Inilah Berbagai Jenis Alat Ukur dalam Dunia Industri

0
1188

Di dunia industri dikenal berbagai jenis alat untuk mengukur besaran fisik material dan elemen-elemen lainnya. Peralatan ini membantu mengumpulkan data yang kemudian dianalisa. Hasil analisa selanjutnya dipakai sebagai salah satu pertimbangan untuk mengambil keputusan berkaitan dengan kegiatan produksi maupun non produksi. Berikut ini berbagai jenis alat pengukur yang dimanfaatkan dalam dunia industri.

  • Vibration Meter

Constant portable vibration meter

Vibration meter adalah alat pengukur yang dirancang secara khusus untuk mengukur getaran yang dihasilkan sebuah benda. Contohnya saja getaran pada pompa, getaran motor, getaran mesin dan lain sebagainya. Untuk mengukur getaran suatu benda, cukup tempelkan sensor vibration atau magnetic base ke benda yang hendak diukur getarannya. Selanjutnya magnetic base akan mengirimkan data lewat kabel ke bagian yang bertugas membaca. Hasil analisa kemudian ditampilkan berupa nilai di layar vibration meter.

Nilai yang ditunjukkan vibrator meter tersebut menunjukkan kuatnya getaran yang dihasilkan suatu benda. Hasil pengukuran vibrator meter lantas digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindakan pengaturan atau penyetelan sesuai dengan ambang batas yang telah ditentukan. Selain untuk pengaturan atau penyetelan, vibrator meter juga bisa digunakan untuk mendeteksi sejak dini potensi kerusakan yang mungkin terjadi pada mesin. Getaran yang tidak normal menjadi pertanda adanya kerusakan di dalam mesin.

  • Vernier Caliper

Niigata Seiki digital caliper

Vernier caliper atau disebut juga jangka sorong adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengukur diameter dalam, diameter luar, kedalaman celah atau lubang, ketebalan benda, dan ketinggian benda yang bertingkat. Tingkat akurasi alat ini sampai dengan 0,05 mm sehingga sangat cocok digunakan mengukur benda untuk mendapatkan hasil pengukuran yang presisi, akurat dan teliti sampai tingkat seperseratus milimeter. Saat ini di pasaran tersedia vernier caliper manual dan vernier caliper digital. Biasanya alat ini digunakan pada industri teknik mesin, bengkel otomotif, bengkel bubut dan bidang-bidang sejenis lainnya.

  • Lux / Light Meter

Kyoritsu digital light meter

Alat yang satu ini dipakai untuk mengukur tingkat pencahayaan atau intensitas cahaya pada suatu area. Lux / light meter dilengkapi dengan sensor yang peka terhadap cahaya yang disebut photo dioda. Cahaya yang diterima oleh sensor tersebut selanjutnya ditampilkan dalam bentuk nilai. Semakin jauh jarak antara sensor dan sumber cahaya, maka nilai yang ditunjukkan oleh alat ukur ini semakin kecil pula. Pengukuran intensitas cahaya pada suatu ruangan atau area dengan menggunakan lux meter ini dibutuhkan pada bidang-bidang tertentu, misalnya saja di bidang industri, arsitektur, fotografi, galeri, gudang, rumah sakit, sekolah, perpustakaan dan lain sebagainya.

  • PH Meter

Extech PH Meter

Seperti namanya, alat pengukur ini dipakai untuk mengukur tingkat kebasaan atau keasaman cairan tertentu. Pada PH Meter terdapat bagian yang sangat sensitif yakni bohlam di bagian bawah elektroda. Bohlam ini berisi sensor sehingga sebaiknya tidak disentuh dengan tangan. Penggunaan alat ini terbilang mudah, cukup celupkan probe atau elektroda pada larutan yang hendak diuji. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya dilakukan kalibrasi sebelum dipakai untuk pengukuran atau pengujian. Alat ini biasanya digunakan pada laboratorium pengujian di berbagai bidang industri.

  • Tachometer

Extech tachometer mini laser

Tachometer berasal dari bahasa Yunani, “tachos” yang berarti kecepatan dan “metron” yang berarti mengukur. Seperti makna namanya, alat ini dibuat untuk mengukur kecepatan rotasi suatu objek. Dalam dunia industri, tachometer dipakai untuk memantau RPM mobil. Nilai RPM yang terlalu tinggi pada mesin mobil bisa mengurangi usia mesin sehingga menjadi lebih pendek. Selain itu, tachometer juga digunakan pada setiap mesin pesawat dan pada setiap baling-baling pesawat, dan dalam dunia medis tachometer berukuran kecil dipakai untuk mengukur laju aliran darah sehingga bisa membantu mendiagnosa permasalahan pada peredaran darah manusia.

  • Hygrometer

Testo Thermo-hygrometer

Hygrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban suatu area atau suatu tempat. Alat yang satu ini telah dipakai secara luas untuk berbagai keperluan mulai dari keperluan sehari-hari hingga kebutuhan industri. Misalnya saja untuk mengukur kelembaban tempat penyimpanan barang seperti box atau gudang, mengukur kelembaban ruangan yang dipakai sebagai tempat budidaya jamur atau penetasan, memantau kelembaban di laboratorim, dan prakiraan cuaca.

Nah, itulah beberapa jenis alat bantu pengukuran yang dipakai dalam berbagai bidang kehidupan. Berbagai alat bantu pengukuran kini semakin modern dan praktis digunakan. Jenis perangkat pengukur digital semakin memudahkan siapa saja untuk melihat hasil pengukuran.

Mengenal Berbagai Peralatan untuk Kalibrasi

Dimensional Measuring (Metrologi) di Dunia Industri

Referensi:

alatuji.com

wikipedia.com