Mulai Produktivitas dengan 8 Peralatan Esensial Protokol Kesehatan

0
86

Mulai Produktivitas dengan 8 Peralatan Protokol Kesehatan – Dengan penerapan New Normal yang telah diputuskan pemerintah, sektor industri sudah dapat mulai berjalan kembali pada masa transisi di bulan Juni ini. Hal ini memungkinkan para pelaku industri untuk kembali bekerja, namun dengan menerapkan prosedur yang berlaku serta protokol kesehatan. Untuk itu, penting bagi perusahaan serta individu untuk memahami dan menjalankan protokol kesehatan secara efektif guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Dalam penerapan new normal ini, masing-masing individu perlu mempersiapkan perlengkapan untuk mendukung kebersihan diri. Hal ini untuk meningkatkan sisi higienis dalam setiap aktivitas yang dilakukan, baik menggunakan tangan, face to face, dan berpergian keluar. Agar aktivitas tetap produktif namun tetap terlindungi dari virus corona, sebaiknya siapkan perlengkapan yang menunjang. Berikut ini adalah beberapa peralatan esensial new normal yang sebaiknya dibawa setiap kali beraktivitas di era new normal:

  1. Hand Sanitizer / Hand Sterilizer
Calypso Hand Sanitizer 1L di klikMRO.com

Hand Sanitizer atau cairan pembersih tangan merupakan salah satu senjata utama dalam memerangi virus dan kotoran lainnya di tangan. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan menggunakan tangan, hand sanitizer dapat memberikan perlindungan optimal sebagai upaya pencegahan COVID-19. Hal ini tentu berkaitan dengan perubahan kebiasaan kita, seperti selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh muka, ataupun setelah menyentuh permukaan benda umum lainnya. Kualitas Hand Sanitizer yang baik mengandung alcohol dengan tingkat konsentrat minimal 70% sehingga efektif dalam membunuh kuman ataupun virus. Sekedar tips dalam pengujian kualitas hand sanitizer, salah satunya adalah dengan memperhatikan seberapa cepat cairan tersebut kering dan tidak lengket di tangan ketika digunakan.

 

2. Masker

3M Masker N95 di klikMRO.com

Berdasarkan peraturan pemerintah, masker merupakan peralatan wajib yang digunakan masing-masing individu ketika keluar rumah. Hal ini sepenuhnya dianjurkan dari segi kesehatan, dikarenakan penyebaran virus COVID-19 ditularkan melalui area wajah seperti hidung, mulut, dan mata. Namun perlu diingat bahwa masker 3-ply harus selalu diganti setelah penggunaan lebih dari 6 jam, dan berlaku pula bagi pengguna masker kain untuk segera mencuci maskernya setelah penggunaannya. Untuk aplikasi masker di lingkup industri,jenis masker dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan spesifikasi. Untuk tipe masker keperluan industri, terdapat beberapa jenis untuk melindungi wajah dari gas kontaminasi, hingga debu dan kotoran lainnya. Untuk lebih lengkapnya dapat dicek disini.

 

3. Face Shield

Krisbow Face Shield PET di klikMRO.com

Peralatan yang satu ini tidak kalah penting dibandingkan masker. Face Shield umumnya digunakan para pelaku industri maupun pekerja yang sering melakukan tatap muka langsung, terutama dengan pelanggan. Face shield berguna untuk melindungi area wajah secara keseluruhan dari potensi droplet / cairan yang dikeluarkan oleh orang sekitar. Seperti kita ketahui bahwa virus COVID-19 ditularkan melalui droplet yang masuk ke area hidung, mulut, dan mata, maka penggabungan penggunaan face shield dan masker merupakan solusi total dalam pencegahan COVID-19 untuk area wajah. Dengan face shield, pengguna dapat melindungi area yang tidak tercover hanya dengan penggunaan masker, seperti area mata. Face Shield dari brand Krisbow memiliki bahan waterproof dengan material PET yang sesuai standar kesehatan, serta kualitas visor yang tidak mudah buram sehingga visual yang tetap jernih bagi pengguna.

