Mengenal Komponen dan Jenis Pompa Sentrifugal untuk Kebutuhan Industri

0
135

Mengenal Komponen dan Jenis Pompa Sentrifugal untuk Kebutuhan Industri – Dalam dunia industri, pompa merupakan mesin yang digunakan untuk menghisap, menghirup, menghembuskan angin maupun air. Tidak hanya lingkungan industri, pompa juga sering kita temukan sehari-hari pada air keran yang digunakan, pengisian ban kendaraan, hingga pompa banjir. Pompa merupakan terobosan agar kita tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk menarik air dari kedalaman, atau mengisi sesuatu dengan angin.

Dalam aplikasinya, pompa sentrifugal digunakan sebagai suatu alat atau mesin untuk memindahkan cairan melalui tube / perpipaan dari satu tempat ke tempat yang lain. Caranya adalah dengan menambahkan suatu energi pada cairan yang dimaksud, sehingga proses perpindahan tersebut akan berjalan secara terus menerus.

Cara kerja dari pompa dalam industri kimia adalah dengan menciptakan tekanan yang berbeda antara suction (input), dengan discharge (output). Secara gambaran singkat, pompa ini berfungsi untuk menggunakan tenaga mekanis untuk menghasilkan tenaga kinetis. Sehingga cairan akan terus mengalir tanpa terhambat apapun.

Bagian-Bagian dari Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal terdiri dari beberapa bagian penting. Mulai dari rumah pompa yang terdiri dari stuffing box yang berfungsi untuk mencegah kebocoran, packing yang digunakan untuk mengurangi kebocoran cairan dari casing pompa, shaft yang diperlukan untuk meneruskan momen puntir, shaft sleeve untuk melindungi poros dari erosi dan korosi, serta vane yang merupakan jalur lewat cairan di impeller dan casing yang merupakan pelindung bagian luar.

Untuk komponen bagian dalam pompa sentrifugal, khususnya impeller, terdiri pula dari beberapa bagian.  Impeller merupakan benda yang berguna untuk mengubah energi dari mekanis menjadi kinetis di dalam pompa. Bagian internal mulai dari eye of impeller yang merupakan komponen yang mengatur sisi / arah masuk dari hisapan impeller. Selanjutnya ada pula wearing ring yang berfungsi untuk memperkecil kebocoran yang melewati bagian depan dan belakang impeller. Kemudian terdapat bearing yang menjadi tumpuan untuk menahan beban sehingga poros dapat berputar dengan lancar.

Tsurumi Centri Pump di klikMRO.com

Jenis-Jenis Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal adalah jenis pompa dengan cara kerja pemindahan non-positif. Prinsip kerja dari pompa jenis ini adalah mengubah energi kinetis atau kecepatan, menjadi energi dinamis atau energi potensial. Proses perubahan itu dilakukan melalui semacam impeller yang berputar di dalam casingnya.

Pompa sentrifugal diklasifikasikan berdasarkan kapasitasnya. Untuk kapasistas rendah memiliki tekanan di bawah 20 m3 per jam. Sedangkan kapasitas menengah 20 hingga 60 m3 per jam. Selebihnya dikategorikan sebagai kapasitas besar. Selain dari kapasitas, pompa ini juga diklasifikasikan menurut tekanan discharge-nya. Tekanan rendah yakni di bawah 5kg/cm2, sedangkan tekanan menengah mulai dari 5 hingga 50 kg/cm2.

Sebagai tambahan, komponen impeller di dalam casing pompa juga memiliki perbedaan. Untuk jenis single stage, memiliki satu impeller dan satu casing. Sedangkan multistage terdiri dari beberapa impeller dalam satu casing. Selain itu, multi-impeller menggunakan beberapa impeller yang tersusun paralel dalam satu casing. Sedangkan yang terakhir adalah kombinasi jenis multi-impeller dan multistage.

Dari segi poros pompa, poros tersusun secara tegak, dan ada juga poros yang tersusun mendatar. Untuk proses input (pemasukkan udara / air), posisi suction juga terdiri dari jumlah yang berbeda sesuai kebutuhan, yakni pompa single suction dan double suction. Kemudian dari segi output, arah aliran impeller keluar terdiri dari radial flow dan axial flow. Ada beberapa jenis pompa yang memadukan kedua jenis ini, disebut mixed flow.

Demikian penjelasan singkat terkait pompa sentrifugal yang digunakan dalam industri. Konsultasikan kebutuhan Anda mengenai berbagai macam pompa bersama klikMRO.