Peluang Usaha Industri Kreatif di Bulan Ramadan dan Lebaran

0
645

Tahukah Anda? Industri kreatif merupakan salah satu kekuatan bisnis di Indonesia yang tengah didorong pergerakannya oleh Kementerian Perindustrian RI. Indonesia adalah negara yang kaya akan seni, budaya, dan tradisi, sehingga bila terus dikembangkan akan menjadikan potensi bisnis tersebut begitu terbuka.

Tidak hanya di Indonesia, pasar yang disasar industri kreatif juga sampai ke luar negeri. Di Bulan Ramadan serta Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pasar industri kreatif kian terbuka, asalkan Anda siap untuk ikut bersaing.

Sejumlah aksesoris berbahan kayu, karet, serta barang fashion seperti sepatu, peci, kerudung dan sebagainya termasuk dalam kategori benda-benda yang paling dicari pada Bulan Ramadan ini. Ini kesempatan yang besar tentunya bagi para pelaku industri kreatif untuk mendulang keuntungan dan omset sebesar-besarnya.

Namun, kemajuan teknologi ditakuti oleh sebagian orang karena dinilai akan merugikan pengusaha atau pengrajin di industri ini. Faktanya, justru industri ini bisa semakin maju dengan ditopang oleh teknologi. Dalam subsektor tertentu, khususnya kerajinan, bahkan dengan ditopang kemajuan teknologi ini, industri kreatif bisa menembus pasar luar negeri. Meski di sisi lain, seperti produk fesyen misalnya, dapat bersaing dalam kategori produk hijab maupun produk serupa.

Sebenarnya, hal ini bisa berubah apabila konsumen di dalam negeri memiliki kesadaran untuk menggunakan produk dalam negeri. Selain menambah perekonomian nasional, produk dalam negeri pun tidak kalah bersaing karena kempampuan SDM kita dan ketersediaan bahan baku yang sudah mumpuni. Ditambah lagi, industri kreatif diproyeksikan terus menyerap tenaga kerja dari tahun ke tahun melihat perkembangannya saat ini, sehingga tentu akan mengurangi angka pengangguran.

Apa saja peluang bisnis yang bisa Anda gunakan di bulan Ramadan dan Lebaran?

Disarankan semua produk yang bernafaskan Islami tentunya bisa menjadi produk andalan Anda. Mulai dari produk kerajinan tangan, produk pangan, hingga fesyen.

Lebih lanjut, industri kuliner dengan berbekal kearifan lokal juga mampu bersaing. Dengan metode yang inovatif dan unik, menjadi kunci keberhasilan industri kreatif ini. Namun ingat, segeralah direalisasikan karena Anda tidak tahu persaingan yang dapat muncul terlebih dahulu.

Beberapa usaha industri kreatif yang dapat laris di bulan Ramadan dan Lebaran:

 

Usaha Busana Muslim

Baik di bulan Ramadan maupun Idul Fitri, usaha perdagangan busana Muslim adalah salah satu usaha yang jitu. Terlebih lagi, masyarakat Indonesia umumnya memiliki budaya yang melekat pada perayaan lebaran, yakni pembelian baju baru. Tidak menutup kemungkinan juga lho apabila orang yang sama membeli setidaknya 2 hingga 3 baju saat perayaan lebaran. Lalu jumlah tersebut dikalikan dengan potensi pasar yang sangat besar. Dengan kemajuan teknologi, usaha ini dapat dilakukan via marketplace maupun hal serupa mengingat penetrasi masyarakat terhadap kegiatan online shopping meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam menjalankannya pun terdapat dua metod. Yang pertama Anda dapat membangun relasi dengan supplier pakaian muslim untuk mendapatkan pakaian dengan harga grosir. Untuk metode kedua tentunya membuat sendiri pakaian muslim tersebut. Namun perhatikan pula jumlah reseller yang sudah bertebaran diluar sana, agar sebagai pedoman strategi dalam menghadapi persaingan bisnis.

 

Bisnis Kue

Kue kering, kue manis, maupun makanan ringan lainnya bisa dijadikan jamuan bagi tamu saat lebaran. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang bagi para pelaku industri pangan. Apabila Anda memiliki passion dalam membuat kue,  ataupun mengenal kerabat yang dapat membuat kue, alangkah baiknya Anda pertimbangkan usaha yang satu ini .Selain itu, di Bulan Ramadan ini makanan pembuka (takjil) maupun gorengan juga memiliki daya tarik khusus karena jenis makanan ini cenderung diminati banyak orang pada saat berbuka.

 

Bisnis Parcel Lebaran

Mengirim parcel lebaran adalah hal yang lumrah dilakukan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan terkadang, perusahaan tertentu juga menyediakan parcel untuk menjadi tambahan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya. Jadi, potensi pasar untuk parcel lebaran dapat meliputi individual (B2C) maupun perusahaan (B2B). Tentu hal ini dapat dipertimbangkan mengingat harga parcel biasanya sudah termasuk margin tertentu sehingga jenis usaha yang satu ini juga dapat menggiurkan untuk dijalani saat perayaan lebaran.

Masih banyak lagi jenis usaha yang dapat dijadikan peluang untuk Anda mendulang pendapatan Halal di bulan suci ini. Oleh karena itu, sudah saatnya membangun lagi kreatifitas Anda dan raihlah keberhasilan.

Sebagai modal, Anda bisa mencari produk-produk alat dan perkakas yang dapat membantu usaha Anda disini. Selain dari segi harga, pastikan peralatan yang Anda gunakan berkualitas tinggi mengingat potensi volume produksi yang cenderung tinggi di bulan Ramadan ini.

Yuk mulai usaha industri kreatif Anda, solusinya hanya di KlikMRO.com