Kenali Keunggulan dan Pemakaian Kompresor Sekrup dalam Dunia Industri

0
502

Dalam kehidupan sehari-hari, kompresor sering ditemukan di tempat tambal ban, di bengkel-bengkel, dan juga di tempat-tempat pencucian kendaraan. Kompresor adalah peralatan mekanik yang berfungsi meningkatkan tekanan fluida yakni udara atau gas. Secara sederhana, kompresor bekerja dengan cara menghisap udara lalu dipadatkan dalam sebuah ruang bertekanan tinggi. Peningkatan tekanan tersebut lalu dipakai untuk memenuhi kebutuhan fluida bertekanan yang diperlukan oleh suatu sistem. Dalam skala yang lebih besar kompresor digunakan pula dalam dunia industri.

Cara Kerja Kompresor Sekrup

Salah satu jenis kompresor yang paling banyak dipakai di dunia industri adalah kompresor sekrup atau compressor screw. Kompresor jenis ini bekerja dengan menggunakan sistem ulir. Cara kerjanya, udara masuk lewat inlet menuju ke sistem ulir yang berputar dan mengkompresi udara. Selanjutnya udara yang telah dikompresi disalurkan ke dalam tangki penyimpanan udara. Jika disimpulkan, prinsip kerja kompresor sekrup adalah menghisap, melakukan kompresi dan pengeluaran. Aplikasi kompresor sekrup umumnya dipakai pada pabrik manufaktur.

Cara kerja compressor screw adalah dengan memakai dua screw yang berputar dalam ruang screw yang disebut Air End. Dua screw tersebut berputar dengan digerakkan oleh motor. Perputaran dua rotor screw menghasilkan hisapan pada Intake Valve dan memproduksi udara bertekanan lewat lubang keluaran atau discharge. Udara yang bertekanan kemudian dialirkan masuk ke dalam Tangki Separator. Tujuannya tak lain untuk memisahkan udara bertekanan dengan oli.

Bila diperhatikan pada bagian dalam tangki separator terdapat separator. Separator tersebut berfungsi menangkap partikel oli ketika campuran oli dan udara melalui separator tersebut. Oli jatuh ke dasar tangki dan udara akan melalui separator lalu masuk ke tahap selanjutnya.

Udara bertekanan yang keluar dari tangki memiliki suhu sekitar 800C hingga 900C. Karena itu perlu pendinginan lagi sebelum dikeluarkan melalui Air discharge. Tetapi sebelum masuk ke air coller atau pendingin udara, udara yang sudah terkompresi dialirkan lagi ke filter udara dengan tingkat presisi lebih tinggi lagi. Tujuannya supaya udara semakin bersih dari partikel oli.

Dari filter udara, selanjutnya udara yang terkompresi masuk ke air cooler atau pendingin udara agar suhu udara menurun dan siap dipakai untuk kebutuhan pabrik. Namun sekali lagi, sebelum masuk ke sistem mesin utama atau eksternal, udara tersebut dialirkan lagi ke filter udara yang sangat presisi. Hasil akhirnya adalah udara yang bersih dari oli dan kemudian dialirkan ke mesin-mesin utama pabrik, seperti mesin untuk pewarnaan dan pengeringan pada industri tekstil, penyemprotan dalam proses pelapisan, serta pendinginan pada industri keramik. 

Penggunaan Kompresor Sekrup dalam Dunia Industri

Kompresor sekrup digunakan untuk menghasilkan udara bertekanan pada mesin-mesin pabrik atau gedung. Dalam industri keramik, kompresor sekrup dimanfaatkan dalam proses penyemprotan dan pengeringan di tahapan pelapisan gelas serta untuk mendinginkan produk keramik. Di pusat pembangkit listrik, kompresor sekrup dipakai untuk mengendalikan fungsi otomatik pembakar di ketel uap. Sementara pada industri minuman dan makanan, jenis kompresor ini dimanfaatkan untuk mencampur bahan mentah dalam proses pembuatan bir, dipakai untuk mesin pengisi botol, pemasangan tutup botol, serta pemasangan filter pada industri rokok.

Sedangkan pada industri kimia, kompresor sekrup dipakai untuk mengisi atau mengangkut bahan kimia dengan memanfaatkan tekanan serta untuk mengaduk tangki jaringan penisilin. Pada industri tekstil, kompresor sekrup dipakai untuk proses pengeringan dan pewarnaan untuk mesin-mesin otomatis. Di industri alat musik, jenis kompresor ini dipakai dalam proses pengecatan dan pengeringan.

