Memperkuat Sektor Energi Indonesia di Tengah Krisis Energi Global

0
113

Memperkuat Sektor Energi Indonesia di Tengah Krisis Energi Global melalui 4 Metode dan Gagasan dari klikMRO – Indonesia secara garis besar relatif tidak mengalami dampak negatif yang bersifat signifikan akibat krisis energi global ini. Bahkan terdapat beberapa opportunity / manfaat yang dapat dimaksimalkan oleh pelaku industri tanah air, salah satunya adalah dengan merevitalisasi sektor energi Indonesia menuju era endemi. Tentunya langkah ini membutuhkan dukungan pelaku industri dan pemerintah dari segi konsistensi, keputusan, dan investasi. Nantinya, pelaku industri perlu membayangkan kembali dan mereformasi strategi bisnis untuk mengatasi tantangan jangka pendek maupun jangka panjang.

Pada artikel kali ini, klikMRO akan memberikan 4 metode dan gagasan untuk memperkuat sektor energi Indonesia di tengah krisis energi global yang bisa memberikan nilai besar bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara. Selain itu, kita juga akan mengeksplorasi bagaimana metode yang disajikan dapat membantu sektor energi Indonesia untuk mereformasi dan menghadapi tantangan setelah pandemi global:

1. Reformasi Subsidi Energi 

Alat Teknik lengkap

Subsidi BBM di Indonesia menguras kas publik sehingga mempengaruhi pengalihan dana investasi dari proyek-proyek potensial yang dapat memberikan dampak ekonomi jangka panjang. Harga BBM saat ini cenderung lebih rendah daripada beberapa dekade terakhir, karena kebijakan pemerintah untuk mengikuti harga minyak dunia. Hal ini memberikan peluang optimal bagi pemerintah untuk merestrukturisasi program subsidinya dan memberikan manfaat di area yang paling membutuhkan. Berikut ini data jumlah subsidi di Indonesia dari tahun 2012-2019:

Sebelumnya subsidi bahan bakar di Indonesia menyentuh angka $20 miliar per tahun, tetapi setelah adanya penurunan harga minyak dunia, subsidi bahan bakar tahunan turun menjadi rata-rata sekitar $4 miliar per tahun dari 2015 hingga 2019 РSource: Kemenkeu 

Untuk mencapai keberhasilan reformasi subsidi energi ini diperlukan rencana yang berani dan komprehensif. Keberanian yang dimaksud merujuk pada kecenderungan di negara-negara yang telah melakukan reformasi secara bertahap, dimana setiap fase telah dihadapkan dengan perlawanan baru dari berbagai kelompok kepentingan, sehingga menimbulkan konflik kepentingan maupun mengikis politik negara untuk bergerak maju.

2. Merevitalisasi Investasi dalam Eksplorasi dan Pengembangan

Berikut ini langkah-langkah penting untuk merevitalisasi investasi dalam eksplorasi dan pengembangan minyak & gas bumi:

  • Merancang skema insentif yang ditargetkan untuk investasi eksplorasi.
  • Melakukan tinjauan komprehensif berbasis waktu terhadap proyek-proyek pembangunan yang sudah berjalan untuk menemukan solusi yang mempercepat kemajuan dan memenuhi kebutuhan investor maupun pemerintah.
  • Menyederhanakan proses persetujuan di semua tingkat dan provinsi untuk mempercepat implementasi proyek yang bermanfaat.
  • Berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan operasional dan penggunaan aset secara optimal

3. Mengembangkan Kemampuan SDM

Indonesia sudah memiliki beberapa pusat R&D minyak & gas alam kelas dunia untuk mengeksplorasi potensi teknologi modern, namun masih terlalu sedikit lulusan universitas yang siap menjadi profesional di industri energi. Di sisi lain, beberapa perusahaan di Indonesia telah mulai menggunakan teknologi digital untuk inovasi proses, misalnya di pertambangan yang merujuk pada smart mining.

