Plastic Wrapper

Plastic wrapper merupakan bahan plastik yang digunakan untuk menyatukan barang-barang agar menjadi kesatuan paket, serta dapat mengurangi penumpukan debu dan melindungi produk dari faktor kelembapan. Selain itu, plastic wrapper ini juga dapat memudahkan deteksi pada produk terutama apabila plastik sobek ataupun meregang.

Alat Tulis Penanda

Alat tulis penanda yang dimaksud meliputi alat untuk memberikan tanda pada produk, baik berupa tulisan maupun warna coretan. Spidol marker dan stabilo merupakan dua alat tulis yang umum digunakan pada area pengemasan, khususnya untuk menandai apabila produk sudah lolos QC (Quality Checking) ataupun menandai paket yang berat. Hal ini untuk memudahkan operator logistik agar mempersiapkan pengangkutan barang sesuai dengan kategori berat, ukuran, dan paket yang sudah lolos QC.

Faktor terpenting yang menentukan efisiensi kegiatan pengemasan adalah sumber daya manusia itu sendiri. Namun, perlu diingat bahwa investasi peralatan dan perlengkapan yang baik menunjang produktivitas karyawan, tidak terkecuali pada divisi pengemasan maupun logistik. Di era teknologi yang serba cepat ini, sudah tidak asing lagi mendengar pengiriman luar kota bahkan luar pulau dengan sangat cepat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan yang memiliki jasa pengiriman sendiri, agar dapat bersaing dengan pihak ketiga jasa pengiriman lainnya. Untuk itu, sesuaikan strategi pemasaran Anda dengan memanfaatkan fitur packaging yang baik untuk meningkatkan brand value dan pengalaman konsumen.

klikMRO merupakan platform pengadaan digital yang menyediakan beragam produk MRO dari brand-brand ternama, termasuk peralatan pengemasan untuk menunjang produktivitas operasional perusahaan Anda. Dengan hanya melalui satu platform klikMRO.com, Anda dapat mengatur dan memonitor setiap pengadaan perusahaan dengan mudah, cepat, dan akurat. Konsultasikan kebutuhan pengadaan Anda bersama kami disini.