 

4. Cairan Disinfektan 

Four Seven deterjen disinfektan di kliKMRO.com

Peralatan ini bertujuan untuk diaplikasikan pada permukaan benda yang hendak kita sentuh, ataupun untuk membersihkannya kembali ketika setelah digunakan. Hal ini meliputi meja kantor, komputer, serta benda lainnya. Selain itu, penggunaan sabun disinfektan dapat dibarengi dengan penggunaan tisu untuk memudahkan pengelapan permukaan benda seperti pada meja, handphone, keyboard, dan mouse komputer. Umumnya deterjen disinfektan dituangkan ke tabung semprot, sehingga agar lebih hemat maka disarankan membeli cairan disinfektan dengan takaran / volume yang besar sekaligus.

 

5. Sarung Tangan

As One Nitrile Gloves Disposable di klikMRO.com

Sarung tangan dapat dijadikan solusi bagi pekerja yang dalam pekerjaannya membutuhkan pengoperasian mesin dengan menggunakan tangan. Selain untuk melindungi tangan dari bahaya kimia / chemical spill, sarung tangan juga berfungsi untuk menjaga kebersihan tangan serta membantu para pekerja yang kesulitan untuk mencuci tangan secara teratur. Selain itu, dari sisi psikologis dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan sarung tangan, para pekerja secara tidak langsung dapat terbiasa untuk tidak menyentuh wajah. Hal ini memberikan dampak positif dalam upaya pencegahan resiko kontaminasi serta penularan COVID-19.

 

6. Peralatan Makan

Happy Meal Vacum Set di klikMRO.com

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terkadang kita lupa untuk menerapkan kebiasaan baik saat sedang office break / jam istirahat. Dalam hal ini, penggunaan peralatan makan sendiri dapat meminimalisir kontaminasi dibandingkan penggunaan alat makan secara berbarengan. Bagi karyawan perkantoran maupun pekerja lainnya, disarankan membawa alat makan sendiri serta tetap menjaga jarak pada saat antrian pengambilan / pembelian makanan. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir terhadap sisi steril dari peralatan makanan yang kita gunakan, karena kita yang mencuci sendiri serta tidak sharing dengan pekerja yang lain.

 

7. Tisu 

LIVI Tissue Multipurpose di klikMRO.com

Persediaan tisu tentu akan sangat berguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Walaupun sifatnya tidak mensterilkan, namun alangkah baiknya tisu digunakan terlebih dahulu untuk mengeringkan / membersihkan tangan dari kotoran maupun debu sebelum menggunakan cairan disinfektan. Untuk pembersihan area kerja, tisu juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, maupun area kerja kita dengan metode pengelapan dengan tisu yang telah disemprotkan cairan disinfektan.

8. Air Purifier

Honeywell Portable Air Purifier di klikMRO.com

Salah satu investasi kebersihan yang g sedang diminati masyarakat adalah Air Purifier. Sterilisasi tidak hanya untuk permukaan benda, namun juga perlu dilakukan untuk menjamin kualitas udara yang bersih dan sehat. Air Purifier terdiri dari beberapa tipe sesuai kebutuhan sterilisasi udara ruangan, mulai dari yang berukuran portable hingga medium size. Selain itu, terdapat pula produk Car Air Purifier yang dapat digunakan untuk kendaraan pribadi guna menjamin kualitas udara tetap sehat, mengingat filter AC belum tentu mampu memfilter debu halus serta bakteri / virus dari udara luar.

Peralatan-peralatan diatas merupakan senjata utama untuk memerangi virus, sehingga perlu dibawa ketika hendak melakukan aktivitas diluar rumah. Bagi pekerja di lingkup pabrik, perkantoran, dan lainnya disarankan untuk tetap menjaga jarak satu sama lain minimal 1meter. Dengan penerapan protokol kesehatan masing-masing perusahaan, diharapkan produktivitas dapat berjalan dengan baik tanpa mengorbankan sisi keamanan dan kesehatan pekerja. klikMRO terus berupaya untuk menyediakan peralatan kesehatan terbaik untuk menunjang keberlangsungan industri serta menghadirkan solusi digital terkait pengadaan peralatan new normal guna mendukung penerapan new normal.