Otomatisasi Pengadaan di New Normal dapat Meningkatkan Efisiensi dan Kenyamanan

0
34

Otomatisasi Pembelian untuk Meningkatkan Efisiensi Selama Pandemi – Sebuah studi dari American Productivity & Quality Center, menyebutkan bahwa otomatisasi proses pembelian dan pengadaan barang dapat meningkatkan efisiensi melalui metode administrasi yang cepat, serta mendapatkan produk lebih tepat waktu. Dalam hal ini, potensi efisiensi yang akan didapatkan meliputi efisiensi waktu, efisiensi tenaga, hingga meminimalisir biaya administrasi serta cost dari pertemuan fisik. Masih dari studi tersebut, disebutkan pula bahwa perusahaan yang menggunakan otomatisasi pembelian dan pengadaan barang, akan menghemat waktu karyawannya hingga beberapa jam, sehingga karyawan dapat lebih produktif mengerjakan pekerjaan lainnya yang akhirnya berujung pada peningkatan produktivitas.

Semasa pandemi ini, penerapan social distancing merupakan praktik yang akan berlangsung lama sehingga menjadi kebiasaan masyarakat. Perusahaan dapat memaksimalkan kesehatan para karyawannya melalui berbagai protokol kesehatan, serta pemantauan secara menyeluruh. Digital procurement membantu perusahaan dalam era new normal ini, khususnya dalam hal mengurangi pertemuan fisik hingga digitalisasi pencarian dan pengiriman barang.

Otomatisasi pengadaan merupakan salah satu bentuk terobosan teknologi dalam dunia bisnis. Hal ini secara umum disebut pula sebagai digital procurement. Tidak hanya menjadikan segala proses menjadi lebih terotomatisasi, tapi juga memudahkan pemantauan serta pengukuran performa pengadaan. Ada beberapa manfaat dari otomatisasi pembelian atau digital procurement bagi perusahaan:

  • Efisiensi menyeluruh segala hal, baik dari segi waktu, cost, administrasi, hingga effort
  • Meningkatkan produktivitas pekerja pengadaan, serta pekerja di site untuk mendapatkan barang yang dikehendaki secara tepat waktu
  • Mengontrol penuh proses approval, pembayaran, analisis pengeluaran, batasan pembelanjaan, dan sebagainya
  • Memudahkan manajemen kontrak
  • Melacak ketersediaan barang, perbandingan harga, serta rekomendasi produk alternatif semua dalam satu platform

Dengan demikian, pengadaan digital dapat dimaksimalkan dengan kehadiran eSourcing (pencarian otomatis), ePayables (pembayaran otomatis), dan sebagainya. Tentunya, hal-hal tersebut tidak hanya memberikan manfaat dalam hal efisiensi waktu dan tenaga, tetapi juga meningkatkan keuntungan bagi setiap perusahaan yang menerapkannya.

Otomatisasi pengadaan klikMRO dapat memberikan kemudahan pula terkait penawaran harga. Dengan sistem satu harga untuk masing-masing SKU produk, pelaku pengadaan dapat memantau kebutuhan mulai dari jumlah barang, ketersediaan barang, produk alternatif, estimasi ongkos kirim, hingga otomasi jenjang approval. Analisis pengeluaran dapat pula dilakukan dengan ketersediaan integrasi dengan procurement card sehingga proses pembelian dapat terukur, aman, dan tidak melewati limit.

klikMRO B2B E-Commerce

Dengan demikian melalui penerapan pengadaan digital, Anda tidak sedang menerapkan istilah bekerja lebih keras namun sebaliknya, bekerja lebih cerdas. Hal ini sangat diperlukan di era new normal ini, dimana masing-masing individu dituntut untuk lebih produktif namun tetap menjaga kesehatan dan keamanan diri sendiri. klikMRO hadir sebagai partner pengadaan digital Anda. Pelajari lebih lanjut disini.