Tahukah Anda bahwa gergaji bandsaw merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang pemotongan menggunakan gergaji lho. Mesin bandsaw adalah jenis mesin gergaji yang ditujukan untuk memudahkan Anda dalam kegiatan pemotongan benda keras melalui gesekan terus menerus secara berputar dari mata besi yang tajam . Ada banyak material yang bisa dipotong menggunakan mesin bandsaw ini, mulai dari kayu, keramik, mika sampai besi sekalipun.

Apabila dibandingkan dengan gergaji manual, pekerjaan pemotongan dapat menjadi lebih lama ketimbang menggunakan bandsaw, serta mengeluarkan lebih banyak tenaga. Hasilnya, proses pemotongan benda besar menjadi kurang efektif karena kesulitan tersebut. Namun gergaji bandsaw tidak dapat sembarangan digunakan dimanapun, terlebih karena bentuknya yang besar sehingga tidak mudah untuk dibawa-bawa. Gegraji bandsaw juga memerlukan sumber listrik sebagai tenaga operasionalnya, yang cukup sulit ditemukan apabila melakukan pemotongan di daerah yang belum berkembang.

Secara singkat, proses kerja gergaji bandsaw ini adalah dengan menggunakan pita besi atau mata gergaji yang berputar melalui dua buah roda sebagai poros dan media putarnya. Roda tersebut direkatkan dengan penyangga sehingga roda dan mata gergaji tidak bergeser. Dengan demikian, Anda dapat memastikan pemotongan benda dan material bisa konsisten dan kontinyu. Itulah kenapa gergaji bandsaw sering digunakan di berbagai industri pengolahan kayu, sebab hasil pemotongannya yang rapi, konsisten, serta presisi.

Dalam industri lain, mesin bandsaw yang digunakan biasanya berukuran lebih kecil, bahkan ada pula yang berteknologi cordless bandsaw (tanpa kabel). Tentunya, hal tersebut ditujukan untuk membantu pembuatan pola pada material yang akan dibentuk. Terkait ukuran, ada banyak ukuran dari gergaji bandsaw ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, ukuran yang paling kecil adalah ukuran 12 inci. Kemudian, ada berbagai ukuran lain sampai ukuran terbesar yakni 52 inci. Ukuran yang kecil digunakan untuk pemotongan yang lebih kecil, misalnya membuat pola pada permukaan material dan sebagainya. Sedangkan ukuran gergaji ukuran besar biasanya digunakan untuk memotong benda yang lebih kokoh dan besar pula.

Baru-baru ini, teknologi terbaru terus disematkan terhadap mesin bandsaw. Contohnya ada beberapa bagian pendukung sudah merupakan bagian dari mesin bandsaw, mulai dari gergaji pita, roda untuk penggerak gergaji pita, motor mesin yang tangguh, hingga meja / alas khusus sebagai tatakan pemotongan. Selain itu, berbagai inovasi dalam hal portabilitas menjadikan peralatan mesin bandsaw mudah untuk dibawa-bawa sehingga lebih memudahkan pekerjaan pemotongan di lingkungan yang sempit atau membutuhkan mobilitas tinggi.

Untuk menjadikan pekerjaan mesin bandsaw menjadi lebih optimal, tentunya Anda perlu melakukan penyetelan yang tepat. Sebelum dipakai, Anda sebaiknya melakukan penyetelan daun gergaji melalui roda penegang dengan menggunakan tabel ketegangan. Antar rolnya diatur dengan jarak sekitar 0,5 – 1 cm. Cara pengaturan rolnya adalah dengan membuka pengunci rol antar pita, sampai jarak tersebut bisa dicapai.

Selanjutnya, gunakan gergaji bandsaw sesuai kegunaannya. Rata-rata pemakaian gergaji bandsaw adalah untuk membelah atau memotong kayu / besi baik berbentuk pelat maupun bundar. Sebetulnya bandsaw juga dapat digunakan untuk memotong dengan kemiringan tertentu, serta menggergaji pada lengkungan  dengan diameter tertentu pula. Penggunaan yang sesuai dengan fungsi masing-masing gergaji pita tentunya menjadikan hasil yang didapat menjadi maksimal.

Terakhir, gunakan selalu produk yang berkualitas. Terkadang kita terburu-buru untuk cepat mendapatkan barang yang dibutuhkan / diminta, sehingga banyak orang memilih untuk membeli produk yang belum tentu kualitasnya terjamin. Hal tersebut bisa berbahaya, terlebih penggunaan bandsaw ini cukup berbahaya mengingat mata gergaji yang berputar secara terus menerus dapat mengakibatkan kecelakaan kerja apabila terjadi kerusakan maupun kelalaian. Untuk itu, pilihlah  produk pemotongan yang berkualitas serta memiliki desain yang mengurangi resiko bagian tubuh terkena mata gergaji.

Solusi pemotongan menggunakan mesin bandsaw maupun suplai gergaji lainnya dapat Anda temukan disini.