Menentukan Peralatan Kebersihan Sesuai dengan Aplikasinya

0
242

Menentukan Peralatan Kebersihan Sesuai dengan Aplikasinya – Faktor kebersihan merupakan salah satu variabel terpenting dalam standarisasi ISO khususnya di bidang manufaktur dan FMCG. Namun selain itu, kebersihan juga sudah menjadi standar SOP bagi pelaku industri lainnya, terutama industri yang menciptakan produk jadi ataupun produk konsumsi. Dalam memilih solusi kebersihan, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa opsi sesuai dengan kebutuhan aplikasinya, skala pembersihan, lokasi pembersihan, frekuensi, serta tujuan kegiatan pembersihan tersebut. Oleh karena itu, pemilihan peralatan kebersihan kerap menimbulkan tantangan tersendiri, mulai dari seberapa efektif kegiatan pembersihan dapat dilakukan, biaya perlengkapan dan suplai pembersih, hingga tenaga kerja yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut.

Mengenai pembersihan yang efektif di area industri, perusahaan perlu melakukan perencanaan dan strategi. Dimulai dari pemetaan area yang paling sering digunakan atau dilalui, lalu area potensi masuknya debu / kotoran seperti pintu dan jendela, hingga area lain yang jarang dipakai. Selain itu, perencanaan peralatan kebersihan dan suplai perlengkapan juga perlu disiapkan mengingat kegiatan bersih-bersih ini perlu dilakukan sesuai frekuensi yang telah disepakati bersama.

Alat Teknik lengkap

Macam-Macam Pembersihan Sesuai Aplikasinya:

Pembersihan Saluran Pembuangan
Banyak benda kotor yang dapat menyumbat saluran pembuangan di suatu gedung / area, mulai dari debu, sisa plastik, pelumas / oli, serta bahan lainnya. Untuk pekerjaan pembersihan pipa tersumbat, gunakan peralatan drain cleaner sesuai spesifikasinya. Pipa yang tersumbat dapat mengakibatkan genangan serta potensi berkembangnya potensi jamur dan lumut, sehingga akan semakin sulit dibersihkan ketika sudah menyebar. Oleh karena itu, temukan masalahnya sesegera mungkin dan pastikan pembersihan dilakukan secara benar untuk mereduksi biaya yang tidak diinginkan kedepannya.

Pembersihan Peralatan Listrik
Hampir semua peralatan kerja memerlukan pembersihan, termasuk peralatan listrik. Kotoran dan residu yang menempel dapat memperlambat konduktivitas. Oleh karena itu, pemeliharaan dan pembersihan rutin merupakan persyaratan agar sistem kelistrikan tetap dapat beroperasi pada kinerja maksimal. Pembersih kontak listrik (electrical contact cleaner) dapat digunakan untuk membersihkan peralatan elektronik serta alat listrik lainnya secara aman dan efisien.

Pembersihan Area Kerja
Apa pun industri yang digeluti, setiap ruangan ataupun area tetap perlu dibersihkan. Untuk itu, persediaan peralatan kebersihan yang memadai menjadi faktor krusial untuk menunjang kebersihan area kerja, yang pada akhirnya dapat menunjang produktivitas pekerja itu sendiri. Contoh pembersihan area kerja ini meliputi pembersihan meja kantor, pembersihan area produksi, area distribusi / pengangkutan barang, gudang, hingga area outdoor dan transportasi. Khusus untuk pembersihan area outdoor, Anda juga dapat menggunakan alat high pressure cleaner untuk membersihkan kotoran-kotoran yang membandel atau sulit dibersihkan.

Perlengkapan dan suplai cairan kebersihan, mulai dari pembersih kamar mandi, pembersih lantai, serta cairan disinfektan, sebaiknya langsung disediakan di titik-titik strategis. Hal ini memudahkan petugas kebersihan untuk melaksanakan kegiatan cleanig, serta memudahkan karyawan untuk secara mandiri membersihkan area kerjanya sendiri. Bagi Anda yang menjalankan usaha HORECA, pastikan untuk membeli sabun pencuci piring, deterjen, dan sabun lainnya yang sesuai untuk peralatan dan aset kerja. Seperti leather cleaner untuk pembersihan kursi berbahan kulit, sabun pembersih kaca untuk jendela, dan lainnya. Jadi kebersihan area kerja tidak hanya mencakup daya tarik visual, namun juga kepercayaan pelanggan. Hal ini dikarenakan area yang bersih menimbulkan dampak positif di mata pelanggan, partner, supplier, dan pihak terkait lainnya untuk semakin nyaman dalam melakukan transaksi, serta meningkatkan rasa kepercayaan mereka.

Untuk Meningkatkan Sisi Higienis
Bukan hanya petugas kebersihan yang perlu memprioritaskan pembersihan di tempat kerja, namun seluruh karyawan / pekerja juga bertanggung jawab menjaga kebersihan dan mengutamaka kehigienisan, khususnya di situasi pandemi ini. Sebagai contoh, penyediaan hand sanitizer dan cairan disinfektan yang diletakkan di setiap area kerja dapat membantu karyawan secara tidak langsung untuk meningkatkan kebersihan tangan. Selain itu,  tempat kerja yang dilengkapi dengan tisu pembersih tangan di seluruh gedung dapat mengurangi klaim asuransi kesehatan karyawan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perusahaan dapat menjalankan program kebersihan dan kesehatan bagi karyawannya, dimulai dari hal kecil seperti ini untuk membantu mencegah penyebaran kuman dan virus COVID-19.

Langkah selanjutnya adalah mencari bahan pembersih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan tempat kerja Anda menyediakan peralatan dan perlengkapan kebersihan untuk menunjang  lingkungan yang bersih dan sehat. Anda dapat menemukan berbagai macam peralatan cleaning serta cairan pembersih melalui satu platform B2B E-commerce klikMRO. Yuk mulai konsultasikan kebutuhan usaha Anda bersama kami disini.