Beberapa langkah ini dapat membantu Indonesia dalam mengembangkan kemampuan SDM sesuai dengan perkembangan dan tuntutan global:

  • Membangun institusi kelas dunia untuk mengembangkan talenta lokal, seperti bekerja sama erat dengan para pemimpin industri melalui program sertifikasi untuk pekerja profesional teknik sebagai bagian dari jalur karir di perusahaan energi lokal.
  • Membuka pusat kemampuan digital untuk mendorong inovasi dan berbagi pengalaman.
  • Mengembangkan insentif bagi operator dan perusahaan jasa internasional untuk mendirikan hub R&D di Indonesia yang berfokus pada teknologi yang paling relevan dengan kondisi industri, geopolitik, dan penyerapan teknologi.
  • Mendorong penerapan ahli dalam lingkup operasional untuk memastikan kemampuan mereka dapat ditransfer ke pekerja lokal

4. Memperkuat Value melalui Digitalisasi

Secara global, sektor energi cenderung lebih lambat daripada sektor lain khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi modern seperti advanced analytics, Internet of Things, otomasi, dan mobile apps. Seperti yang kita ketahui, pandemi telah mempercepat proses digitalisasi karena perusahaan harus menyesuaikan diri dengan peningkatan aktivitas online. Misalnya, kerja jarak jauh dan pembelajaran yang menjadi lazim dalam hitungan minggu berkat peran pemerintah, perusahaan, dan masyarakat.

Perusahaan dengan infrastruktur digital yang unggul dapat meningkatkan agility khususnya dalam hal adaptasi, sehingga menciptakan nilai lebih dalam hal operasional maupun strategi bisnis. Sebagai contoh aplikasi teknologi di bidang energi meliputi inspeksi jarak jauh, otomasi, analitik tingkat lanjut, pemeliharaan prediktif, hingga pengadaan digital.

Namun faktanya di lapangan, masih terdapat beberapa kendala yang menyulitkan perusahaan di Indonesia untuk menerapkan langkah-langkah digital di seluruh aspek organisasi mereka. Di antaranya yang paling umum adalah konektivitas internet yang rendah, keterbatasan pengetahuan terhadap ekosistem digital, adanya kepentingan oleh beberapa pihak terhadap proses yang sudah jalan, serta kekurangan bakat digital.

Untuk itu, perusahaan dapat memperkenalkan langkah-langkah berikut untuk membantu mengatasi rintangan penerapan aplikasi teknologi:

  • Mengembangkan rencana terperinci yang berfokus pada penciptaan value serta strategi untuk memperkuat dukungan dari semua pihak agar mengurangi conflict of interest
  • Menetapkan dana investasi untuk membiayai implementasi digital di area tertentu
  • Membuat strategi SDM yang jelas untuk menarik, mempertahankan, dan mengembangkan talenta digital
  • Menyiapkan platform data dan arsitektur teknologi untuk mendukung penggunaan digital serta mempermudah pendekatan terhadap inovasi proses.
  • Berkolaborasi dengan pemerintah dan menghadirkan keterbukaan terhadap proses digitalisasi yang berhasil dan bermanfaat

Ketika negara-negara lain sedang berusaha untuk membangun kembali ekonomi mereka di tengah krisis energi akibat pandemi, Indonesia justru memiliki peluang untuk merevitalisasi sektor energinya. Teknologi dan tren saat ini memang sedang menuju ke penerapan sumber energi terbarukan sehingga menawarkan kesempatan juga bagi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan produksi dan ekspor energi. Selain itu, faktor harga minyak yang cenderung rendah dan stabil akan membuat reformasi yang diperlukan lebih sesuai. Namun guna mencapai mimpi besar tersebut diperlukan kolaborasi antara pelaku industri dan pemerintah, dalam penerapan satu visi untuk memberikan manfaat substansial pada industri energi Indonesia untuk berkembang pesat.

klikMRO secara aktif memberikan kemudahan penerapan digital, khususnya melalui insight dan langkah strategis bagi perusahaan maupun pelaku industri di tanah air. Dengan menghadirkan fitur pengadaan digital, klikMRO membantu industri Indonesia menuju penerapan proses yang lebih efisien, sustainable, dan bermanfaat.

Pelajari solusi pengadaan digital klikMRO dan konsultasikan sekarang disini