Mempertahankan Efisiensi Manufaktur di Tengah Pandemi

0
209

Mempertahankan Efisiensi Manufaktur di Tengah Pandemi – Di kondisi sekarang ini, tantangan baru selalu bermunculan akibat dampak dari COVID-19. Dengan jumlah angka yang semakin meningkat, membuat sebagian besar perusahaan bergegas untuk menerapkan proses baru demi meminimalisir dampak negatif terhadap kelancaran operasional bisnis. Walaupun bekerja jarak jauh (remote working) telah menjadi norma baru khususnya di lingkup perkantoran, tetapi bagi lini industri manufaktur hal ini dapat menjadi tantangan yang cukup signifikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa pabrik manufaktur bergantung pada ketersediaan tenaga operator untuk menjaga peralatan dan mesin agar tetap berjalan, sehingga tidak memungkinkan bagi para pekerja untuk bekerja jarak jauh. Namun, terdapat hal yang mungkin dilakukan untuk mengurangi jumlah tenaga yang dibutuhkan dalam mempertahankan operasional. Langkah pertama, yang telah diterapkan pula oleh banyak pabrik industri, adalah membatasi akses hanya untuk personel kritis / personel tertentu. Personel ini bertanggung jawab terhadap berjalannya mesin produksi, perawatan, dan lainnya, sesuai dengan proses shifting masing-masing yang berlaku jika ada.

Meminimalisir Penyebaran COVID-19 di Lingkup Pabrik
Dampak dari PSBB yang mewajibkan social distancing tentu memberikan tantangan bagi pekerja yang tetap harus berada di area pabrik. Untuk memenuhi jumlah dan target produksi, manajer pabrik dapat tetap mempekerjakan karyawan di area kerja, khususnya yang bergerak di bidang krusial, seperti operator mesin, forklift, distribusi, dan lainnya.

Alat Teknik lengkap

Berikut ini adalah beberapa taktik yang dapat diambil oleh perusahaan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan yang tetap bekerja di lingkup pabrik:

  1. Pemberlakuan sistem shifting untuk membatasi jumlah orang yang berada di area kerja pada waktu tertentu
  2. Membatasi jumlah karyawan yang berkumpul di setiap area kerja, khususnya bagian pengemasan dan ruangan kantor
  3. Mewajibkan semua personel di lokasi untuk memakai masker sesuai standar, sarung tangan, dan peralatan safety yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan
  4. Bagi peralatan kerja yang digunakan secara bersama, buatlah kebijakan disinfeksi terkait penggunaan peralatan. Seperti penyediaan alcohol wipe ataupun semprotan disinfektan agar peralatan selalu dibersihkan setiap kali hendak digunakan

Memanfaatkan Teknologi untuk Memudahkan Pemantauan Jarak Jauh

Manajer produksi dan tim teknik memainkan peran penting dalam menjaga efisiensi operasional. Pada lingkup ini, tim engineer harus memiliki pemahaman tentang proses dan pengumpulan data, sehingga dapat melakukan diagnosa terhadap masalah dan solusinya. Selain itu, manajer terkait juga harus dapat bereaksi terhadap masalah di area pabrik yang dapat berdampak pada OEE dan penjadwalan produksi.

Dalam hal ini, solusi pemantauan jarak jauh memberikan visibilitas operasional yang dibutuhkan tim untuk melacak kinerja serta membuat rekomendasi yang diperlukan tanpa harus secara fisik berada di area pabrik. Misalnya, melalui penggunaan real-time dashboard yang menunjukkan metrik produksi berdasarkan baris, shift, atau jadwal tertentu, maka dapat memungkinkan manajer pabrik atau tim operasional lainnya untuk dengan cepat mengidentifikasi proses, memantau potensi downtime, serta membandingkan kinerja.

Dalam melakukan perencanaan pemantauan jarak jauh, maka perusahaan bergantung pada tiga pilar utama, yakni: Ketersediaan Data, Akurasi Data, dan Agregasi Data.

Ketersediaan Data: Data otomatis dari sensor yang disematkan dalam proses kerja peralatan mesin berupa data kualitatif yang penting dalam sebuah pemantauan jarak jauh. Dari hal ini, dibutuhkan pula sebuah platform / dashboard yang menyediakan informasi historikal secara real-time sehingga memungkinkan tim untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi, pernah terjadi, dan yang akan terjadi. Hal ini dapat membantu manajemen untuk menentukan langkah selanjutnya terkait potensi masalah di lain hari, berdasarkan kalkulasi data historikal.

Akurasi Data: Meskipun dengan adanya sensor otomatis yang dapat mengurangi kebutuhan akan intervensi manusia, namun masih terdapat komponen kontekstual yang perlu dipelajari, seperti memahami alasan downtime mesin produksi. Keakuratan data ini selain digunakan untuk mendeteksi akar masalah, juga dapat mempertajam transparansi di lapangan. Hal ini memudahkan manajemen dan tim dalam pengambilan keputusan yang akurat.

Agregasi Data: Sebagai tambahan, data dari mesin, sensor, dan personel lapangan harus dikumpulkan dengan data dari ERP, MES, dan sistem kualitas melalui SCADA ataupun server OPC. Setelah data terpusat, data dapat ditampilkan melalui berbagai alat visualisasi atau eksplorasi data sehingga memungkinkan tim untuk memantau kinerja manufaktur lintas lini kerja, proses kerja, shifting, produksi, distribusi, dan sebagainya. Data tersebut juga dapat digunakan oleh aplikasi AI (Aritifical Intelligence) ataupun teknologi analitik lainnya untuk memberikan peringatan prediktif dan rekomendasi pengoptimalan kinerja.

Melihat ke kondisi pandemi yang tidak dapat diprediksi ini, mungkin sudah saatnya untuk merencanakan program pemantauan jarak jauh dan rencana darurat lainnya dalam mendukung kelangsungan bisnis saat ini. Rencana darurat lainnya termasuk mitigasi dari kondisi pandemi, potensi bencana alam, serta tantangan lainnya seperti kekurangan tenaga kerja terampil yang dapat terjadi kapan saja. Dengan memiliki rencana yang berkesinambungan dengan tujuan utama perusahaan, manajemen dapat mengurangi dampak operasional manufaktur akibat pandemi, serta menambah aset pembelajaran melalui teknologi AI untuk mengoptimalkan kinerja selanjutnya.

klikMRO melalui platform B2B E-Commerce menyediakan layanan pengadaan barang MRO berbasis digital. Dengan ketersediaan lebih dari 1 juta produk dari ribuan brand ternama, klikMRO hadir sebagai solusi ideal bagi perusahaan yang ingin beradaptasi terhadap proses kerja di masa pandemi, serta peningkatan visibilitas dan transparansi dalam proses pengadaannya. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.

Otomatisasi Pengadaan untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kenyamanan