Contoh lainnya adalah pemanfaatan kompresor sekrup di Pusdiklat Migas Cepu. Kompresor sekrup ini dimanfaatkan sebagai penggerak alat instrumentasi dan juga sebagai backwash di sand filter dan softener. Tujuannya untuk mengurangi endapan lumpur dari pasir silica di sand filter atau untuk backwash yakni untuk mengurangi kotoran-kotoran dari recin di softener di unit proses pengolahan air industri.

Nantinya air tersebut akan dipakai sebagai air umpan untuk boiler dengan cara memberikan udara bertekanan yang alirannya berkebalikan dari aliran proses. Udara bebas masuk ke kompresor melalui filter lantas dikompresi supaya bisa menghasilkan udara bertekanan. Selanjutnya dipakai sebagai penggerak alat instrumentasi melalui regulator ataupun backwash di unit pengolahan air industri.

Krisbow Air Screw Compressor box design 10-20hp
Krisbow Air Screw Compressor 500L 10-20hp

Kompresor sekrup model ini didesain agar seluruh komponen bekerja dalam satu kotak besi. Dengan keandalan yang tinggi dan biaya pemeliharaan yang rendah, membuat kompresor Krisbow ini paling cocok untuk penerapan-penerapan di bidang industri tekstil, otomotif, bengkel fabrikasi dan permesinan kecil, dan industri kertas. Hal tersebut berhubungan dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga menyediakan efisiensi tempat dan biaya perawatan.

Kelebihan Kompresor Sekrup

Jika dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya, kompresor sekrup ini memiliki sejumlah kelebihan sehingga banyak digunakan di dunia industri. Kelebihan kompresor sekrup antara lain:

  • Kompresor sekrup bisa beroperasi selama 24 jam tanpa henti. Daya tahan ini berbeda jauh dengan jenis kompresor piston yang hanya bisa digunakan maksimal selama sekitar 8 jam saja.

  • Energi bisa disimpan.

  • Pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

  • Pemeriksaan dan perawatan mesin bisa dilakukan dengan lebih mudah.

  • Konstruksi, operasi mesin dan fasilitas-fasilitasnya sederhana.

  • Lebih awet, stabil, dan kuat.

  • Memiliki debit air delivery yang lebih besar jika dibandingkan dengan kompresor piston.

  • Jika terjadi kebocoran udara, maka hal tersebut tidak menimbulkan pencemaran dan juga tidak menimbulkan bahaya.

  • Tingkat kebisingan rendah.

Dengan kelebihan ini, wajar jika harga kompresor sekrup jauh lebih mahal dibandingkan dengan kompresor piston. Namun bila dihitung-hitung, dengan berinvestasi pada kompresor sekrup justru biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis. Sebab kompresor jenis ini terbilang bandel dan tahan lama. Selain harganya yang terbilang mahal, kompresor sekrup ini biasanya dijual terpisah dengan tabung atau tangki udaranya.

Tipe-Tipe Kompresor Sekrup untuk Industri

Kompresor sekrup atau screw compressor ini terdiri dari dua tipe yakni kompresor sekrup bebas minyak dan kompresor sekrup injeksi minyak. Keduanya memiliki prinsip kerja yang sama, perbedaannya terletak pada rangkaian mesin. Pada jenis kompresor sekrup bebas minyak, sekrup atau ulirnya lebih bagus dan sedikit ruang di antara sekrup atau sekrup tidak bersentuhan. Kompresor sekrup bebas minyak ini umumnya dipakai pada industri-industri yang mengedepankan kebersihan seperti industri obat-obatan dan industri makanan.

Sementara itu tipe kompresor sekrup injeksi minyak, injeksi oli dilakukan pada area sekrup atau ulir. Tujuannya untuk sebagai pendingin, pelumas, dan juga sebagai perlindungan. Udara bertekanan yang diperoleh akan tercampur dengan oli dan bergerak melalui separator oli. Separator oli ini berfungsi memisahkan oli dari udara. Tipe kompresor sekrup injeksi minyak ini mempunyai kapasitas dan tekanan udara yang lebih besar karena dilengkapi dengan proses pendinginan dan pelumasan di area sekrup.

Tenaga untuk kompresor sekrup biasanya dibagi dalam golongan HP (horsepower) atau kW (kilowatt) dimana masing-masing kompresor memiliki daya kompresi angin berupa satuan ukuran bar yang berbeda-beda sesuai ukuran dan kemampuan.

Nah, itulah informasi tentang kompresor yang tidak hanya digunakan dalam usaha skala kecil tetapi juga pada skala industri besar. Tentu saja, pemilihan jenis kompresor yang hendak digunakan harus sesuai dengan kebutuhan.

 Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

Perhatikan Hal-Hal Ini Dalam Perawatan dan Penggunaan Kompresor!

Referensi:

library.usu.ac.id

indotara.co.id

caridokumen.com