Mengenal Paku Keling / Paku Rivet Beserta Cara Pasangnya

0
2920

Pemasangan paku keling atau seringpula disebut paku rivet tentunya berbeda dengan pemasangan paku pada umumnya. Paku rivet / paku keling adalah jenis paku yang terbuat dari logam, namun perbedaannya adalah memiliki bagian ujung batang yang cukup besar, sehingga bentuknya sekilas terlihat seperti pedang.

Apabila Anda hendak memasangkan paku rivet, harap dilakukan secara hati-hati. Sebab, pemasangan paku ini bersifat permanen dan jarang akan terlepas lagi. Paku ini paling banyak digunakan sebagai pengikat sambungan besi. Cara pemasangannya pun menggunakan proses pengelingan (riveter).

Penggunaan Paku Keling untuk Sambungan Besi

Paku keling biasanya digunakan apabila adanya kebutuhan antara dua buah atau lebih plat besi yang akan disambung secara permanen. Paku keling memiliki berbagai macam ukuran dan jenis, sehingga penggunannya disesuaikan dengan  material bahan yang akan disambung. Contohnya untuk penyambungan komponen yang lebih lunak dapat menggunakan paku keling berukuran lebih kecil, namun hasil sambungannya tetap permanen. Dalam hal pelepasan paku tersebut, semakin besar ukuran paku keling maka semakin banyak upaya yang perlu dilakukan. Namun, apabila dilepaskan, maka akan ada kerusakan struktur yang terjadi pada komponen yang berkaitan. Untuk itu, perlu dipasang secara tepat dan final.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemasangan Paku Keling / Paku Rivet

Tergantung pada skala pemasangannya, proses instalasi paku rivet dapat menggunakan beberapa peralatan pendukung, antara lain tang rivet / rivet gun, mesin bor, mesin press, dan mesin pemotong. Peralatan tersebut akan memudahkan proses pemasangan paku keling ke material yang dituju. Agar pemasangan lebih kuat, maka disarankan gunakan mesin hidrolik. Dengan memanfaatkan tenaga dari tekanan uap atau udara, tentunya tekanan dari mesin tersebut perlu disesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran dan strategi pemasangan paku keling tersebut.

 

Biar Nggak Keliru, Kenali Lagi Jenis-Jenis Sekrup dan Baut Berikut Ini

 

Langkah-Langkah Pemasangan Paku Keling / Paku Rivet

Pertama, siapkan pelat yang akan disambung. Lalu buat lubang pada plat-plat tersebut. Pastikan ukuran lubang sesuai dengan ukuran paku keling yang hendak digunakan. Sebagai catatan, akan lebih baik bila diameter dari lubang tersebut berukuran 1,5 mm lebih besar dari diameter paku keling untuk menghindari gesekan berlebih antara lubang dengan paku.

Posisi paku blind rivet untuk dimasukkan ke material

Setelah melakukan pelubangan, maka dilanjutkan dengan memasukkan paku keling ke dalam lubang tersebut. Bagian kepala lepas dari paku keling juga dimasukkan ke dalam lubang yang sama. Proses berikutnya adalah menekan kepala paku keling ke bagian ekornya. Untuk mendukung proses penekanan tersebut, Anda bisa menggunakan mesin press atau mesin penekan khusus dengan daya hidrolis. Untuk paku ukuran kecil, Anda bisa menggunakan hand riveter atau bisa juga menggunakan palu ball-pein.

Penggunaan Ball-Pein Hammer untuk memasang paku rivet

Setelah sambungan sudah dipastikan cukup kuat, maka Anda tinggal melakukan pemotongan bagian ekor paku yang tersisa. Untuk pemotongan, gunakan alat pemotong khusus. Penggunaan alat tersebut ditujukan agar permukaan sambungan bisa sama dengan permukaan plat yang disambung. Oleh karena itu, diperlukan pemotong yang bisa memastikan hasil pemotongan benar-benar rapi. Itulah kenapa, menggunakan mesin pemotong khusus lebih disarankan ketimbang menggunakan gergaji manual.

Demikian tips mengenai cara pemasangan paku rivet dari KlikMRO. Bagi Anda yang ingin menyambung plat dengan paku keling, agar setiap prosesnya dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur. Anda bisa mendapatkan mesin-mesin ataupun alat perkakas berkualitas terkait pemasangan paku keling di situs KlikMRO. Khusus untuk hand riveter, ada harga terbaik untuk produk terbaik yakni Jonnesway Hand Riveter V1000 dengan berat hanya 0,64kg disertai grip pegangan yang nyaman dan rotasi 360 derajat untuk memudahkan pekerjaan di tempat sempit.

Jonnesway Hand Riveter di klikMRO.com

Memahami Proses Pengecoran Logam / Besi