Pahami Ini Dulu Sebelum Mengganti Sistem HVAC dalam Gedung

0
58

Pahami Ini Dulu Sebelum Mengganti Sistem HVAC – Kondisi sistem HVAC yang masih terlihat baik, belum tentu bekerja dengan maksimal. Secara umum, sistem HVAC perlu dilakukan penggantian setiap 5-10 tahun. Oleh karena itu, penting bagi pelaku industri untuk mengetahui kapan saatnya untuk berhenti membayar tagihan perbaikan yang berlebih dan sebagai gantinya, berinvestasi dalam sistem HVAC yang baru.

Seiring bertambahnya usia bangunan, maka sistem infrastruktur juga perlu diperhatikan agar tetap memenuhi standar sekarang ini. Infrastruktur sistem yang sudah usang dapat memperburuk struktural fasilitas gedung, serta mempengaruhi kinerja karyawan dalam suatu gedung / lingkup kerja.

Menurut survei dari CareerBuilder (2018), hampir separuh pekerja yakni 46% mengatakan bahwa kantor mereka terlalu panas ataupun terlalu dingin. Dari data tersebut, 51% mengatakan duduk di kantor yang terlalu dingin dapat menurunkan produktivitas, dan 67% mengatakan duduk di kantor yang terlalu panas juga dapat menurunkan produktivitas kerja. Dengan data tersebut, diketahui bahwa suhu lingkup kerja yang sesuai sangat diperlukan karyawan agar dapat fokus meningkatkan produktivitas kerja, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan.

Sistem mekanis yang mengontrol suhu lingkup kerja dibagi menjadi 4 pilar utama, yakni sistem exhaust, ventilasi, dan AC (HVAC) gedung. Sistem HVAC bekerja untuk mendinginkan struktur komersial dan residensial, menyaring dan membersihkan udara dalam ruangan, meningkatkan kepadatan oksigen dengan udara yang sejuk, menjaga tingkat kelembapan udara agar optimal, serta menyediakan sirkulasi udara dalam ruangan.

Di era pandemi ini, udara ruangan indoor / ruangan tertutup memang menjadi salah satu faktor penyebaran COVID terbanyak. Hal tersebut dikarenakan minimnya sirkulasi udara, serta minimnya ketersediaan ventilasi udara. Penyebaran COVID ini umumnya terjadi di ruangan yang lembab, tidak berangin, tidak ada perputaran udara, serta padat orang. Oleh karena itu, dengan sistem HVAC yang baik maka udara dalam ruangan dapat tersaring dengan baik, dan sebagai gantinya menghasilkan oksigen yang mumpuni disertai dengan sirkulasi udara ruangan yang bersih dan memadai.

Dalam perencanaan penggantian sistem HVAC, maka perlu diperhatikan beberapa faktor dibawah ini:

  1. Cakupan dan performa sistem HVAC, dibandingkan dengan luas bangunan atau ruangan. Jika sistem HVAC terus menerus bekerja dengan kapasitas maksimum, maka umur dari keseluruhan sistem serta komponen akan menjadi lebih pendek
  2. Ukuran unit dibandingkan dengan ukuran selang / pipa saluran. Kesalahan ukuran ataupun desain yang kurang kompatibel dapat mendorong sistem HVAC Anda untuk bekerja lebih keras dikarenakan proses penyaluran yang lebih panjang dari yang seharusnya. Selain itu, aliran / flow dari saluran yang terlalu kecil dapat menyebabkan aliran udara menjadi terhambat sehingga menyebabkan tekanan berlebih pada pipa, dan dapat mempengaruhi suhu output yang tidak konsisten.

    Pahami Ini Dulu Sebelum Mengganti Sistem HVAC dalam Gedung – Moradon Aluminum Duct HVAC di klikMRO.com
  3. Preventive maintenance rutin pada sistem. Sama seperti sistem mesin maupun elektronik lainnya, sistem HVAC perlu diservis secara teratur untuk mendapatkan performa terbaik serta efisiensi maksimal.
  4. Frekuensi penggantian filter. Jadwal penggantian filter akan bergantung pada kondisi lingkungan. Contohnya lingkup perkantoran yang bersih seperti biasanya dilakukan penggantian filter 3-4 kali setiap tahun. Sedangkan untuk lingkungan kerja yang lebih kotor seperti pabrik ataupun gudang, frekuensi penggantian filter akan meningkat secara eksponensial.  Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko seperti filter yang tersumbat dengan debu ataupun kotoran lainnya. Oleh karena itu, ganti filter secara teratur dan pastikan Anda selalu memiliki persediaan filter pengganti yang memadai. Dengan dibuatkan jadwal penggantian filter secara konsisten, maka perusahaan dapat memastikan semua sistem HVAC dan komponen terkait bekerja secara efisien sepanjang tahun.
  5. Kondisi iklim dan cuaca. Dengan cuaca panas dan curah hujan yang tidak menentu, maka kualitas udara juga dapat terpengaruhi. Mulai dari tingkat kelembapan, tingkat polusi udara, serta potensi kandungan air dalam udara yang tersaring sistem. Hal ini menjadi perhatian khususnya bagi building manager, untuk melakukan pengecekan rutin terutama pada unit outdoor agar tidak terjadi penyumbatan maupun resiko karat dalam komponen-komponen di dalamnya.
  6. Kualitas pekerjaan instalasi. Sistem HVAC yang dipasang dengan benar akan bertahan lebih lama dan berfungsi lebih baik daripada sistem yang tidak dipasang dengan benar. Oleh karena itu, pastikan proses instalasi dilakukan oleh profesional agar menghindari potensi kerusakan kedepannya.
  7. Perbandingan umur unit HVAC dengan komponen lainnya. Unit HVAC merupakan inti dari sistem kerja, sehingga apabila terjadi kerusakan maka perlu diperhatikan penggantiannya, karena tidak semua masalah pada sistem dapat teratasi hanya dengan penggantian komponen untuk menghemat biaya. Kebiasaan penggantian komponen apabila unit sudah rusak, maka hanya akan menunda potensi kerusakan yang lebih besar kedepannya.

Sistem HVAC perlu dipantau terkait biaya maintenance yang berkelanjutan. Biaya pemeliharaan ini dapat menjadi lebih mahal seiring bertambahnya usia sistem. Bahkan apabila diakumulasikan, frekuensi perbaikan-perbaikan kecil dapat menguras biaya yang lebih besar dibandingkan biaya pembelian sistem HVAC yang baru. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan potensi downtime sistem, serta dan potensi efisiensi yang dapat diperoleh dengan membeli sistem HVAC yang lebih modern.

Dalam menentukan penggantian sistem HVAC, pastikan Anda berkonsultasi langsung dengan pihak profesional, ataupun dengan melihat testimoni dari produk sistem HVAC yang beredar di pasar. Untuk menjamin hal-hal tersebut, klikMRO bekerja sama dengan pemegang merk resmi hingga partner terpercaya dalam penyediaan unit maupun sistem HVAC untuk fasilitas Anda. Temukan dan konsultasikan kebutuhan Anda mengenai produk-produk HVAC disini.