Bagi para pekerja, terutama yang bekerja di lapangan seperti dalam proyek pembangunan hingga di pabrik, perlindungan diri saat kerja sangat penting. Alat Pelindung Diri (APD) diwajibkan digunakan oleh setiap pekerja, bahkan untuk ke sawah sekalipun.

Ada beberapa perlengkapan yang termasuk APD, antara lain pelindung kepala yang terdiri dari topi pengaman atau helm, kacamata pengaman, masker, penutup telinga, respirator dan lain-lain yang tentunya digunakan dalam berbagai kepentingan atau jenis pekerjaan. Selanjutnya, ada juga alat pelindung tubuh, seperti apron, jas, baju pelindung dan sebagainya.

Nah, tidak kalah pentingnya adalah pelindung kaki. Pelindung kaki yang sangat berguna bagi pekerja lapangan, apapun jenis pekerjaannya. Mulai dari petani yang bekerja di sawah, hingga pekerja di proyek pembangunan dan sebagainya. Pelindung kaki atau sepatu safety biasanya berbentuk boots dengan pelindungan yang maksimal di dalamnya. Sepatu boots dengan perlindungan maksimal sangat diperlukan dalam berbagai pekerjaan yang membutuhkan pelindungan yang maksimal pada kaki, seperti bekerja di tambang, industri, pabrik, bangunan, sawah, pabrik dengan bahan kimia dan sebagainya.

Tentunya, sepatu yang Anda perlukan juga mesti nyaman digunakan. Pertama-tama, Anda pastikan dulu bahwa ukuran dari sepatu tersebut pas di kaki Anda. Hindari sepatu yang kebesaran, juga sepatu yang kekecilan. Sepatu yang ukurannya tidak pas tadi malah nantinya akan membuat Anda kesulitan ketika bekerja.

Safety Shoes by Krisbow

Selanjutnya, usahakan sepatu yang Anda gunakan tidak begitu berat. Mesti kita ketahui bahwa sepatu safety boots, biasanya akan lebih berat dibanding sepatu biasa. Tentunya, selain ukurannya lebih besar, sepatu safety juga memiliki bahan yang digunakan untuk melindungi kaki dengan baik. Tidak hanya itu, bahannya juga tebal. Tapi, Anda bisa memilih sepatu yang cukup nyaman di kaki Anda dengan patokan beratnya. Usahakan sepatu yang Anda pilih tidak lebih berat dari 2 kg, agar Anda bisa tetap bergerak dengan nyaman dan leluasa ketika bekerja.

 

Kualitas dan Ketahanan Sepatu

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli sepatu safety boots untuk Anda adalah kualitas dan ketahanan. Tolok ukur untuk kualitas adalah bahannya dan teknologi yang digunakan untuk pembuatan sepatu tersebut. Bila perlu, teknologi yang disematkan di dalam sepatu tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Sepatu berbahan PVC, rubber dan kulit bisa saja Anda pertimbangkan. Hanya saja, untuk pekerja lapangan seperti pertambangan, tambang minyak, pabrik kimia, bangunan dan sebagainya, akan sangat pas bila Anda menggunakan sepatu berbahan dasar PVC tersebut. Bahkan, sepatu dengan PVC Injection Technology bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda.

Safety Boots PVC

Tidak hanya itu, sepatu yang Anda pilih juga memiliki ketahanan yang ekstra. Agar sepatu tersebut mampu melindungi kaki Anda dengan baik, tentunya Anda memerlukan sepatu yang bisa melindungi sepatu itu sendiri, bukan? Dengan kata lain, sepatu yang Anda gunakan musti tahan terhadap minyak, asam, alkalis, hingga zat-zat lain yang kemungkinan tumpah ke sepatu tersebut. Apabila Anda memilih sepatu berkualitas rendah, maka bisa jadi zat-zat tersebut malah meresap dan mengenai kaki Anda.

Selain itu, bahan sepatu tersebut juga tidak tipis, sehingga bila terjadi gesekan dengan sepatu itu, tidak langsung terkena kulit. Meski tidak memilih sepatu dengan bahan yang tipis, bukan berarti juga sepatu yang Anda pilih adalah sepatu berbahan kasar dan tebal. Sepatu yang terlalu tebal tentunya akan berat dan menyulitkan Anda ketika bekerja. Tidak hanya itu, bahan yang kasar dan berat juga akan membahayakan kaki Anda, karena Anda bisa saja lecet hingga terluka.

Dalam berbagai kesempatan, Anda mungkin menemukan sepatu safety dengan tambahan besi di bagian dalam. Besi tersebut bisa menjadikan sepatu Anda lebih kokoh, kuat dan tahan lama. Tentu bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan jitu. Namun, hindari sepatu berbahan kulit bila Anda bekerja di tempat yang lembab dan kemungkinan besar bertemu cairan. Sepatu berbahan karet atau plastik bisa menjadi pilihan terbaik.

Bagian sol sepatu sebaiknya terbuat dari bahan rubber berkualitas tinggi. Tentunya, Anda musti melakukan pengecekan, apakah outsole dari sepatu itu licin atau tidak. Bila licin, sebaiknya hindari, karena bisa mengakibatkan hal yang buruk bagi Anda. Akan sangat baik memilih sepatu dengan outsole yang dapat mencengkeram medan yang diinjak dengan baik. Sebab, selain mengurangi resiko terpeleset, juga menjadikan kinerja Anda lebih baik dan nyaman.

Anda bisa mempertimbangkan brand ternama untuk memilih produk terbaik. Brand ternama biasanya akan memilih dan memilah setiap produk sebelum dipasarkan. Tentunya, setiap produk musti memenuhi standar kualitas yang diterapkan brand tersebut sebelum akhirnya dipasarkan. Akan sangat baik bila produk yang Anda pilih berasal dari brand yang terpercaya. Salah satu brand yang terpercaya misalnya Petrova yang sudah lama dikenal sebagai produsen bahan-bahan APD berkualitas. Tentunya, harga akan sepadan dengan produk yang akan Anda dapatkan. Tapi, harus jeli, karena jangan sampai membeli barang mahal tapi kualitasnya malah jelek.

Jadi, jangan lupa lindungi diri Anda dengan safety boots terbaik yah. Cara yang dipaparkan di atas tentunya bisa menjadi patokan Anda untuk mendapatkan sepatu berkualitas.

Inilah Jenis-Jenis Safety Hand Gloves (Sarung Tangan Keamanan)