Pahami Metode Pembersihan yang Sesuai untuk Setiap Jenis Lantai

0
141

Pahami Metode Pembersihan yang Sesuai untuk Setiap Jenis Lantai – Apakah fasilitas tempat bekerja ataupun tempat tinggal Anda memiliki dua jenis lantai yang berbeda atau lebih? Faktanya, setiap jenis lantai memiliki kebutuhan pembersihan yang berbeda-beda, mulai dari lantai kayu keras, karpet, lantai vinyl, lantai keramik, hingga lantai laminasi epoxy yang umumnya digunakan pada lingkup gudang dan pabrik. Dalam merencanakan kegiatan pembersihan dan perawatan fasilitas, Anda juga perlu mengetahui cara paling efektif untuk membersihkan jenis lantai sesuai dengan metode pembersihannya.

Identifikasi Jenis Lantai untuk Menentukan Metode Pembersihan
Setiap jenis lantai membutuhkan perawatan yang berbeda. Sebagai langkah awal, tentukan jenis lantai yang hendak dibersihkan, apakah itu vinyl, keramik, atau kayu? Lalu kemudian Anda dapat memilih metode pembersihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

Cara Terbaik untuk Membersihkan Lapisan Karpet
Karpet perlu dibersihkan secara teratur sesuai dengan frekuensi penggunaannya. Dalam lingkungan yang tidak memiliki banyak lalu lintas pejalan kaki, pembersihan karpet mungkin dapat dilakukan dua kali seminggu. Berbeda dengan fasilitas umum seperti kantor hotel, rumah sakit, dan fasilitas industri. Jumlah lalu lintas pejalan kaki yang lebih tinggi membutuhkan pembersihan karpet agar dilakukan secara rutin hingga setiap hari, sesuai dengan jadwal pembersihan masing-masing fasilitas. Dalam membersihkan lapisan karpet, Anda dapat menggunakan vacuum carpet extractor untuk menyedot debu dan partikel yang menempel pada lapisan serat karpet. Lantai dengan lapisan karpet juga membutuhkan pencucian yang teratur menggunakan air dan sabun khusus yang diformulasikan untuk pembersihan karpet.

Pahami Metode Pembersihan yang Sesuai untuk Setiap Jenis Lantai – Lavor Pro Vacuum Extractor di klikMRO.com
Alat Teknik lengkap

Cara Terbaik untuk Membersihkan Lantai Kayu
Menggunakan terlalu banyak air atau cairan pembersih pada lantai kayu dapat menyebabkan kerusakan permanen. Ingatlah bahwa material kayu asli bersifat keropos, dan akan menyerap cairan jika terlalu banyak diaplikasikan pada permukaan kayu tersebut. Menyapu secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan lantai kayu keras. Untuk membersihkan noda atau tumpahan, gunakan pembersih ringan yang dirancang khusus untuk lantai kayu. Solusi pembersihan lainnya yang dapat dilakukan yakni dengan pembongkaran ulang material kayu untuk selanjutnya dibersihkan secara menyeluruh. Namun hal ini tentu akan memakan waktu dan tenaga khususnya untuk proses pembongkaran dan pasang ulang.

Cara Terbaik untuk Membersihkan Vinyl dan Laminasi
Seperti halnya lantai kayu, penting untuk membatasi jumlah air dan cairan pembersih pada lantai vinyl maupun laminasi. Air yang berlebih dapat masuk ke lapisan lantai sehingga berpotensi mengendurkan perekatnya, yang akan menyebabkan lapisan lantai terkelupas. Begitu pula halnya dengan lantai laminasi yang akan mengembang jika menyerap terlalu banyak air. Oleh karena itu, disarankan agar tumpahan air segera dibersihkan dan dikeringkan untuk kedua jenis lantai ini. Terkait metode pembersihannya, gunakan alat sapu dan alat pel dan lakukan pembersihan ringan secara teratur. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kebersihan dan keawetan jenis lantai vinyl dan lantai laminate.

Cara Terbaik Membersihkan Lantai Keramik / Ubin
Jenis ubin sangat menentukan metode pembersihannya. Banyak lantai berbahan keramik komersial terbuat dari campuran komposisi vinyl sehingga membutuhkan pembersih yang bersifat non-abrasif. Jenis ubin lain mungkin lebih dapat mentolerir bahan kimia yang lebih keras, tetapi bagian grout-nya tidak. Masalah dengan lantai ubin yang di-grout adalah nat tidak sejajar dengan ubin, sehingga mudah terlewatkan ketika dalam proses pembersihan. Untuk itu, penting bagi user untuk memilih sikat atau alat pembersih yang dapat mengakomodasi hal ini.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Bersihkan Lantai Dengan Mop Ini

Cara Terbaik Membersihkan Beton
Jika fasilitas Anda memiliki lantai beton, sealant akan membantu mencegah jenis lantai ini terhadap elemen noda, seperti cairan yang tumpah atau partikel kotoran yang lainnya. Selain itu, sealant tersebut juga mempermudah proses pembersihan khususnya pada garis-garis beton. Dalam proses pembersihan, Anda dapat menggunakan sikat pembersih seperti sapu ataupun mesin pembersih yang memiliki sikat lebih keras agar dapat mengikis kotoran yang membandel.

Mesin Pembersih Lantai
Banyak fasilitas komersial membutuhkan mesin pemoles lantai (floor polisher) untuk kegiatan pemolesan seluruh permukaan lantai secara cepat, efisien, dan menyeluruh. Selain itu, ada pula mesin scrubber dryer, dimana merupakan sarana mudah untuk proses pembersihan menyeluruh yang dapat membersihkan lantai sekaligus mengeringkannya.

Pahami Metode Pembersihan yang Sesuai untuk Setiap Jenis Lantai – Electroklin Floor Polisher di klikMRO.com

Salah satu faktor penting khususnya dalam berinvestasi pada mesin pembersih lantai, adalah jenis sikat yang digunakan. Pastikan cleaning pad yang hendak digunakan dirancang khusus untuk jenis lantai yang hendak dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko lantai menjadi baret, ataupun resiko efektivitas dimana pembersihan menjadi kurang maksimal. Untuk itu, pilihlah jenis sikat lantai yang paling sesuai dengan jenis lantai Anda, seperti pad yang lebih kaku untuk membersihkan lantai beton, ataupun pad yang lebih lembut dan tebal untuk membersihkan permukaan lantai keramik, granit, ataupun lainnya.

Solusi Cleaning Fasilitas Anda
Sebelum menentukan peralatan kebersihan yang sesuai dengan kebutuhan cleaning fasilitas Anda, penting untuk merencanakan terlebih dahulu masing-masing peralatan kebersihan yang sekiranya akan digunakan, sesuai dengan frekuensi, spesifikasi, serta jenis peralatan tersebut. klikMRO B2B E-Commerce menyediakan peralatan kebersihan secara komprehensif untuk menunjang kebutuhan cleaning Anda. Temukan produknya dan konsultasikan secara gratis bersama kami disini.