Usaha kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diincar orang. Prospeknya begitu cerah dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Nah, seiring maraknya usaha-usaha kuliner, maka meningkat pula permintaan es batu. Inilah satu lagi peluang usaha di bidang kuliner yang amat menjanjikan. Es batu yang diminati sekarang ini bukanlah es balok berukuran besar melainkan es batu kristal yang sudah berbentuk potongan-potongan atau yang juga disebut ice cube.

via mesinraya

Kelebihan Es Batu Kristal

Es batu kristal semakin disukai karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan es balok. Bagi para pelaku usaha kuliner, es batu kristal ini dinilai lebih praktis. Mereka tak perlu lagi memecah es secara manual. Cukup ambil beberapa es batu kristal dan tuang ke dalam gelas.

Kelebihan lainnya, para pemasok es batu kristal umumnya mengemas produk mereka dalam plastik khusus sehingga terlihat rapi dan bersih. Selain itu, bahan baku yang digunakan adalah air mineral sehingga terjamin kebersihannya. Karena kelebihan ini pula, konsumen lebih menyukai penggunaan es batu kristal.

Kelebihan-kelebihan es batu kristal tersebut telah menarik minat konsumen maupun para pelaku usaha kuliner. Kelebihan ini pula yang menjadi nilai jualnya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan es balok, namun pengusaha kuliner lebih menyukai es batu kristal ini. Permintaan es batu kristal tak hanya berasal dari restoran-restoran besar saja tetapi juga dari usaha-usaha kuliner kecil, penyelenggara event, hingga booth-booth kecil yang menjual aneka minuman.

via WebstaurantStore

Memulai Usaha Es Batu Kristal

Usaha es batu bisa dibilang sebagai usaha yang tak ada matinya. Bahkan selama musim penghujan, permintaan es batu kristal hanya turun sekitar 10% saja. Penurunan itu pun hanya terjadi di bulan Januari dan Februari saja. Setelah itu, permintaan kembali normal.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha es batu kristal, maka komponen utama yang perlu disiapkan adalah mesin pembuat es batu kristal atau ice cube maker. Saat ini telah tersedia ice cube maker dengan beragam kapasitas produksi, misalnya saja mesin dengan kapasitas produksi 40Kg atau mesin dengan kapasitas produksi 50Kg. Mesin pembuat es ini dirancang secara khusus sehingga mampu membuat es batu kristal hanya dalam waktu beberapa jam saja. Tak perlu mengimpor dari Cina atau Amerika, ice cube maker ini kini sudah bisa dipesan di distributor dalam negeri.

Fomac Ice Cube Maker via KlikMRO

Siapkan pula pengemasan es batu kristal. Kebersihan harus dijaga saat proses pengepakan berlangsung agar proses produksi yang sudah higienis tak sia-sia. Misalnya saja dengan penggunaan sarung tangan dan penutup kepala. Lebih baik lagi jika es batu kristal yang sudah jadi bisa langsung ditampung dalam kemasan plastik untuk mengurangi kontak dengan manusia sehingga es batu kristal terjaga kebersihannya.

Selain menyiapkan ice cube maker dan pengemasan, siapkan pula tempat penyimpanan yang dingin /  cooler. Simpan es batu kristal yang sudah diproduksi di dalam cooler sampai beku supaya saat diterima oleh pembeli, es masih dalam keadaan beku dan tidak mudah mencair. Selain itu, pengantaran es batu kristal ke konsumen juga harus menggunakan cool box atau mobil yang mempunyai pendingin supaya demi menjaga kebekuan es. Umumnya para pemasok es batu kristal menerapkan minimal pemesanan agar sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkan. Misalnya saja minimal pesanan 20Kg untuk daerah yang cukup dekat dan minimal pemesanan 30Kg-50Kg untuk daerah yang lebih jauh.

Rubbermaid Cooler Box via KlikMRO

Perhatikan pula kualitas air yang digunakan. Pastikan air yang dipakai untuk memproduksi es batu kristal benar-benar terjamin kebersihannya. Jika menggunakan air sumur, maka diperlukan beberapa proses filtrasi sehingga mineral dan zat berbahaya bisa dihilangkan. Kebersihan air yang digunakan akan menjadi nilai lebih bagi para calon konsumen es batu kristal Anda. Restoran-restoran besar umumnya sangat memperhatikan hal ini.

Untuk memasarkan produk es kristal ini, Anda bisa “jemput bola” dengan menghampiri restoran-restoran sambil membawa contoh es batu kristal. Jangan takut untuk bersaing dengan pemasok es batu kristal lainnya karena selau ada celah untuk mendapatkan konsumen baru. Anda bisa menjaring restoran-restoran baru dan menjadikan kualitas produk serta pelayanan sebagai nilai lebih kepada calon konsumen.

Jadi, apakah Anda tergiur untuk mencoba usaha es batu kristal ini?

Hidup Sehat dengan Juicer!

Jangan Lupakan 5 Hal ini Saat Membersihkan Restoran

Referensi:

kontan.co.id

topbisnis.org